Trump Ogah Beri Uang Sepeser Pun ke Kiev
Kandidat presiden dari Partai Republik dan mantan Presiden Donald Trump menegaskan tak akan membantu UKraina sepeser pun dalam peperangannya melawan Rusia 
08:20
12 Maret 2024

Trump Ogah Beri Uang Sepeser Pun ke Kiev

Kandidat Presiden Amerika Serikat dari Partai Republik, Donald Trump menegaskan tidak akan memberi bantuan ke Ukraina sepeser pun, jika dirinya terpilih lagi menjadi Presiden AS.

Hal ini diungkapkan oleh Perdana Menteri Hongaria Viktor Orban yang bertemu dengan Trump di Florida pada Minggu (10/3/2024).

“Dia tidak akan memberikan satu sen pun dalam perang Ukraina-Rusia,” kata Orbán kepada media pemerintah di Hongaria pada hari Minggu dikutip dari The Guardian.

“Oleh karena itu, perang akan berakhir, karena jelas bahwa Ukraina tidak dapat berdiri sendiri.”

Menurut Orbán, Trump memiliki “rencana terperinci” untuk mengakhiri perang Ukraina, yang dimulai dua tahun lalu ketika Rusia melakukan invasi.

AS dan sekutu-sekutunya telah mendukung Ukraina, namun bantuan AS selanjutnya tertahan di Kongres, setelah disetujui oleh Senat dengan dukungan bipartisan namun ditolak di DPR, yang dikendalikan oleh sekutu sayap kanan Trump.

Menyebut Trump sebagai “orang yang cinta damai”, Orbán berkata: “Jika Amerika tidak memberikan uang dan senjata, bersama dengan Eropa, maka perang akan berakhir. Dan jika Amerika tidak memberikan uang, maka Eropa sendiri tidak dapat membiayai perang ini. Dan kemudian perang berakhir.” (Ini kemungkinan besar berarti Ukraina kalah perang melawan Rusia.)

PM Hongaria dan mantan Presiden AS tersebut bertemu di kediaman Trump di Palm Beach, Florida, akhir pekan lalu.

Dalam sebuah pernyataan, Orbán berkata: “Presiden Trump adalah presiden perdamaian, dia mendapat rasa hormat di dunia, dan dengan demikian dia menciptakan kondisi untuk perdamaian.

Selama masa kepresidenannya, terjadi perdamaian di Timur Tengah dan perdamaian di Ukraina. Dan tidak akan ada perang saat ini jika dia masih menjadi presiden Amerika Serikat.

“Kami sepakat bahwa akan ada perdamaian ketika ada pemimpin dunia yang menginginkan perdamaian. Saya bangga bahwa Hongaria adalah salah satu negara tersebut. Kami juga sepakat bahwa masih banyak potensi dalam hubungan ekonomi AS-Hongaria.

Meskipun menghadapi 91 dakwaan pidana dan menderita kerugian jutaan dolar dalam tuntutan perdata terkait urusan bisnisnya dan tuduhan pemerkosaan yang oleh hakim dianggap “secara substansial benar”.

Sudah lama terlihat menunjukkan rasa hormat dan antusiasme terhadap Vladimir Putin, presiden Rusia, Trump baru-baru ini menyatakan bahwa jika terpilih kembali ia akan mendorong Rusia untuk menyerang sekutu AS yang dianggapnya tidak memberikan kontribusi yang cukup terhadap aliansi NATO.

Joe Biden mengecam pernyataan-pernyataan seperti itu, dan menganggapnya “bodoh, memalukan, dan tidak Amerika” dan baru-baru ini menuduh Trump menyerah kepada para pemimpin otoriter.

Perdana Menteri Hongaria, Viktor Orban Perdana Menteri Hongaria, Viktor Orban (NBC News)  Anggaran Minim Untuk Ukraina

Sementara untuk tahun depan, Gedung Putih pun tidak akan memasukkan banyak anggaran untuk bantuan Ukraina.

Federal News Network melaporkan hal ini.

Secara total, menurut rancangan anggaran, Amerika Serikat bermaksud mengalokasikan hampir 850 miliar dolar AS untuk belanja militer pada tahun 2025.

Selain itu, Amerika Serikat bermaksud mengalokasikan 1,5 miliar dolar AS pada tahun 2025 untuk membendung Federasi Rusia.

Kongres AS tidak akan mempertimbangkan bantuan ke Ukraina hingga bulan April. Memindahkan rancangan undang-undang bantuan Ukraina ke bulan April, menurut Ketua DPR Mike Johnson, akan memungkinkan Partai Republik untuk "menutup beberapa pemilihan pendahuluan penting yang dapat memberikan tambahan dukungan Partai Republik untuk pendanaan Ukraina." (The Guandian/Reuters/Ukrainska Pravda)

Editor: Hendra Gunawan

Tag:  #trump #ogah #beri #uang #sepeser #kiev

KOMENTAR