Eropa dalam Ancaman Perang, Perdana Menteri Polandia Sebut Bahaya Rusia dan Tekanan Militer Terhadap Ukraina
Ilustrasi konflik Rusia-Ukraina di Donetsk, Ukraina. (Alexander Ermochenko/Reuters/Antara)
21:45
30 Maret 2024

Eropa dalam Ancaman Perang, Perdana Menteri Polandia Sebut Bahaya Rusia dan Tekanan Militer Terhadap Ukraina

Perdana Menteri Polandia Donald Tusk menyampaikan peringatan blak-blakan bahwa Eropa telah memasuki era sebelum perang. Dia menyatakan bahwa jika Ukraina dikalahkan Rusia, tidak ada seorang pun di Eropa yang dapat merasa aman.

”Saya tidak ingin menakut-nakuti siapa pun, namun perang bukan lagi sebuah konsep masa lalu,” kata Donald Tusk dalam wawancara dengan beberapa media Eropa.

”Ini nyata dan dimulai lebih dari dua tahun lalu,” tambah dia.

Pernyataannya muncul setelah peluncuran rudal Rusia baru-baru ini yang menargetkan Ukraina. Polandia mengatakan, pesawat NATO (Organisasi Pakta Pertahanan Atlantik Utara) dikirim untuk melindungi wilayah udaranya.

Rusia telah meningkatkan serangan terhadap Ukraina dalam beberapa pekan terakhir. Angkatan Udara Ukraina mengatakan pihaknya menembak jatuh 58 drone dan 26 rudal.

Perdana Menteri Ukraina Denys Shmyhal mengatakan infrastruktur energi rusak di enam wilayah di barat, tengah, dan timur, negara itu.

Donal Tusk, yang merupakan presiden Dewan Eropa, menyatakan bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin menyalahkan Ukraina atas serangan jihadis di gedung konser Crocus di Moskow tanpa bukti apa pun. Putin merasa perlu untuk membenarkan serangan yang semakin kejam terhadap sasaran warga sipil di Ukraina.

Donald Tusk mengatakan, Rusia menyerang Kiev dengan rudal hipersonik di siang hari untuk pertama kali awal pekan ini. Dia mengajukan seruan langsung kepada para pemimpin Eropa agar melakukan lebih banyak upaya untuk memperkuat pertahanan mereka.

Terlepas dari apakah Joe Biden atau Donald Trump yang memenangkan pemilihan presiden Amerika Serikat pada November, Donald Tusk berpendapat bahwa Eropa akan menjadi mitra yang lebih menarik bagi Amerika Serikat jika negara tersebut menjadi lebih mandiri secara militer.

”Ini bukan tentang Eropa yang mendapatkan otonomi militer dari Amerika Serikat atau menciptakan struktur paralel dengan NATO,” kata Donald Tusk.

Polandia menghabiskan 4 persen dari produksi ekonominya untuk pertahanan. Tusk berpendapat bahwa semua negara Eropa lainnya harus menghabiskan 2 persen dari PDB (Produk Domestik Bruto) mereka di bidang itu.

Itu bukan peringatan pertama Tusk mengenai era sebelum perang. Dia menyampaikan pesan serupa kepada para pemimpin sayap kanan-tengah Eropa awal bulan ini.

Tusk menyerukan bantuan militer segera ke Ukraina. Dia menyatakan bahwa perang dua tahun berikutnya akan menentukan segalanya.

”Kita hidup di momen paling kritis sejak berakhirnya Perang Dunia Kedua,” ujar Donald Tusk.

Editor: Latu Ratri Mubyarsah

Tag:  #eropa #dalam #ancaman #perang #perdana #menteri #polandia #sebut #bahaya #rusia #tekanan #militer #terhadap #ukraina

KOMENTAR