Breaking News! Iran Lancarkan Serangan Balasan terhadap Israel, Luncurkan Drone dan Puluhan Rudal
Ilustrasi drone Iran. (Angkatan darat Iran via AFP)
09:27
14 April 2024

Breaking News! Iran Lancarkan Serangan Balasan terhadap Israel, Luncurkan Drone dan Puluhan Rudal

- Iran melancarkan serangan balasan terhadap Israel pada Sabtu (13/4) yang berisiko memicu konflik regional yang melibatkan pasukan militer Amerika Serikat. Mengutip laman AlJazeera, serangan ini menandai pertama kalinya Iran melancarkan serangan militer langsung ke Israel.

Televisi pemerintah Iran mengatakan bahwa serangan tersebut sebagai tanggapan terhadap kejahatan yang dilakukan oleh Rezim Zionis. Iran telah meluncurkan misil dan drone di lokasi tertentu di wilayah pendudukan (Israel).

Serangan itu terjadi beberapa minggu setelah dugaan serangan Israel terhadap gedung konsulat Iran di ibu kota Syria, Damaskus, yang menewaskan dua jenderal dan lima perwira di Korps Garda Revolusi Iran, atau IRGC. Israel tidak bertanggung jawab atas serangan itu, namun Teheran bersumpah akan membalas dendam.

Mengutip unggahan akun X @ShaykhSulaiman, Iran mengatakan bahwa mereka mengikuti hukum Internasional dan bertindak membela diri.

"Dilakukan berdasarkan kekuatan Pasal 51 Piagam PBB mengenai pertahanan yang sah, tindakan militer Iran adalah sebagai respons terhadap agresi rezim Zionis terhadap lokasi diplomatik kami di Damaskus. Masalah ini dapat dianggap selesai. Namun, apakah rezim Israel akan melakukan tindakan lain? Kesalahan, respons Iran akan jauh lebih parah. Ini adalah konflik antara Iran dan rezim Israel yang jahat, yang mana AS harus menjauhinya," tulisnya.

Tentu serangan Iran telah meningkatkan ketegangan di wilayah tersebut. Sebelumnya pada Sabtu (13/4), angkatan bersenjata Iran menyita sebuah kapal kontainer yang terkait dengan Israel di dekat Selat Hormuz.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #breaking #news #iran #lancarkan #serangan #balasan #terhadap #israel #luncurkan #drone #puluhan #rudal

KOMENTAR