90 Legislator AS Dorong Bantuan Tambahan Buat Israel segera Digelontorkan
Orang-orang memeriksa kerusakan di tengah puing-puing bangunan yang hancur akibat pemboman Israel di Khan Yunis, di Jalur Gaza selatan pada 16 April 2024, saat pertempuran berlanjut antara Israel dan kelompok militan Palestina Hamas. - Sedikitnya 90 legislator Amerika Serikat (AS) mendesak Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Mike Johnson untuk segera menggelontorkan bantuan sebesar 14 miliar dolar kepada Israel.(STR/AFP) 
07:20
17 April 2024

90 Legislator AS Dorong Bantuan Tambahan Buat Israel segera Digelontorkan

Sedikitnya 90 legislator Amerika Serikat (AS) mendesak Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Mike Johnson untuk segera menggelontorkan bantuan sebesar 14 miliar dolar kepada Israel.

Permintaan itu disampaikan melalui sebuah surat, yang dikirim ke Johnson pada hari Minggu (14/4/2024) dan baru dipublikasikan hari Senin (15/4/2024) kemarin, menyusul serangan Iran ke Israel, Sabtu (13/4/2024).

Sekitar 300 drone dan rudal ditembakkan ke Israel sebagai balasan atas serangan mematikan di gedung Konsulat Iran di Damaskus, Suriah, Senin (1/4/2024) kemarin.

"Waktu sangat penting, kita harus memastikan bantuan penting dikirimkan ke Israel dan sekutu demokratis kita lainnya yang menghadapi ancaman dari musuh-musuh kita di seluruh dunia," terang surat singkat tersebut, dikutip dari The Washington Post.

Surat tersebut sebagian besar ditandatangani oleh Partai Demokrat, tetapi juga mencakup anggota parlemen dari Partai Republik seperti Joe Wilson, ketua subkomite urusan luar negeri Timur Tengah di Dewan Perwakilan Rakyat.

Banyak legislator Partai Republik juga mencoba menghubungkan agenda kebijakan dalam negeri mereka dengan paket bantuan Israel.

Misalnya, tahun lalu, DPR yang dikuasai Partai Republik mengeluarkan undang-undang senilai 14,5 miliar dolar Amerika untuk Israel yang akan memangkas pendanaan untuk Internal Revenue Service (IRS), badan pajak AS.

Senat tidak menerima proposal tersebut, dikutip dari Al Jazeera.

Partai Republik berupaya memisahkan bantuan ke Ukraina dari pendanaan untuk Israel.

Banyak anggota parlemen Amerika yang mengutuk serangan Iran terhadap Israel.

Sebagian dari mereka menggambarkan Israel sebagai korban agresi yang tidak beralasan.

Serangan Iran terhadap Israel pada Sabtu (13/4/2024) malam, menyebabkan kerusakan kecil setelah sebagian besar proyektil berhasil dicegat.

Iran mengatakan pihaknya melakukan pembelaan diri yang sah.

Pemerintahan Presiden Joe Biden menolak mengutuk pemboman konsulat di Damaskus tetapi AS kini menyerukan deeskalasi.

(Terjemahan: Serangan Iran menunjukkan kepada kita mengapa bantuan kita kepada Israel sangat penting. Saya bergabung @RepJoshG, @RepJoeWilson, & 80+ rekannya menyerukan kepada Ketua Johnson untuk membawa paket bantuan yang disetujui Senat ke Dewan untuk memberi Israel & sekutu lainnya sumber daya yang dibutuhkan untuk membela diri.)

(Tribunnews.com, Andari Wulan Nugrahani)

Editor: Tiara Shelavie

Tag:  #legislator #dorong #bantuan #tambahan #buat #israel #segera #digelontorkan

KOMENTAR