Adakan Pertemuan, Blinken, Pejabat Senior Tiongkok Bahas Perang Korea Utara, Taiwan, dan Rusia serta Ukraina
Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengadakan pembicaraan dengan Menteri Departemen Penghubung Internasional Partai Komunis Tiongkok Liu Jianchao./Reuters/Yonhap
17:18
13 Januari 2024

Adakan Pertemuan, Blinken, Pejabat Senior Tiongkok Bahas Perang Korea Utara, Taiwan, dan Rusia serta Ukraina

- Juru bicara Departemen Luar Negeri mengabarkan bahwa Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken dan seorang pejabat senior Tiongkok telah bertemu.

Dilansir dari Yonhap News, mereka mengadakan pembicaraan di Washington pada hari Jumat terkait berbagai masalah mengenai Korea Utara, Taiwan, perang Rusia di Ukraina dan Timur Tengah.

Pembicaraan antara Blinken dan Liu Jianchao, menteri Departemen Hubungan Internasional Komite Sentral Partai Komunis Tiongkok, terjadi tepat sebelum pemilihan presiden Taiwan pada hari Sabtu.

Matthew Miller yang merupakan juru bicaranya menyampaikan dalam sebuah pernyataan, bahwa, “Menteri Tiongkok menegaskan kembali pentingnya menjaga perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan dan di Laut Cina Selatan.”

“Kedua belah pihak bertukar pandangan mengenai isu-isu regional dan global, termasuk perang Rusia melawan Ukraina, Republik Demokratik Rakyat Korea, dan Timur Tengah,” tambahnya, merujuk pada Korea Utara dengan nama resminya.

Di antara topik-topik tersebut, masalah Taiwan telah menjadi sumber ketegangan antara Washington dan Beijing.

Hal itu dikarenakan Tiongkok telah menyatakan harapannya untuk bersatu kembali dengan negara demokrasi yang memiliki pemerintahan mandiri dan AS menentang perubahan sepihak terhadap status quo meskipun ada kebijakan Satu Tiongkok.

Blinken juga mencatat pentingnya membela hak dan kebebasan navigasi di Laut Merah, jalur perairan penting di mana ketegangan meningkat karena serangan berulang kali oleh pemberontak Houthi yang didukung Iran terhadap kapal komersial.

Kedua pejabat tersebut menegaskan kembali pentingnya melanjutkan kemajuan yang dicapai dalam isu-isu utama pada pertemuan puncak antara Presiden Joe Biden dan Presiden Tiongkok Xi Jinping di California pada bulan November.

Isu-isu yang dibahas tersebut, mencakup kerja sama pemberantasan narkotika dan komunikasi militer-ke-militer.

“Kedua belah pihak menyadari pentingnya terus menjaga saluran komunikasi terbuka antara A.S. dan RRT,” kata juru bicara tersebut.

Editor: Hanny Suwin

Tag:  #adakan #pertemuan #blinken #pejabat #senior #tiongkok #bahas #perang #korea #utara #taiwan #rusia #serta #ukraina

KOMENTAR