Serangan Teroris di Gedung Konser Moskow Menuai Kutukan hingga Ucapan Bela Sungkawa dari Berbagai Negara
Kebakaran besar akibat serangan teroris pada Jumat malam (22/3) di Gedung Konser Moskow. (Sergei Vedyashkin/Moskow News via AP)
21:42
23 Maret 2024

Serangan Teroris di Gedung Konser Moskow Menuai Kutukan hingga Ucapan Bela Sungkawa dari Berbagai Negara

Banyak video yang diunggah ke media sosial memperlihatkan kekacauan di dalam Gedung Konser Moskow yang terjadi selama dan setelah serangan teroris.

Beberapa penonton konser di Moskow merekam peristiwa yang terjadi pada Jumat malam (22/3) ketika kelompok teroris bersenjata melepaskan tembakan di dalam gedung dan penonton berlarian menyelamatkan diri masing-masing.

Dari video yang beredar, terdengar seperti suara tembakan dan menunjukkan orang-orang dengan senapan ketika penonton konser dengan panik mencoba keluar dari tempat tersebut.

Dilansir dari NBC News, beberapa media Rusia mengatakan bahwa para penyerang melarikan diri sebelum pasukan khusus dan polisi anti kerusuhan tiba.

Komisioner Rusia untuk Hak Anak, Maria Lvova-Belova, mengatakan bahwa anak-anak termasuk di antara para korban serangan malam itu.

"Informasi tentang kondisi mereka terus diperbarui," kata Lvova-Belova di Telegram.

"Setiap bantuan tambahan akan segera diberikan," tambahnya.

Dia kemudian mengatakan kepada saluran TV Rusia 24 bahwa setidaknya dua anak telah terluka, termasuk satu anak laki-laki dengan luka tembak.

Akibat dari serangan teroris ini, para pejabat dari Prancis, Inggris dan Jerman menyampaikan belasungkawa kepada para korban serangan di Gedung Konser Moskow.

Kementerian Luar Negeri Jerman menuliskan melalui X, "Gambar-gambar serangan mengerikan terhadap orang-orang tak berdosa di Balai Kota Crocus dekat #Moskow sungguh mengerikan. Latar belakangnya harus diselidiki dengan cepat. Belasungkawa kami yang terdalam kepada keluarga para korban." tulisnya.

"Kami mengutuk serangan teroris di Balai Kota Crocus dekat Moskow," kata Kedutaan.

Besar Inggris di Rusia. "Ini adalah tragedi yang mengerikan," lanjutnya.

Sementara itu, Kementerian Luar Negeri Prancis menyerukan agar ‘sorotan penuh’ diberikan pada ‘tindakan keji ini’.

Jackson Hinkle, seorang kritikus politik Amerika Serikat yang juga sosial media influencer, turut menuliskan kutukan melalui akun X-nya.

“ISIS baru saja melakukan serangan teror yang mengerikan di Moskow. ISIS didukung oleh Amerika Serikat dan Israel. Kami memerangi kejahatan yang sesungguhnya,” tulisnya.

Buntut dari serangan bersenjata ini, beberapa pemimpin daerah di seluruh Rusia telah membatalkan acara publik yang terjadwal akhir pekan ini karena pertimbangan keamanan setelah serangan konser mematikan di Moskow.

Walikota Moskow Sergey Sobyanin, juga membatalkan semua acara olahraga, budaya, dan acara publik lainnya di Moskow akhir pekan ini. 

Dikutip dari Kementerian Kebudayaan Rusia, oleh TASS, bahwa acara-acara massal dan hiburan di lembaga-lembaga kebudayaan federal telah dibatalkan dalam beberapa hari mendatang.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #serangan #teroris #gedung #konser #moskow #menuai #kutukan #hingga #ucapan #bela #sungkawa #dari #berbagai #negara

KOMENTAR