Tangkap Putin, Surat Dari Tomoko Akane yang Kini Kepala Pengadilan Kriminal Internasional
Prof.Dr. Tomoko Akane, Kepala Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) yang bermarkas di Den Haag, Belanda. 
08:30
24 Maret 2024

Tangkap Putin, Surat Dari Tomoko Akane yang Kini Kepala Pengadilan Kriminal Internasional

- Tomoko Akane  (67), menjadi orang Jepang pertama yang setahun lalu pernah keluarkan surat penangkapan buat Presiden Rusia Vladimir Putin, mulai 11 Maret 2024 mengambil posisi sebagai Kepala Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) yang bermarkas di Den Haag, Belanda.

Rusia bukan anggota ICC dan ekstradisi tidak realistis. Namun, keputusan itu memiliki efek tertentu, seperti Putin dipaksa untuk menghindari mengunjungi negara-negara anggota di mana ada kemungkinan penangkapan.

Surat perintah penangkapan dikeluarkan oleh tiga hakim ICC pada 17 Maret tahun lalu. Dia dicari oleh pihak Rusia, yang memberontak, tetapi Akane tidak mundur selangkah, dengan mengatakan, "Jika ada bukti dan kebutuhan, itu harus disajikan terlepas dari keadaan atau latar belakang politik."

"Kami selalu waspada terhadap serangan terhadap warga sipil, terutama terhadap anak-anak dan perempuan, dan kami akan berdiri secara netral dan dari sudut pandang peradilan pidana dalam menghadapi kerugian terbesar bagi warga sipil dan masyarakat sipil."

Akane adalah mantan jaksa di Jepang dan salah satu dari tiga hakim ICC yang mengeluarkan surat perintah penangkapan untuk Presiden Rusia Vladimir Putin Maret lalu karena dicurigai menculik anak-anak dari Ukraina.

Gara-gara mengeluarkan surat penangkapan Putin, ia dicari oleh pemerintah Rusia, yang telah menolak surat tersebut.

"Kami memutuskan bahwa ada alasan dan kebutuhan untuk mengeluarkan surat perintah penangkapan Putin," menanggapi alasan penerbitan surat tersbeut.

Akane menekankan bahwa tidak ada pertimbangan apa pun untuk penerbitan surat perintah penangkapan untuk posisi atau kekuatan nasional.

Dr. Akane, yang merupakan orang Jepang pertama yang ditunjuk sebagai kepala ICC, juga mengatakan, "Saya akan senang jika saya dapat membantu kaum muda di Asia dan Jepang yang bertujuan untuk memainkan peran aktif di dunia."

Menteri kehakiman Jepang Ryuji Koizumi juga mengungkapkan, "Saya memiliki berbagai kesempatan untuk berdiskusi dengan Hakim Tomoko Akane dari Pengadilan Kriminal Internasional. Saya mendapat kesan kuat bahwa dia adalah orang yang luar biasa dengan pengetahuan dan semangat yang besar. Tampaknya mencalonkan diri untuk pemilihan presiden pengadilan kali ini juga, di bawah tekanan orang-orang di sekitar nya."

Pemilihan Ketua Hakim ICC dilakukan bersama oleh 18 hakim lainnya.

"Saya pikir itu sangat bagus bagi Jepang. Saya ingin mengucapkan selamat yang tulus atas penunjukan Akane, yang didukung oleh pujian yang tinggi dari orang-orang di sekitar nya," papar Menteri Koizumi lagi.

Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) didirikan pada tahun 2002 sebagai pengadilan internasional permanen untuk mengadili individu yang melakukan kejahatan genosida, kejahatan perang, kejahatan terhadap kemanusiaan, dan agresi.

Ada 124 negara anggota (dan wilayah). Jepang adalah donor terbesar, dan diharapkan bahwa penunjukan Akane akan membawa situasi di mana Jepang sekali lagi akan memainkan peran sentral dalam kepemimpinan secara keseluruhan.

"Adapun ICC, saya sadar bahwa pada Maret tahun lalu, ia mengeluarkan surat perintah penangkapan untuk Presiden Putin atas tuduhan kejahatan perang di Ukraina. Saya juga sadar bahwa Kementerian Dalam Negeri Rusia mengeluarkan surat perintah penangkapan yang tidak dapat dibenarkan terhadap Akane musim panas lalu, mengikuti kepala jaksa ICC Khan. Di tengah pergerakan internasional seperti invasi ke Ukraina dan konflik di Jalur Gaza di Wilayah Palestina, saya percaya bahwa akan ada berbagai kesulitan di tengah meningkatnya gerakan untuk mengejar penjahat perang, tetapi saya berharap Presiden Akane akan melakukan yang terbaik," tambah Menteri Koizumi baru-baru ini.

Akane adalah Profesor Sekolah Hukum Universitas Nagoya, Sekolah Pascasarjana Hukum Universitas Chukyo, Dosen, Institut PBB untuk Pencegahan Kejahatan di Asia dan Timur Jauh, Direktur Divisi Pengadilan Kantor Kejaksaan Negeri Sapporo, Wakil Direktur Institut Pelatihan PBB untuk Pencegahan Kejahatan di Asia dan Timur Jauh, Direktur Departemen Kerjasama Internasional, Lembaga Penelitian Hukum, Kementerian Kehakiman.

Dia pernah menjabat sebagai Jaksa Tadashi dari Kantor Kejaksaan Umum Distrik Hakodate, Direktur Departemen Pelatihan dan Kerjasama Perserikatan Bangsa-Bangsa di Lembaga Penelitian Hukum, Direktur Institut Pelatihan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Pencegahan Kejahatan di Asia dan Timur Jauh (WikiData), Direktur Lembaga Penelitian Hukum Kementerian Kehakiman, Jaksa Kantor Kejaksaan Agung dan Duta Besar untuk Kerjasama Yudisial Internasional.

Lahir di Kota Nagoya, Prefektur Aichi dan setelah lulus dari Fakultas Hukum Universitas Tokyo pada tahun 1980 (Showa 55), ia diangkat sebagai jaksa pada tahun 1982 (Showa 57). Bekerja di Kantor Kejaksaan Umum Distrik Yokohama, Nagoya, Sendai, dan Tokyo.

Sementara itu bagi para UKM Handicraft dan pecinta Jepang yang mau berpameran di Tokyo dapat bergabung gratis ke dalam whatsapp group Pecinta Jepang dengan mengirimkan email ke: [email protected] Subject: WAG Pecinta Jepang. Tuliskan Nama dan alamat serta nomor whatsappnya.

Editor: Eko Sutriyanto

Tag:  #tangkap #putin #surat #dari #tomoko #akane #yang #kini #kepala #pengadilan #kriminal #internasional

KOMENTAR