Mahasiswa Pro Palestina di Amerika Bersatu, Kampus Columbia Batalkan Kuliah sebagai Bentuk Protes
Mahasiswa di Amerika berkemah di halaman kampus sebagai bentuk protes terhadap Israel [tangkapanlayar]
13:08
23 April 2024

Mahasiswa Pro Palestina di Amerika Bersatu, Kampus Columbia Batalkan Kuliah sebagai Bentuk Protes

Situasi di kampus-kampus universitas di Amerika Serikat memanas seiring meningkatnya ketegangan konflik antara Israel dan Hamas. Seperti di Universitas Columbia, sebagai bentuk protes, mahasiswa memutuskan untuk membatalkan kelas tatap muka.

Sementara puluhan demonstran ditangkap di Universitas New York dan Universitas Yale. Selain itu, akses ke Harvard Yard dibatasi untuk umum.  Melansir ABCnews, lebih dari 100 demonstran pro-Palestina ditangkap di ruang hijau Universitas Columbia pekan lalu, memicu protes serupa di kampus-kampus di wilayah itu.

Bahkan di Universitas New York, mahasiswa berkemah di halaman kampus sebagai bentuk protes.

Protes-protes ini juga memperparah ketegangan di antara para mahasiswa, dengan mahasiswa pro-Palestina menuntut agar sekolah-sekolah mereka mengutuk serangan Israel terhadap Gaza dan melepaskan diri dari perusahaan-perusahaan yang menjual senjata ke Israel.

Di sisi lain, beberapa mahasiswa Yahudi berpendapat bahwa sebagian besar kritik terhadap Israel telah berubah menjadi antisemitisme, membuat mereka merasa tidak aman.

Para mahasiswa semakin banyak yang mendesak universitas-universitas untuk menjauh dari hubungan dengan Israel. Mereka melakukan aksi seperti mendirikan perkemahan tenda di kampus-kampus mereka, seperti yang terjadi di Columbia.

Editor: Eliza Gusmeri

Tag:  #mahasiswa #palestina #amerika #bersatu #kampus #columbia #batalkan #kuliah #sebagai #bentuk #protes

KOMENTAR