Israel Sebut Qatar Ancaman bagi Perdamaian Dunia, Serigala Berbulu Domba, Begini Kata Menteri Israel
Nir Barkat, Menteri Ekonomi dan Industri Israel, berbicara pada pembukaan pameran ''Survivors. Faces of Life after the Holocaust'' oleh fotografer Martin Schöller di halaman Kementerian Keuangan Federal. Foto: Carsten Koall/dpa 
18:00
5 April 2024

Israel Sebut Qatar Ancaman bagi Perdamaian Dunia, Serigala Berbulu Domba, Begini Kata Menteri Israel

Menteri Ekonomi Israel menyebut Qatar sebagai ancaman bagi perdamaian dunia.

Qatar telah memainkan peran sebagai mediator gencatan senjata selama berbagai perang antara Israel dan kelompok perlawanan Palestina.

Menteri Ekonomi Israel, Nir Barkat, mengatakan dia kurang percaya pada kemampuan mediasi Qatar dengan Hamas dan menuduh Doha mendanai teror di seluruh dunia dalam wawancara dengan Bloomberg TV pada 4 April.

“Mereka adalah serigala berbulu domba,” kata Barkat. “Kita harus menyadari bahwa mereka, bersama dengan Iran, adalah ancaman besar… Kita harus bangun.”

Dia menambahkan bahwa ancaman ini tidak hanya diarahkan pada Israel, tetapi juga keseluruhan aliansi dengan Uni Emirat Arab, Saudi, dan negara-negara Arab modern, menekankan bahwa Qatar dan Iran adalah ancaman besar bagi perdamaian di dunia.

Bloomberg mencatat bahwa tidak jelas apakah Barkat, anggota Partai Likud pimpinan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, mengambil sikap resmi pemerintah atau menyuarakan pendapat pribadinya. Barkat menolak berkomentar mengenai masalah ini.

Kantor berita keuangan yang berbasis di New York mencatat bahwa Qatar tidak menanggapi permintaan komentar.

“Saya percaya pada orang Mesir; Mesir memiliki perjanjian damai dengan Israel,” kata Menteri Perekonomian.
“Tetapi Qatar memberikan tempat yang aman bagi para pemimpin Hamas, mendanai triliunan dolar, membeli ideologi mereka di Amerika Serikat, membeli ideologi mereka di seluruh dunia.”

Doha telah lama menjadi mediator gencatan senjata antara perlawanan Palestina dan Israel. Menyusul dimulainya genosida Israel di Gaza pada Oktober lalu, Doha mengupayakan kesepakatan damai paling cepat satu hari setelah 7 Oktober.

Sebagai hasil dari upaya Qatar dalam memediasi perdamaian antara kedua entitas tersebut, banyak tahanan Palestina telah dibebaskan, dan tawanan Israel kembali.

Perundingan gencatan senjata baru-baru ini menemui jalan buntu di Doha dan dilanjutkan kembali di Kairo. Namun, kantor Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu pekan lalu mengkonfirmasi bahwa ia menyetujui putaran perundingan berikutnya, dalam beberapa hari mendatang, di Doha dan Kairo.

Para perunding Hamas tetap jelas dalam tujuan mereka untuk melakukan gencatan senjata tanpa syarat dan penarikan seluruh pasukan Israel dari Gaza.

Pemimpin kelompok perlawanan, Mahmoud Mardawi, berbicara tentang paket mediasi baru yang disuarakan oleh Israel, baru-baru ini mengatakan, “Jika proposal baru tidak menyertakan jawaban nyata yang menjadi dasar peluang kesepakatan, maka hal tersebut hanya membuang-buang waktu,” katanya.


Israel: Qatar Tidak Dapat Dipercaya sebagai Perantara Hamas

Menteri Ekonomi Israel mengatakan dia tidak mempercayai Qatar untuk bertindak sebagai mediator dengan Hamas karena perundingan gencatan senjata yang juga bisa menyebabkan pembebasan sandera yang ditahan di Gaza masih menemui jalan buntu.

“Mereka adalah serigala berbulu domba,” kata Nir Barkat kepada Bloomberg TV pada hari Kamis, merujuk pada Qatar dan menuduh negara Teluk tersebut “mendanai teror di seluruh dunia.”

Tidak jelas dari komentarnya apakah Barkat, anggota Partai Likud pimpinan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, mengungkapkan sikap resmi pemerintah atau berbicara secara pribadi. Kementerian Luar Negeri Israel menolak berkomentar.

Kementerian Luar Negeri Qatar membalas postingan di X, dengan juru bicaranya Majed Al-Ansari menggambarkan komentar Barkat sebagai “kebohongan dan tuduhan tidak berdasar” yang menunjukkan “kecerobohan politik dan keegoisan.”

Negara Teluk tersebut selama bertahun-tahun telah menjadi tuan rumah bagi beberapa pemimpin politik Hamas, yang didukung oleh Iran dan ditetapkan sebagai organisasi teroris oleh AS dan Uni Eropa.

Kelompok ini memainkan peran penting dalam memediasi pembicaraan antara Israel dan Hamas sejak perang mereka meletus pada 7 Oktober dan menjamin pembebasan beberapa sandera.

Qatar mengatakan bahwa kantor politik Hamas di Doha dibuka pada tahun 2012 “setelah adanya permintaan dari Washington untuk membangun jalur komunikasi tidak langsung dengan Hamas.”

Qatar telah menjadi sekutu dekat AS dan merupakan rumah bagi pangkalan militer AS terbesar di Timur Tengah.

Hal ini juga berperan penting dalam evakuasi puluhan ribu orang termasuk tentara AS dan warga negara asing dari Afghanistan pada tahun 2021 setelah AS tiba-tiba menarik pasukannya dari sana.

Negara ini tidak hanya muncul sebagai pemain politik yang berpengaruh di kawasan ini, namun juga menjadi pemasok utama gas alam cair ke Eropa, menggantikan beberapa pasokan pipa Rusia setelah Moskow menginvasi Ukraina pada tahun 2022.

Pembicaraan baru-baru ini di Qatar mengenai gencatan senjata dan pembebasan lebih banyak sandera gagal, dan beberapa pejabat Israel secara pribadi mengatakan Doha tidak memberikan tekanan yang cukup terhadap Hamas.

Perdana Menteri Qatar Sheikh Mohammed bin Abdulrahman Al Thani mengatakan pada hari Rabu bahwa perundingan menemui jalan buntu mengenai kembalinya para pengungsi ke rumah mereka di Gaza.

Pembicaraan tersebut telah dipindahkan ke Kairo, meskipun juga terhenti, Bloomberg melaporkan sebelumnya pada hari Kamis.

Barkat mengatakan dia mempercayai Mesir, negara dimana Israel memiliki hubungan diplomatik formal.

Qatar dan Israel tidak saling mengakui satu sama lain, meskipun mereka telah berbagi informasi intelijen selama bertahun-tahun.

Barkat, 64 tahun, memperoleh kekayaan dari bidang teknologi tinggi sebelum terjun ke dunia politik, memenangkan pemilihan walikota Yerusalem pada tahun 2008.

Dia telah memperjelas ambisinya untuk memimpin partai Likud dan mencalonkan diri sebagai perdana menteri tetapi berhati-hati untuk tidak menantang Netanyahu secara langsung, dengan mengatakan bahwa dia menunggunya turun.

Dia memiliki perbedaan pendapat dengan Netanyahu mengenai anggaran dan upaya tahun lalu untuk merombak sistem peradilan.

(Sumber: The Cradle, Bloomberg)

Tag:  #israel #sebut #qatar #ancaman #bagi #perdamaian #dunia #serigala #berbulu #domba #begini #kata #menteri #israel

KOMENTAR