Museum Holocaust Dibuka di Belanda dengan Aksi Demonstrasi Oleh Kelompok Yahudi dan Pro Palestina
Warga Belanda melakukan demonstrasi pro-Palestina saat pembukaan Museum Holocaust di Amsterdam, Belanda pada 10 Maret 2024. Komunitas Yahudi menuntut penangkapan Presiden Israel Isaac Herzog, yang mereka gambarkan sebagai penjahat perang. Mereka menyerukan penangkapannya segera oleh Mahkamah Internasional di Den Haag alih-alih mengundangnya untuk hadir bersama raja. Para pengunjuk rasa berkumpul di luar museum sementara raja dan Presiden Isaac Herzog berada di dalam, merayakan peresmian tersebut denga
14:30
15 Maret 2024

Museum Holocaust Dibuka di Belanda dengan Aksi Demonstrasi Oleh Kelompok Yahudi dan Pro Palestina

Museum Holocaust telah resmi dibuka di Amsterdam Belanda pada Hari Minggu tanggal 10 Maret lalu.

Namun berdirinya Museum Holocaust tersebut disambut dengan sebuah aksi demonstrasi pro Palestina bersama sejumlah warga Yahudi, mereka berdemo menyambut berdirinya museum tersebut.

Kembang api dinyalakan dan telur dilempar saat museum Holocaust dibuka di Amsterdam

Pengunjuk rasa Yahudi bergabung dengan kelompok pro-Palestina untuk memprotes presiden Israel Isaac Herzog saat ia menghadiri pembukaan museum Holocaust yang baru.

Kembang api dinyalakan dan telur dilemparkan ketika pengunjuk rasa pro-Palestina berkumpul di Amsterdam di mana Museum Holocaust Nasional yang baru telah dibuka.

Kunjungan presiden Israel ke Museum Holocaust Nasional yang baru dibuka di Amsterdam telah memicu protes di kota tersebut.

Ribuan pengunjuk rasa terdengar meneriakkan "tidak ada lagi sekarang" dan "gencatan senjata sekarang" di Waterloo Square di pusat kota Amsterdam, dekat museum yang mengadakan upacara pembukaan pada hari Minggu dan mengundang tamu termasuk presiden Israel Isaac Herzog dan Raja Belanda Willem-Alexander .

Mereka para demonstran juga memegang bendera Palestina dan tanda-tanda yang bertuliskan "Yahudi menentang genosida" dan "cucu dari seorang penyintas bencana mengatakan: Hentikan Holocaust Gaza".

Kelompok anti-Zionis Yahudi Belanda, Erev Rave, mengorganisir protes tersebut bersama Komunitas Palestina Belanda dan Sosialis Internasional.

Sementara kelompok hak asasi manusia Amnesty International memasang tanda jalan memutar di sekitar museum untuk mengarahkan Herzog ke Mahkamah Internasional di Den Haag.

Para aktivis penyelenggara protes menekankan bahwa mereka memprotes kehadiran Herzog dan perang di Gaza, bukan terhadap museum dan apa yang diperingatinya.

“Bagi kami orang-orang Yahudi, museum-museum ini adalah bagian dari sejarah kami, masa lalu kami,” kata Joana Cavaco, seorang aktivis anti-perang yang tergabung dalam kolektif Yahudi Erev Rav, berbicara kepada massa menjelang upacara tersebut.

“Bagaimana mungkin ruang sakral seperti itu digunakan untuk menormalkan genosida saat ini?”

Forum Hak Asasi Manusia, sebuah organisasi Belanda yang pro-Palestina, menyebut kehadiran Herzog sebagai "tamparan bagi rakyat Palestina yang hanya bisa tak berdaya menyaksikan bagaimana Israel membunuh orang-orang yang mereka cintai dan menghancurkan tanah mereka".

Saat berbicara pada peresmian museum tersebut, Herzog berkata: "Teman-teman, saya sangat berterima kasih kepada semua orang yang telah mendukung pendirian museum Holocaust yang baru ini. Pada momen penting ini, lembaga ini mengirimkan pernyataan yang jelas dan kuat: ingat.

"Ingatlah kengerian yang ditimbulkan oleh kebencian, antisemitisme, dan rasisme. Dan jangan pernah biarkan hal-hal tersebut berkembang lagi. Sayangnya, 'tidak akan pernah lagi' terjadi saat ini. Karena saat ini, kebencian dan antisemitisme sedang berkembang di seluruh dunia, dan kita harus melawannya bersama-sama."

Presiden Israel tidak mengakui adanya protes dalam pidatonya dan juru bicara presiden menolak mengomentarinya.

Herzog termasuk di antara para pemimpin Israel yang disebutkan dalam perintah pengadilan tinggi PBB awal tahun ini agar Israel melakukan semua yang bisa dilakukannya untuk mencegah kematian, kehancuran, dan tindakan genosida di Gaza.

Dia menuduh Mahkamah Internasional salah mengartikan komentarnya dalam keputusan bulan Januari lalu. Israel menolak tuduhan yang dilontarkan oleh Afrika Selatan dalam kasus pengadilan bahwa kampanye militer di Gaza melanggar Konvensi Genosida.

"Saya muak dengan cara mereka memutarbalikkan kata-kata saya, menggunakan kutipan yang sangat, sangat parsial dan terfragmentasi, dengan tujuan mendukung argumen hukum yang tidak berdasar," kata Herzog beberapa hari setelah keputusan tersebut.

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan menjelang pembukaan hari Minggu, Kawasan Kebudayaan Yahudi, yang mengelola museum tersebut, mengatakan pihaknya “sangat prihatin dengan perang dan dampak konflik ini, yang pertama dan terutama bagi warga Israel, Gaza dan Tepi Barat. ."

Dikatakan bahwa "yang lebih meresahkan adalah Museum Holocaust Nasional dibuka sementara perang terus berkecamuk. Hal ini menjadikan misi kami semakin mendesak."

Museum ini bertempat di bekas perguruan tinggi pelatihan guru yang digunakan sebagai jalur pelarian rahasia untuk membantu sekitar 600 anak-anak Yahudi melarikan diri dari cengkeraman Nazi.

Jumlah warga Palestina yang tewas dalam serangan militer Israel sejak serangan Hamas 7 Oktober telah melampaui 31.000 orang, menurut kementerian kesehatan yang dikelola Hamas di Gaza.

Israel menuduh kementerian tersebut menggelembungkan jumlah pengungsi, namun dalam perang-perang sebelumnya, jumlah korban yang mereka terima tetap menjadi sorotan PBB, investigasi independen, dan bahkan data yang dikeluarkan Israel.

(Sumber: Sky News)

Tag:  #museum #holocaust #dibuka #belanda #dengan #aksi #demonstrasi #oleh #kelompok #yahudi #palestina

KOMENTAR