Jepang Cabut Peringatan Tsunami Usai Gempa 7,5 SR Mengguncang Taiwan
Bangunan runtuh pasca gempa 7,5 SR di Hualien, Taiwan. (Sumber: The Guardians)
17:03
3 April 2024

Jepang Cabut Peringatan Tsunami Usai Gempa 7,5 SR Mengguncang Taiwan

 

 Jepang telah mencabut semua peringatan tsunami setelah gempa bumi mengguncang wilayah Taiwan.

Sebelumnya dilaporkan, Kepala Sekretaris Kabinet Jepang Yoshimasa Hayashi mengimbau penduduk di wilayah Okinawa untuk tetap berada di tempat yang aman sampai semua peringatan tsunami dicabut.

Berdasarkan informasi BMKG Jepang, pihaknya telah menurunkan perkiraan tsunami dari 3m (9,8 kaki) menjadi 1 m (3,3 kaki).

Satu pulau, Younaguni, memiliki gelombang sekitar 30 cm (satu kaki) pada pukul 9:18 pagi waktu setempat, sementara gelombang yang lebih kecil terdeteksi di pulau-pulau lain, menurut Associated Press.

 

Selanjutnya, China tidak mengeluarkan peringatan untuk daratan China, dan tidak ada ancaman untuk Hawaii dan Guam.

Lebih dari dua jam setelah gempa melanda Taiwan, Pusat Peringatan Tsunami Pasifik mengatakan ancaman tsunami sebagian besar telah berlalu.

Melansir dari The Guardian, Rabu (3/4), Departemen Pemadam Kebakaran Taiwan melaporkan bahwa satu orang telah tewas dan lebih dari 50 orang terluka setelah gempa.

Ancaman tsunami dari gempa bumi kini telah berlalu menurut pusat peringatan tsunami Pasifik. Situs web pusat itu memiliki posting yang mengatakan "Tidak ada peringatan tsunami, laporan, pengamatan atau ancaman" pada gempa Taiwan.

Gelombang tsunami yang tiba pada pagi hari tidak setinggi perkiraan, dan laporan sebelumnya diturunkan menjadi peringatan. Tetapi seorang pejabat dari badan meteorologi Jepang masih mengimbau masyarakat untuk terus mengungsi sampai imbauan itu dicabut.

Penyiar publik NHK mengatakan beberapa penduduk pulau utama Okinawa telah dievakuasi ke pangkalan militer AS di dekatnya, sementara rekaman menunjukkan yang lain mengawasi laut dari tempat tinggi yang aman di ibukota prefektur Naha.

Sebelumnya diberitakan telah terjadi gempa bumi di Taiwan pada pukul 7:58 pagi waktu setempat, sekitar 18 km selatan-barat daya Hualien dengan kedalaman sekitar 35 km (21 mil).

Gempa bumi dahsyat mengguncang seluruh pulau dan meruntuhkan bangunan di setidaknya satu kota. Gempa bumi kali ini adalah yang terbesar setelah 25 tahun.

Hingga dengan saat ini, kabar akan masih terus diperbarui terkait gempa dan kewaspadaan adanya gempa susulan serta pemantauan gelombang laut yang juga masih terus dilakukan.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #jepang #cabut #peringatan #tsunami #usai #gempa #mengguncang #taiwan

KOMENTAR