Mengenal Lebih Jauh Vrindavan, Kota Suci di India yang Pesonanya di Luar Dugaan
india./freepik
14:21
23 April 2024

Mengenal Lebih Jauh Vrindavan, Kota Suci di India yang Pesonanya di Luar Dugaan

 

 

 – Kota Vrindavan belakangan tersohor dengan berbagai unggahan menggelitik. Kota di India ini, diidentikkan dengan kehidupan yang cukup berantakan.

Namun siapa sangka, Vrindavan ternyata adalah sebuah kota suci di India yang memiliki latar belakang sejarah, budaya dan spiritual yang kental.

Melansir kanal Youtube “Bicara Dunia,” Umat Hindu menempatkan Vrindavan sebagai kota yang agung karena terkait langsung dengan Sri Khrisna.

Tak hanya itu, hingga kini pun masih banyak ditemui kuil-kuil besar yang sangat estetik dan banyak dikunjungi wisatawan.

Berikut adalah fakta menarik tentang Vrindavan, kota suci di India yang pesonanya cukup berbeda dengan yang diberitakan.

  1. Kehidupan Sri Krishna

Vrindavan adalah tempat di mana Sri Krishna menghabiskan masa kecilnya. Menurut legenda Hindu, di kota inilah Sri Krishna memiliki banyak petualangan bersama gopis atau gadis-gadis gembala.

Sri Krishna sebenarnya lahir di Mathura. Namun, setelah lahir Sri Krishna dibawa oleh ayahnya ke desa Gokul yang terletak di dekat Vrindavan untuk melindunginya dari raja Kamsa yang jahat.

Sri Krishna dibesarkan oleh Yashoda dan Nanda, pasangan gembala di desa Gokul, dekat Vrindavan. Di sini, ia menghabiskan masa kecilnya dalam kegembiraan dan kesederhanaan.

Kehidupan Sri Krishna di Vrindavan adalah bagian dari warisan spiritual dan budaya India. Ia sering kali terlibat dalam menggembalakan sapi, memecahkan air mancur, dan melawan raksasa.

  1. Kota Ribuan Kuil

Fakta menarik lain tentang Vrindavan adalah bahwa kota ini memiliki tak kurang dari 5000 kuil yang didedikasikan untuk Sri Krishna.

Beberapa kuil yang paling terkenal adalah Kuil Govind Dev Ji. Kuil ini didirikan pada tahun 1590 M oleh Maharaja Man Singh dari Amer.

Kuil Govind Dev Ji memiliki gaya arsitektur Rajput yang khas, dengan menara tinggi, kubah, dan dinding-dinding yang dihiasi dengan ukiran-ukiran indah.

Kuil lainnya yang terkenal di Vrindavan adalah Radha Raman. Kuil Radha Raman didirikan oleh seorang guru spiritual pada abad ke-16 M.

Kuil ini dinamai Radha Raman, yang merupakan salah satu julukan Sri Krishna yang berarti "yang memuaskan hati Radha".

Patung Radha Raman yang dipuja di kuil ini diyakini sebagai salah satu dari hanya tiga patung Sri Krishna yang diperintahkan oleh Sri Chaitanya Mahaprabhu untuk disembah.

Di Vrindavan juga terdapat Kuil Banke Bihari. Setiap hari, ribuan pengunjung dan pengembara spiritual mengunjungi kuil-kuil ini untuk menyembah dan berdoa.

Salah satu fitur yang paling mencolok dari kuil ini adalah pintu masuknya yang dikenal sebagai "Swargadwar" atau "Pintu Surga". Pintu ini terbuat dari kayu yang diukir dengan indah.

Kuil Banke Bihari didirikan pada abad ke-19 M oleh seorang guru spiritual dan musisi terkenal dalam tradisi Hindu.

  1. Tradisi Rasalila

Rasalila adalah tradisi tarian dan cerita cinta antara Sri Krishna dan gopis di Vrindavan. Tradisi ini masih dipertahankan dengan berbagai festival dan pertunjukan yang diadakan di kota ini.

Terdapat sebuah kepercayaan bahwa saat purnama, Sri Krishna dan gopis menari bersama di taman-taman Vrindavan.

Meskipun Rasalila awalnya adalah bentuk tarian keagamaan, tapi dalam konteks modern Rasalila juga menjadi hiburan yang menarik wisatawan.

Tarian ini mengajarkan pengikutnya untuk mencapai kesadaran spiritual melalui pengabdian yang tulus dan cinta yang mendalam kepada Tuhan.

  1. Banyak Festival Menarik

Vrindavan merayakan berbagai festival Hindu dengan megah, termasuk Holi, Janmashtami (ulang tahun Sri Krishna), dan Radhashtami (ulang tahun Radha).

Festival-festival ini menarik ribuan pengunjung dari seluruh dunia yang datang untuk menyaksikan dan berpartisipasi dalam perayaan tersebut.

  1. Krematorium Vrindavan

Meskipun terkenal karena sisi spiritualitasnya, Vrindavan juga memiliki Krematorium yang merupakan tempat pemakaman dan pembakaran jenazah.

Bagi umat Hindu, tempat ini dianggap suci karena diyakini sebagai tempat di mana roh-roh yang meninggal dapat mencapai moksha atau pembebasan.

Vrindavan adalah sebuah kota yang kaya akan sejarah, spiritualitas, dan tradisi, membuatnya menjadi tujuan yang menarik bagi wisatawan di seluruh dunia.***

 

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #mengenal #lebih #jauh #vrindavan #kota #suci #india #yang #pesonanya #luar #dugaan

KOMENTAR