Israel Ubah Pusat Bantuan Kemanusiaan Jadi Perangkap Maut, Tembak Mati Warga Gaza yang Cari Bantuan
Warga Palestina yang terluka akibat serangan Israel saat menunggu bantuan kemanusiaan di pantai Kota Gaza dirawat di Rumah Sakit Shifa pada Kamis, 29 Februari 2024. (AP Photo/Mahmoud Essa) 
16:00
15 Maret 2024

Israel Ubah Pusat Bantuan Kemanusiaan Jadi Perangkap Maut, Tembak Mati Warga Gaza yang Cari Bantuan

Israel mengubah Kota Gaza menjadi ‘perangkap maut’ ketika tentara menembak mati puluhan pencari bantuan kemanusiaan.

Ini adalah serangan keempat terhadap pusat bantuan dan warga Gaza yang kelaparan sejak akhir bulan lalu

Pasukan Israel menembak dan membunuh enam warga Palestina dan melukai puluhan orang yang sedang menunggu bantuan makanan di dekat Bundaran Kuwait di Kota Gaza, di Jalur Gaza utara, pada akhir 13 Maret.

Video dan gambar yang beredar di media sosial menunjukkan warga Palestina yang tewas dan terluka tergeletak di depan truk pengiriman bantuan.

Serangan itu terjadi beberapa jam setelah setidaknya lima warga Palestina tewas dan beberapa lainnya terluka akibat penembakan tentara Israel terhadap pusat distribusi bantuan UNRWA di kota Rafah paling selatan di Jalur Gaza.

Israel telah berulang kali menyerang pusat-pusat bantuan dan warga Palestina yang kelaparan mengantri untuk mendapatkan makanan dalam beberapa hari terakhir.

Serangan terhadap pusat UNRWA di Rafah terjadi satu hari setelah pasukan Israel melepaskan tembakan ke puluhan warga Palestina yang mengantri untuk mendapatkan bantuan makanan di dekat Bundaran Kuwait di utara Gaza pada hari Selasa.

Pasukan Israel melakukan pembantaian terhadap warga Palestina yang mencari bantuan di Jalan Al-Rashid Gaza utara dekat Bundaran Kuwait pada tanggal 29 Februari.

Serangan brutal tersebut, yang menewaskan lebih dari seratus warga Palestina, kemudian dikenal sebagai Pembantaian Tepung.

Israel telah mengalihkan kesalahan atas serangan itu melalui penyelidikan internal militer, dan Washington telah memveto pernyataan Dewan Keamanan PBB yang meminta pertanggungjawabannya.

Karena beberapa serangan terhadap warga Gaza yang kelaparan di dekat Bundaran Kuwait dan Jalan Al-Rashid, koresponden Al-Jazeera Hani Mahmoud mengatakan pada tanggal 14 Maret bahwa daerah tersebut “sekarang dikenal sebagai jebakan maut.”

“Kami mendengar dari penduduk yang kelaparan dan mengalami trauma yang terdampar di Jalur Gaza menanyakan apa tujuan truk bantuan tersebut masuk ke Gaza dan wilayah utaranya jika mereka terkena tembakan. [Agresi Israel] juga membahayakan pekerjaan pekerja bantuan di lapangan,” tambah Mahmoud.

UNRWA telah kehilangan lebih dari 160 pegawai akibat pemboman Israel.

Israel terus mencegah masuknya bantuan kemanusiaan ke Jalur Gaza. Meskipun baru-baru ini Israel menyetujui penerjunan pesawat oleh angkatan udara Yordania dan AS – yang dianggap tidak cukup untuk pertahanan sipil Gaza – kelaparan telah melanda wilayah tersebut.

Sejak akhir pekan lalu, setidaknya belasan anak meninggal karena kelaparan dan kehausan yang parah di Gaza.

Melalui Perangkap maut, Pasukan Israel membunuh enam orang dalam serangan baru terhadap pencari bantuan Gaza
Insiden mematikan ini terjadi setelah serangan udara Israel terhadap pusat bantuan yang dikelola UNRWA menewaskan sedikitnya lima orang di Rafah.

Pasukan Israel telah menembak mati sedikitnya enam warga Palestina dan melukai 83 orang di Kota Gaza ketika mereka sedang menunggu makanan dan pasokan kemanusiaan di Bundaran Kuwait, sebuah area di mana sekelompok besar orang berkumpul untuk kedatangan truk bantuan.

Serangan pada hari Kamis itu terjadi beberapa jam setelah setidaknya lima orang tewas akibat serangan udara Israel terhadap pusat distribusi makanan di Rafah, Gaza selatan, yang dijalankan oleh Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina di Timur Dekat (UNRWA), yang merupakan lembaga kemanusiaan utama di Gaza.

Telah terjadi peningkatan serangan fatal oleh pasukan Israel terhadap kerumunan warga sipil yang kelaparan yang mengantri untuk mendapatkan bantuan dalam beberapa pekan terakhir. Pada Senin malam, pasukan Israel membunuh 11 orang yang menunggu bantuan makanan di bundaran yang sama.

Dilaporkan dari Rafah, Hani Mahmoud dari Al Jazeera mengatakan mencari bantuan menjadi “sangat berbahaya” di wilayah kantong tersebut, dan menambahkan bahwa “Bundaran Kuwait sekarang dikenal sebagai jebakan maut”.

“Kami mendengar dari penduduk yang kelaparan dan trauma yang terdampar di Jalur Gaza menanyakan apa tujuan truk bantuan tersebut masuk ke Gaza dan wilayah utara jika mereka ditembak,” katanya.

“[Agresi Israel] juga membahayakan pekerjaan pekerja bantuan di lapangan,” tambahnya.

Bundaran Kuwait berada di antara wilayah tengah Jalur Gaza dan Kota Gaza, menghubungkan Gaza utara dengan selatan.

Lebih dari 400 warga Palestina tewas dalam serangan Israel terhadap pengiriman bantuan dalam beberapa pekan terakhir, menurut pihak berwenang di Gaza.

Menyerang Pusat Bantuan Perbuatan Terlarang

Sami Abu Salim, seorang karyawan UNRWA, mengatakan kepada Al Jazeera bahwa dia merasa frustrasi atas serangan hari Rabu terhadap pusat bantuan dan gudang di bagian timur Rafah karena para karyawan bekerja sepanjang waktu untuk memberikan bantuan kepada pengungsi Palestina.

“Ini [menyerang pusat bantuan] dilarang. Kami adalah lembaga internasional,” kata Abu Salim. “Kami memberikan semua [bantuan] ini kepada orang tua dan anak-anak.”

Fasilitas di Rafah adalah salah satu pusat distribusi makanan terakhir yang beroperasi di Gaza.

Juru bicara UNRWA Juliette Touma mengatakan kepada Al Jazeera pada hari Kamis bahwa serangan Israel hanya menyebabkan sedikit kerusakan pada pasokan, dan menambahkan bahwa badan tersebut masih mendistribusikan bantuan dari fasilitas tersebut setelah serangan tersebut, yang menewaskan salah satu pekerjanya dan melukai 22 lainnya.

Fasilitas PBB harus dilindungi setiap saat sebagaimana diamanatkan oleh hukum internasional, tegas Touma.

“Terlalu sering dalam perang ini fasilitas dan personel kami menjadi sasaran,” tambahnya. Setidaknya 165 staf UNRWA telah tewas di Gaza sejak 7 Oktober dan lebih dari 150 fasilitas terkena serangan, menurut badan tersebut, yang menyerukan penyelidikan independen terhadap serangan Israel yang berulang kali terjadi.

Touma mengatakan UNRWA membagikan koordinat fasilitas dan kegiatannya setiap hari dengan semua pihak yang bertikai, termasuk Israel, dan lokasi gudang Rafah telah dimasukkan dalam daftar yang dibagikan sehari sebelum diserang.

Kelaparan Gaza Jadi Senjata Israel

Kelompok hak asasi manusia mengatakan bahwa Israel menggunakan kelaparan sebagai senjata perang melawan warga Palestina.

Agnes Callamard, sekretaris jenderal Amnesty International, mengecam komunitas global karena menganggap krisis di Gaza bersifat kemanusiaan dan bukan krisis yang direkayasa oleh Israel.

“Sementara komunitas internasional sibuk berpura-pura bahwa Gaza adalah krisis kemanusiaan, Israel terus melanggar hukum internasional karena impunitas total,” katanya dalam postingan di X, merujuk pada serangan Israel terhadap pusat pangan PBB di Rafah.

“Penerjunan bantuan kemanusiaan melalui udara dan pelabuhan bantuan ke Gaza tidak akan mengatasi pelanggaran-pelanggaran ini. Dan mereka tidak akan mengatasi kelaparan yang direkayasa,” tambahnya.

UNRWA mengatakan pihak berwenang Israel tidak mengizinkannya mengirimkan pasokan ke wilayah utara Jalur Gaza sejak 23 Januari.

Israel, yang mengontrol penyeberangan Gaza, hanya membuka satu titik masuk ke wilayah tersebut sejak awal perang dan memberlakukan “prosedur pemeriksaan tanpa akhir” bagi truk yang lewat, kata badan-badan PBB.

Sejak 9 Februari, jumlah rata-rata truk yang masuk ke Gaza setiap hari adalah sekitar 55, dibandingkan dengan 500 truk yang masuk sebelum konflik dimulai, menurut Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan (OCHA).

PBB mengatakan setidaknya setengah juta, atau satu dari empat orang di Gaza, akan segera menghadapi kelaparan karena mereka menyoroti masalah pengiriman bantuan kemanusiaan yang sangat dibutuhkan ke Gaza di tengah pembatasan yang dilakukan Israel.

Sebuah laporan baru oleh kelompok kemanusiaan Refugees International mengatakan bahwa Israel telah menciptakan “kondisi seperti kelaparan” di Jalur Gaza.

Penelitian yang dilakukan kelompok ini di Mesir, Yordania dan Israel mengungkapkan bahwa pemerintah Israel “secara konsisten dan tanpa dasar menghalangi operasi bantuan di Gaza, memblokir operasi bantuan yang sah dan menolak penerapan langkah-langkah yang benar-benar akan meningkatkan aliran bantuan kemanusiaan ke Gaza”.

Kementerian Kesehatan di Gaza melaporkan pada hari Kamis bahwa setidaknya 31.341 warga Palestina telah tewas dan 73.134 luka-luka akibat serangan Israel sejak 7 Oktober.

Dalam 24 jam terakhir, serangan Israel telah menewaskan 69 warga Palestina di Gaza, kata kementerian itu.

(Sumber: The Cradle)

Tag:  #israel #ubah #pusat #bantuan #kemanusiaan #jadi #perangkap #maut #tembak #mati #warga #gaza #yang #cari #bantuan

KOMENTAR