Uni Eropa Tambah Sanksi ke Iran, Khawatir Serangan ke Israel Picu Perang Lebih Luas di Timur Tengah
Perwakilan Tinggi Uni Eropa untuk Urusan Luar Negeri dan Kebijakan Keamanan, Josep Borrell. Serangan Iran ke Israel dikhawatirkan dapat memicu perang yang lebih luas di Timur Tengah. 
18:30
18 April 2024

Uni Eropa Tambah Sanksi ke Iran, Khawatir Serangan ke Israel Picu Perang Lebih Luas di Timur Tengah

- Para pemimpin Uni Eropa (UE) telah sepakat untuk meningkatkan sanksi terhadap Iran.

Sanksi untuk Iran ditambah karena meningkatnya kekhawatiran bahwa serangan Teheran terhadap Israel yang belum pernah terjadi sebelumnya dapat memicu perang yang lebih luas di Timur Tengah.

Selain itu, karena adanya kekhawatiran bahwa Iran memasok senjata ke Rusia dalam perang melawan Ukraina.

“Akan mengambil tindakan pembatasan lebih lanjut terhadap Iran, terutama terkait kendaraan udara tak berawak dan rudal," demikian pengumuman Uni Eropa, Kamis (18/4/2024), dilansir The Guardian.

Kepala kebijakan luar negeri UE, Josep Borrell, telah menugaskan stafnya untuk menyusun langkah-langkah baru.

Namun, memperluas sanksi bukanlah langkah yang mudah.

UE telah menargetkan mereka yang bertanggung jawab membuat drone yang dijual Iran ke Rusia untuk digunakan dalam perang melawan Ukraina.

Hal ini untuk memperluas daftar tersebut dengan memasukkan rudal, meskipun tidak ada bukti bahwa Iran telah menjual rudal ke Rusia.

Borrell mengatakan, pasukan proksi yang didukung oleh Iran di Lebanon, Irak, dan Suriah juga dapat menjadi sasaran sanksi.

Sanksi UE Terhadap Iran

Uni Eropa sudah menerapkan serangkaian sanksi terhadap Iran, termasuk pembatasan perdagangan, larangan perjalanan, dan pembekuan aset.

Beberapa dari sanksi ini dijatuhkan sebagai respons terhadap pelanggaran hak asasi manusia di Teheran – termasuk setelah kematian Mahsa Amini pada tahun 2022 di tangan polisi moral Iran – dan tindakan keras yang kejam terhadap pengunjuk rasa.

Baru-baru ini, blok tersebut membentuk rezim baru yang melarang ekspor komponen penting yang digunakan untuk memproduksi drone mematikan, yang juga dikenal sebagai kendaraan udara tak berawak (UAV), ke Uni Eropa, yang kemudian dijual ke Moskow untuk mendukung upaya perangnya di Ukraina.

Diberitakan euronews, UAV tersebut juga digunakan pada hari Sabtu ketika Teheran meluncurkan sekitar 300 drone serta rudal jelajah dan balistik ke arah Israel, dalam serangan langsung pertamanya ke wilayah Israel.

Serangan tersebut merupakan respons terhadap serangan udara Israel baru-baru ini terhadap gedung diplomatik Iran di ibu kota Suriah, Damaskus, yang menewaskan tujuh anggota Garda Revolusi, termasuk dua komandan tertinggi.

Serangan itu dikutuk oleh Borrell atas nama UE.

Borrell mengatakan, sanksi blok tersebut terhadap drone Iran dapat diperluas ke dua arah.

Rudal dan drone akan disertakan, meskipun saat ini tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa Teheran memasok proyektil perang ke Moskow yang digunakan dalam perang tanpa alasan melawan Ukraina.

Proksi Iran di negara-negara tetangga, seperti Houthi di Yaman, Hizbullah di Lebanon, dan rezim Suriah, juga bisa terkena dampak rezim yang diperluas.

Di sisi lain, alat potensial lainnya untuk memberikan tekanan terhadap Iran adalah dengan menerapkan kembali sanksi yang dikenakan terhadap Iran atas aktivitas nuklirnya.

Perjanjian nuklir Iran tahun 2015, yang mengharuskan Iran menghentikan sebagian besar program nuklirnya dengan imbalan pengabaian sanksi senilai miliaran euro oleh negara-negara Barat, mencakup klausul yang ditengahi AS untuk 'menarik kembali' sanksi jika Iran dicurigai melanggar perjanjian tersebut.

IDF memiliki beragam pengangkut personel lapis baja dan tank, artileri, rudal, pesawat tempur, helikopter, kapal perang, dan drone. IDF memiliki beragam pengangkut personel lapis baja dan tank, artileri, rudal, pesawat tempur, helikopter, kapal perang, dan drone. (AFP/JACK GUEZ)

Amerika Serikat (AS) berusaha untuk mencabut sanksi pada tahun 2020, tetapi ditahan oleh negara-negara penandatangan lainnya – termasuk Prancis dan Jerman – yang mengklaim bahwa tindakan tersebut tidak mungkin dilakukan mengingat pemerintahan Trump telah menarik diri dari perjanjian nuklir tersebut pada tahun 2018.

Namun, ketika berbicara kepada Euronews pada Senin (15/4/2024), Sven Biscop dari Egmont Institute menyatakan bahwa pengetatan sanksi UE tidak akan memberikan banyak tekanan terhadap Iran.

“Iran sekarang hampir sepenuhnya terisolasi dari Barat. Jadi tidak ada lagi sanksi UE terhadap Iran," kata Biscop.

Diketahui, Iran mendukung Hamas, kelompok Palestina yang memerangi Israel di Gaza, serta berbagai kelompok proksi di seluruh kawasan, termasuk beberapa kelompok – seperti Hizbullah di Lebanon – yang sering melakukan serangan terhadap Israel.

Iran telah melancarkan serangan lebih dari 300 drone dan rudal ke Israel pada Sabtu (13/4/2024).

Serangan Iran ini diluncurkan sebagai tanggapan atas serangan Israel terhadap konsulat Iran di Damaskus pada Senin (1/4/2024).

(Tribunnews.com/Nuryanti)

Berita lain terkait Konflik Iran Vs Israel

Editor: Garudea Prabawati

Tag:  #eropa #tambah #sanksi #iran #khawatir #serangan #israel #picu #perang #lebih #luas #timur #tengah

KOMENTAR