Hamas Rilis Video 4 Sandera Militer Israel yang Ditangkap Tahun 2014: Waktu Hampir Habis
Dari kiri ke kanan: Hisham Al-Sayyed, Avira Mengistu, Hadar Goldin, Shaul Aron. Mereka adalah sandera militer Israel yang ditangkap oleh Hamas di Jalur Gaza pada tahun 2014. 
08:50
14 Januari 2024

Hamas Rilis Video 4 Sandera Militer Israel yang Ditangkap Tahun 2014: Waktu Hampir Habis

Brigade Al-Qassam, sayap militer Gerakan Perlawanan Islam (Hamas) menerbitkan pesan video yang ditujukan kepada keluarga sandera Israel.

Dalam video berjudul "Waktu hampir habis" itu menampilkan empat sandera militer yang ditangkap oleh Hamas.

"10 tahun telah berlalu sejak ditangkapnya 4 tentara Israel di Jalur Gaza pada tahun 2014, yaitu Hadar Goldin, Shaul Aron, Avira Mengistu, dan Hisham Al-Sayyed," tulis Brigade Al-Qassam dalam video itu, Sabtu (13/1/2024).

Ia juga memperingatkan keluarga sandera bahwa Netanyahu berbohong tentang upaya untuk menyelamatkan mereka hingga mereka seolah terlupakan begitu saja.

"Pada tahun 2014, pemerintahan Benjamin Netanyahu mengabaikan anak-anak Anda dan tidak mengembalikan mereka, dan sayangnya kontak dengan sel yang bertanggung jawab atas mereka terputus," lanjutnya.

Brigade Al-Qassam mengatakan mereka berhasil menangkap puluhan tentara Israel setelah meluncurkan Operasi Badai Al-Aqsa.

“Pada 7 Oktober 2023, kami menangkap puluhan tentara Israel, dan komunikasi masih ada di tangan kami,” katanya.

Kelompok itu menilai Netanyahu tidak berniat mengembalikan sandera kepada keluarga mereka.

"Di masa lalu, dan sekarang lagi, Netanyahu dan pemerintahannya tidak tertarik dengan kembalinya anak-anak dan orang-orang yang Anda cintai. Jangan lupa... waktu berlalu dan memudar," lanjutnya, dikutip dari Al Jazeera.

Sejak awal perang Israel di Jalur Gaza, Brigade Al-Qassam menyiarkan beberapa klip video yang memuat pesan peringatan yang ditujukan kepada keluarga tentara Israel yang ditahan di Jalur Gaza, bahwa Perdana Menteri Netanyahu tidak peduli dengan nyawa mereka.

Sebelumnya, Brigade A-Qassam mengatakan Netanyahu hanya ingin mereka merasakan apa yang dia rasakan ketika kakaknya, Yonatan Netanyahu, terbunuh saat berupaya membebaskan sandera dari faksi perlawanan Palestina pada peristiwa tahun 1976 di Entebbe, Uganda.

Hamas Palestina vs Israel

Ketegangan Israel dan Hamas di Jalur Gaza kini masih berlanjut.

Israel memperkirakan masih ada sekitar 137 sandera yang ditahan Hamas di Jalur Gaza setelah pertukaran sandera pada akhir November 2023, yang menukar 105 sandera dengan 240 tahanan Palestina.

Hamas menolak untuk mengungkap jumlah sandera militer dan sipil yang masih ditahan di Jalur Gaza.

Setelah Operasi Banjir Al-Aqsa pada Sabtu (7/10/2023), Israel melancarkan serangan besar-besaran ke Jalur Gaza hingga hari ini.

Jumlah korban jiwa di pihak Palestina di Jalur Gaza terhitung 23.708 hingga Sabtu (13/1/2024) dan 1.200 orang tewas di wilayah Israel, yang direvisi menjadi 1.147.

Tercatat 343 kematian warga Palestina di Tepi Barat hingga Kamis (11/1/2023) setelah pasukan Israel yang melakukan penyerbuan besar-besaran.

(Tribunnews.com/Yunita Rahmayanti)

Berita lain terkait Konflik Palestina vs Israel

Editor: Nanda Lusiana Saputri

Tag:  #hamas #rilis #video #sandera #militer #israel #yang #ditangkap #tahun #2014 #waktu #hampir #habis

KOMENTAR