Arab Saudi Kutuk Perluasan Pemukiman Israel Besar-besaran di Tepi Barat, Yerusalem, dan Betlehem
PERLUASAN PEMUKIMAN YAHUDI DI TEPI BARAT - Dua pasukan pendudukan Israel terlihat dengan latar belakangan pemukiman Yahudi Israel di kawasan Tepi Barat. Israel dilaporkan menyetujui perluasan pemukiman di Tepi Barat, termasuk Yerusalem dan Betlehem, dalam serangkaian pembangunan besar-besaran yang belum pernah terjadi sebelumnya. 
23:20
7 Maret 2024

Arab Saudi Kutuk Perluasan Pemukiman Israel Besar-besaran di Tepi Barat, Yerusalem, dan Betlehem

Arab Saudi mengecam persetujuan Israel atas pembangunan permukiman baru di Tepi Barat yang diduduki, Rabu (6/3/2024).

Kementerian luar negeri Arab Saudi di Riyadh menyatakan menolak keputusan pembangunan 3.500 unit pemukiman baru di wilayah pendudukan Palestina.

Kementerian tersebut menambahkan kalau Kerajaan Arab Saudi juga mengutuk upaya-upaya yang mencoba melakukan Yudaisasi di sebagian besar Tepi Barat, termasuk Yerusalem.

“Hal ini bertentangan dengan semua resolusi internasional, hukum hak asasi manusia internasional, dan piagam PBB. Tindakan seperti itu menghalangi tercapainya peluang perdamaian dan stabilitas di kawasan,” tegas kementerian tersebut.

“Kerajaan menegaskan kembali perlunya mengakhiri penderitaan dan memberikan harapan bagi rakyat Palestina dan memungkinkan mereka memperoleh hak untuk hidup aman dan mendirikan negara Palestina dengan perbatasan tahun 1967 dengan Yerusalem Timur sebagai ibu kotanya,” tambah pernyataan itu.

Gambar ini menunjukkan pemandangan pemukiman Har Bracha di Tepi Barat dekat kota Nablus di Tepi Barat yang diduduki pada 22 Januari 2024. Gambar ini menunjukkan pemandangan pemukiman Har Bracha di Tepi Barat dekat kota Nablus di Tepi Barat yang diduduki pada 22 Januari 2024. (Jaafar ASHTIYEH / AFP)

Peningkatan Besar-besaran Pemukiman Israel yang Belum Pernah Terjadi Sebelumnya

Dalam laporan lain, sebuah perintah baru-baru ini ditandatangani oleh komandan Komando Pusat militer Israel, Mayor Jenderal Yehuda Fox, yang menetapkan yurisdiksi untuk pemukiman baru di utara kota Al-Ubediya, sebelah timur Betlehem di Tepi Barat yang diduduki.

Tahap pertama pemukiman akan mencakup 3.600 unit rumah di sekitar 417 dunam (satuan luas) untuk masyarakat agama-nasionalis, kata kelompok anti-pemukiman Israel, Peace Now.

“Pada tahap kedua, pemukiman ini dimaksudkan untuk diperluas hingga tambahan 2.000 dunam dan 10.000 unit rumah lainnya untuk populasi Ultra-Ortodoks (Haredi),” tambah kelompok itu dalam sebuah pernyataan.

Pihak berwenang Israel telah mengontrak para perencana dan arsitek untuk menyiapkan rencana pemukiman baru dengan biaya sekitar 2,7 juta shekel (751.000 dolar AS).

Menurut Peace Now, pemukiman baru ini merupakan implementasi dari keputusan pemerintah sebelumnya pada Februari tahun lalu untuk mendirikan sembilan pemukiman baru di Tepi Barat.

Gambar ini menunjukkan pemandangan pemukiman Har Bracha di Tepi Barat dekat kota Nablus di Tepi Barat yang diduduki pada 22 Januari 2024. Gambar ini menunjukkan pemandangan pemukiman Har Bracha di Tepi Barat dekat kota Nablus di Tepi Barat yang diduduki pada 22 Januari 2024. (Jaafar ASHTIYEH / AFP)

Sebelumnya, perintah lain telah ditandatangani oleh Mayjen Komandan Yehuda yang akan mengizinkan pos terdepan ilegal di Tepi Barat yang diduduki menjadi pemukiman perkotaan yang penting dan besar.

Pos terdepan MitzpehYehuda, yang meliputi tanah seluas 50 dunam, akan menjadi sebuah kota bernama Mishmar Yehuda seluas 417 dunam (104 hektar).

"Sekitar 3.600 rumah akan dibangun di pemukiman tersebut, yang pada akhirnya berpotensi menampung 13.000 pemukim," menurut laporan media Israel, Haaretz.

Namun, keputusan kabinet Israel yang kontroversial diadopsi tahun lalu untuk 'melegalkan' sembilan pos terdepan di Tepi Barat.

Selain itu, perintah tersebut menyusul deklarasi Menteri Keuangan Israel Bezalel Smotrich pada 22 Februari untuk pembangunan lebih dari 3.300 rumah baru di permukiman Tepi Barat sebagai “tanggapan” terhadap serangan oleh tiga pria bersenjata Palestina yang membunuh seorang pria Israel di sebuah pos pemeriksaan Israel dekat Pemukiman Ma'aleh Adumim.

Smotrich mengumumkan, pemerintah Israel akan menyampaikan rencana pembangunan 2.350 unit rumah di Ma'aleh Adumim, 300 di Keidar, dan 694 di Efrat.

“Musuh-musuh kami tahu bahwa kerugian apa pun yang menimpa kami akan menyebabkan lebih banyak pembangunan dan lebih banyak pembangunan serta lebih banyak wilayah kekuasaan kami di seluruh negeri,” tulis Smotrich di X (sebelumnya bernama Twitter).

LSM Israel Peace Now telah merilis laporan yang mencatat peningkatan pemukiman Yahudi yang “belum pernah terjadi sebelumnya” di Tepi Barat yang diduduki sejak 7 Oktober.

Laporan tersebut mencatat sembilan “pos pemukiman” dan 18 jalan baru bagi pemukim hanya dalam tiga bulan pertama perang Israel di Gaza.

LSM tersebut juga melaporkan kalau perang yang sedang berlangsung di Gaza dieksploitasi oleh pemukim Yahudi Israel untuk menciptakan situasi de facto di lapangan, yang bertujuan untuk memperluas kendali mereka atas sebagian besar Area C – sebuah wilayah di Tepi Barat dengan konsentrasi pemukiman yang tinggi.

Populasi pemukim Israel di Tepi Barat tumbuh hampir 3 persen pada tahun 2023, menurut laporan terbaru oleh situs web pro-pemukim westbankjewishpopulationstats.com berdasarkan statistik populasi dari pemerintah Israel.

Laporan tersebut, yang dirilis pada bulan Februari lalu oleh kelompok pro-pemukim, menunjukkan kalau populasi pemukim melonjak menjadi 517.407 pada tanggal 31 Desember, dari 502.991 pada tahun sebelumnya.

Laporan tahun ini memperkirakan “percepatan pertumbuhan” di tahun-tahun mendatang dan populasi pemukim di Tepi Barat akan melebihi 600.000 sebelum tahun 2030.

Namun, laporan tersebut tidak memasukkan angka populasi di Yerusalem Timur, tempat lebih dari 200.000 warga Israel tinggal di lingkungan yang dianggap Israel sebagai bagian dari ibu kotanya, namun dianggap oleh Palestina dan komunitas internasional sebagai pemukiman ilegal.

David Chai Chasdai dituduh memimpin kerusuhan di kota Huwara yang menjadi titik konflik, di mana rumah-rumah warga Palestina dibakar. David Chai Chasdai dituduh memimpin kerusuhan di kota Huwara yang menjadi titik konflik, di mana rumah-rumah warga Palestina dibakar. (HO)

Strategi Terorganisir Buat Usir Warga Palestina dari Tepi Barat

Sementara itu, kelompok pengawas Israel, Terrestrial Jerusalem, mengatakan bahwa sejak dimulainya perang Israel-Gaza pada 7 Oktober, tiga rencana telah disetujui atau akan segera disetujui untuk perumahan Yahudi di Yerusalem Timur.

Terrestrial Jerusalem menyebut kecepatan proses persetujuan selama beberapa bulan terakhir “hingar bingar.”

Tepi Barat yang diduduki, telah mengalami peningkatan tajam dalam serangan dan insiden kekerasan yang dilakukan pemukim terhadap warga Palestina sejak 7 Oktober.

Kekerasan yang dilakukan oleh pemukim bukanlah sebuah insiden yang terisolasi, namun lebih merupakan bagian dari strategi terorganisir dan didanai oleh pemerintah Israel untuk merampas tanah warga Palestina di Wilayah Pendudukan, dan untuk melemahkan potensi solusi politik.

Saat ini, sekitar tiga juta warga Palestina tinggal di Tepi Barat, bersama dengan 490.000 warga Israel yang tinggal di permukiman yang dianggap ilegal menurut hukum internasional.

Sejak 7 Oktober 2023 hingga 1 Februari 2024, Kantor Koordinasi Urusan Kemanusiaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (Office for the Coordination of Humanitarian Affairs/OCHA) telah mencatat 494 serangan pemukim Israel terhadap warga Palestina.

Serangan-serangan itu mengakibatkan korban jiwa warga Palestina (49 insiden), kerusakan properti milik warga Palestina (388 insiden), atau keduanya menjadi korban jiwa dan kerusakan properti (57 insiden). 

Namun, pada tahun 2023, terdapat 1.264 insiden yang melibatkan pemukim Israel di Tepi Barat, termasuk Yerusalem Timur yang mengakibatkan korban jiwa warga Palestina, kerusakan properti, atau keduanya.

Sebanyak 945 kejadian mengakibatkan kerusakan, 165 mengakibatkan korban jiwa, dan 154 mengakibatkan kerusakan dan korban jiwa.

Ini adalah jumlah tertinggi serangan pemukim terhadap warga Palestina pada tahun tertentu sejak OCHA mulai mencatat insiden yang melibatkan pemukim pada tahun 2006.

Gelombang kekerasan yang berulang kali dilakukan oleh pemukim Yahudi Israel, seringkali didukung oleh tentara IDF, telah menyebabkan 1.208 warga Palestina mengungsi, termasuk 586 anak-anak, di 198 rumah tangga.

Didukung oleh pasukan keamanan Israel, dibantu dan didukung oleh pemerintah, kekerasan pemukim tetap menjadi bagian utama dari kebijakan negara Israel dan rencana untuk membersihkan wilayah Palestina yang diduduki secara etnis guna membangun kedaulatan penuh atas wilayah tersebut dan memungkinkan perluasan pemukiman.

Terlepas dari kejelasan hukum internasional mengenai ilegalitas pemukiman, Israel telah memberikan kondisi politik dan insentif ekonomi, serta dukungan infrastruktur, untuk pertumbuhan lebih dari 300 pemukiman Yahudi Israel di Tepi Barat.

Organisasi hak asasi manusia terkemuka B’Tselem menggambarkan kekerasan pemukim sebagai bentuk kekerasan negara, yang melaluinya Israel dapat melakukan “dua arah”.

Mereka dapat mengklaim bahwa ini adalah kekerasan yang dilakukan oleh individu – yang merupakan “barang buruk” di antara para pemukim – dan menyangkal peran pasukan keamanan mereka sendiri, sambil mengambil keuntungan dari konsekuensinya – pengusiran warga Palestina dari tanah mereka.

Berdasarkan hukum internasional, Israel sebagai kekuatan pendudukan mempunyai kewajiban untuk melindungi penduduk Palestina. Meskipun demikian, kekerasan yang dilakukan pemukim terjadi secara terbuka dan sama sekali mengabaikan hukum perang dan hak asasi manusia.

Fakta bahwa pasukan keamanan Israel mendampingi dan melindungi pemukim ketika mereka melakukan kekerasan jelas menunjukkan bahwa mereka secara aktif mengabaikan tanggung jawab hukum terhadap penduduk yang diduduki.

Kekerasan pemukim telah diadopsi oleh negara Israel sebagai alat untuk mempercepat laju pengungsian warga Palestina. Ketika wilayah-wilayah penting di wilayah Palestina yang diduduki telah dibersihkan dari komunitas Pribumi Palestina, maka upaya permukiman dapat berlanjut tanpa henti dan tanpa perlawanan, dan aneksasi juga dapat terjadi.

Jaksa Pengadilan Kriminal Internasional (ICC), Karim Khan telah mengkonfirmasi bahwa kantornya mempercepat penyelidikan sehubungan dengan kekerasan pemukim, menekankan bahwa “Israel memiliki tanggung jawab mendasar sebagai kekuatan pendudukan” untuk menyelidiki dan mengadili kejahatan-kejahatan ini dan mencegah terulangnya kembali kejahatan tersebut serta memastikan keadilan. .

Komunitas internasional harus secara jelas dan tanpa ragu menganggap kekerasan pemukim terjadi di negara Israel, dan meminta pertanggungjawaban para pejabatnya di forum internasional karena tidak mengambil tindakan tegas untuk mencegah, menghentikannya, dan membalikkan dampaknya.

"Israel tidak boleh terus-menerus punya kebebasan ketika mereka melanggar hak-hak warga sipil Palestina yang hidup di bawah pendudukan mereka," tulis ulasan JN.

(oln/JN/Memo/*)

Tag:  #arab #saudi #kutuk #perluasan #pemukiman #israel #besar #besaran #tepi #barat #yerusalem #betlehem

KOMENTAR