Mesir Khawatir Masa Depan Laut Merah, Mohon ke Iran Selow dalam Perang AS dan Houthi
Militan Houthi yang didukung Iran kembali menghajar kapal kargo Israel , MSC Silver, di Teluk Aden dekat pintu masuk Laut Merah, hari Selasa (20/2/2024). 
17:30
1 April 2024

Mesir Khawatir Masa Depan Laut Merah, Mohon ke Iran Selow dalam Perang AS dan Houthi

- Menteri Luar Negeri Mesir, Sameh Shoukry, memperingatkan rekannya dari Iran, Hossein Amir-Abdollahian, mengenai konflik regional yang menyebar ke Laut Merah.

Kementerian Luar Negeri Mesir menyatakan melalui panggilan telepon, Shoukry menyatakan keprihatinan mendalam Mesir atas meluasnya konflik di wilayah tersebut.

Khususnya di wilayah selatan Laut Merah.

Tak hanya itu, kekhawatiran juga mengenai dampak buruknya konflik terhadap perdagangan maritim internasional.

Hal ini lantaran Laut Merah merupakan arteri internasional yang penting untuk perekonomian dunia.

Selama ini, Kelompok Houthi di Yaman, yang bersekutu dengan Iran, telah menargetkan pelayaran internasional di Laut Merah sejak November 2023.

Demikian dengan dalih sebagai bentuk solidaritas dengan warga Palestina akibat serangan militer Israel di Gaza.

Serangan Houthi memicu serangan balasan dari Amerika Serikat dan Inggris terhadap sasaran Houthi di Yaman bulan lalu.

Navigasi di Terusan Suez Mesir, salah satu sumber utama pendapatan mata uang asing bagi Mesir, telah dipengaruhi oleh ketegangan di Laut Merah, yang menyebabkan banyak perusahaan pelayaran maritim beralih ke rute alternatif seperti Tanjung Harapan.

Kementerian Luar Negeri Mesir lebih lanjut menyatakan, Shukry memperingatkan konsekuensi serius yang mungkin timbul dari hal ini terhadap stabilitas kawasan dan perdamaian serta keamanan internasional.

"Perluasan cakupan konflik berdampak negatif pada upaya regional dan internasional yang bertujuan untuk mencapai tujuan perdamaian dan keamanan internasional," terangnya dikutip dari Shafaq News

Pernyataan juga menyebutkan, para menteri secara ekstensif membahas perkembangan terkait konflik yang sedang berlangsung di Jalur Gaza dan perkembangan hubungan Mesir-Iran.

Para menteri menegaskan kembali penolakan mereka terhadap semua skenario yang menargetkan perpindahan warga Palestina dari Gaza dan menentang operasi militer darat apa pun di Kota Rafah, Palestina.

“Mereka juga sepakat mengenai perlunya memastikan akses penuh dan berkelanjutan terhadap bantuan kemanusiaan ke Jalur Gaza dan penghapusan hambatan Israel yang menghalangi hal ini, serta kepatuhan terhadap resolusi Dewan Keamanan PBB yang relevan.”

Kedua menteri sepakat untuk melanjutkan konsultasi mengenai hubungan bilateral kedua negara di masa mendatang, untuk memulihkan hubungan ke keadaan normal.

Mereka juga membahas cara-cara untuk menyelesaikan krisis di Jalur Gaza dan mengatasi tantangan-tantangan terkait.

AS vs Houthi

Angkatan Laut AS menanggapi serangkaian pertempuran rutin dengan militan Houthi yang didukung Iran di Timur Tengah selama sebulan terakhir, termasuk serangan fatal pertama terhadap kapal komersial yang dilakukan kelompok yang bermarkas di Yaman.

Dibandingkan dengan bulan sebelumnya , Angkatan Laut pada Maret 2024 dilaporkan menggunakan lebih banyak rudal balistik anti-kapal dan drone udara, namun lebih sedikit drone permukaan dan tidak ada rudal jelajah serangan darat yang dilaporkan.

Pada hari Rabu dan Kamis, sebuah kapal perang Angkatan Laut yang tidak dikenal menyerang empat drone serangan udara Houthi setiap hari yang mengincar kapal-kapal Amerika, menurut Komando Pusat AS.

Para pemimpin Angkatan Laut telah mencatat bagaimana pertempuran di Laut Merah adalah pertama kalinya rudal balistik anti-kapal digunakan dalam konflik.

Pada akhir Maret, pasukan AS dan koalisi menghancurkan atau melacak penembakan atau niat untuk meluncurkan, setidaknya 30 rudal balistik anti-kapal, enam rudal jelajah anti-kapal, 10 drone permukaan, 72 drone udara, satu drone. drone bawah air, enam kontainer penyimpanan senjata dan 41 rudal permukaan-ke-udara dan anti-kapal lainnya, menurut penghitungan insiden yang diumumkan oleh CENTCOM, serta laporan oleh Military Times dan The Associated Press.

ILUSTRAIS - Sebuah kapal yang dikabarkan berkepemilikan Israel terbakar setelah mendapat serangan rudal Houthi. ILUSTRAIS - Sebuah kapal yang dikabarkan berkepemilikan Israel terbakar setelah mendapat serangan rudal Houthi. (india.com)

Ini adalah persenjataan yang diluncurkan atau dipersiapkan oleh Houthi untuk ditembakkan.

Pada bulan terakhir ini juga terjadi serangan fatal pertama yang dilakukan oleh Houthi dalam kampanye serangan mereka, yang mereka kaitkan dengan konflik yang sedang berlangsung di Gaza meskipun banyak dari kapal yang menjadi sasaran tidak memiliki hubungan dengan Israel atau Amerika Serikat.

Pada tanggal 6 Maret, Houthi meluncurkan rudal balistik anti-kapal dari Yaman ke kapal curah milik Liberia di Teluk Aden, menewaskan tiga awaknya dan melukai beberapa lainnya.

“Serangan-serangan sembrono yang dilakukan oleh kelompok Houthi yang didukung Iran tidak hanya mengganggu perdagangan dan perdagangan global tetapi juga merenggut nyawa para pelaut internasional yang hanya melakukan pekerjaan mereka,” kata sekretaris pers Gedung Putih Karine Jean-Pierre dikutip dari Military Times.

Pada bulan Maret juga terjadi serangan Houthi yang pertama terhadap sebuah kapal tanker minyak Tiongkok, di mana CENTCOM mengatakan sebuah rudal balistik yang ditembakkan ke arah kapal tersebut menyebabkan kapal tersebut mengalami kerusakan.

“Saya tidak bisa mengatakan bahwa mereka mengetahui atau tidak mengetahui bahwa itu adalah kapal atau kapal berbendera Tiongkok. Apa yang dapat saya katakan adalah bahwa kami melihat secara terbuka bahwa mereka telah mengatakan bahwa mereka tidak akan menyerang kapal-kapal RRT atau Rusia, namun mereka tetap melakukannya,” kata Wakil Sekretaris Pers Departemen Pertahanan Sabrina Singh dalam pengarahan Pentagon awal bulan ini.

Ketika AS berupaya untuk mencegah agresi Houthi lebih lanjut, bentrokan juga terus berlanjut di dalam negeri mengenai wewenang Presiden Joe Biden untuk melanjutkan kampanye militer melawan Houthi tanpa suara lebih lanjut dari Kongres, The Associated Press melaporkan .

Sementara itu, Departemen Keuangan baru-baru ini mengumumkan sanksi terhadap fasilitator keuangan Houthi.

(Tribunnews.com/Chrysnha)

Editor: Whiesa Daniswara

Tag:  #mesir #khawatir #masa #depan #laut #merah #mohon #iran #selow #dalam #perang #houthi

KOMENTAR