Kian Memanas! Rudal Israel Menghantam Lokasi di Iran, Ledakan Terdengar di Isfahan
Tentara Israel mengendarai jip militer di sepanjang perbatasan Israel-Gaza. Sumber Foto: Amir Cohen/Reuters.
17:12
19 April 2024

Kian Memanas! Rudal Israel Menghantam Lokasi di Iran, Ledakan Terdengar di Isfahan

 

- Rudal-rudal Israel telah menghantam sebuah lokasi di Iran. Informasi ini dikonfirmasi stasiun penyiaran Amerika Serikat, ABC News, yang mengutip seorang pejabat senior AS. 

Televisi pemerintah Iran juga melaporkan ledakan di Isfahan, ketika pertahanan udara diaktifkan dan penerbangan di beberapa wilayah termasuk Teheran dan Isfahan ditangguhkan.    Dikutip dari Aljazeera, tidak ada laporan mengenai korban jiwa. Meski demikian, hingga saat ini belum ada tanggapan resmi dari pemerintah Iran.    Israel sendiri berjanji untuk merespons setelah Iran pada Sabtu (12/4) lalu meluncurkan serangan drone dan rudal ke negara mereka.   Serangan Iran juga bertujuan sebagai respon atas serangan Israel terhadap kompleks konsulat Iran di Damaskus yang menewaaskan seorang komandan tinggi.    Pada pekan lalu, Amerika Serikat dan sejumlah negara Eropa telah menyerukan Israel untuk tidak menanggapi serangan Iran tersebut.    Namun sayangnya, seruan tersebut tampakya tidak diindahkan oleh Israel. Pasalnya, pada hari ini atau Jumat (19/4), Israel melakukan serangan ke Isfahan.    Isfahan dianggap sebagai kota yang penting secara strategis dan menjadi tuan rumah bagi beberapa situs penting, termasuk situs penelitian dan pengembangan militer, serta pangkalan. Kota Natanz di dekatnya adalah lokasi salah satu situs pengayaan nuklir Iran.

Penerbangan komersial mulai mengalihkan rute mereka pada Jumat pagi ke arah barat Iran tanpa penjelasan ketika kantor berita semi-resmi Fars di Iran mengatakan ada “ledakan” yang terdengar di kota Isfahan.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #kian #memanas #rudal #israel #menghantam #lokasi #iran #ledakan #terdengar #isfahan

KOMENTAR