Israel Tuduh Pemimpin Hamas Yahya Sinwar Gunakan Sandera sebagai Tamengnya Agar Tak Ditangkap
Pemimpin Gerakan Hamas, Yahya Sinwar di Jalur Gaza. Sinwar dikabarkan menjadi orang nomor satu yang masuk dalam daftar bunuh tentara Israel. 
08:50
27 Pebruari 2024

Israel Tuduh Pemimpin Hamas Yahya Sinwar Gunakan Sandera sebagai Tamengnya Agar Tak Ditangkap

Militer Israel merasa yakin bahwa pemimpin Hamas, Yahya Sinwar bersembunyi di terowongan labirin bawah tanah di Gaza selatan.

Militer Israel juga menuduh Yahya Sinwar menggunakan para sandera sebagai tamengnya agar tak ditangkap atau dibunuh.

Selain itu, militer Israel menyebut para sandera juga digunakan Yahya Sinwar untuk menggagalkan upaya Israel untuk membubarkan Hamas dan mengakhiri perang.

Operasi Israel di Gaza tidak dapat selesai sampai Yahya Sinwar ditangkap, dibunuh, atau tidak lagi dalam posisi untuk menjalankan organisasi tersebut, kata pejabat Israel dan mantan pejabat Israel dalam wawancara.

Hal ini juga ditegaskan oleh Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu saat pertemuan faksi Partai Likud awal bulan ini.

"Kami akan membunuh kepemimpinan Hamas. Kita tidak boleh mengakhiri perang sebelum hal itu terjadi," kata Netanyahu, dikutip dari Washington Post.

Para pejabat intelijen dan keamanan Israel, AS, dan Barat meyakini, menentukan lokasi Sinwar mungkin tidak sulit.

Baik secara taktis maupun politis, seperti melakukan operasi militer untuk menetralisirnya tanpa membunuh atau melukai banyak sandera yang diyakini berada di dekatnya.

"Ini bukan tentang menemukan dia, ini tentang melakukan sesuatu, tanpa mempertaruhkan nyawa para sandera," kata salah seorang pejabat senior Israel.

Sinwar diyakini berada di bunker di terowongan bawah tanah Kota Khan Younis, Gaza selatan, tempat ia dilahirkan.

Para pejabat AS mengatakan mereka setuju dengan penilaian Israel bahwa Sinwar bersembunyi di suatu tempat di bawah kampung halamannya dan telah mengepung dirinya dengan sandera.

Selama berbulan-bulan, militer dan dinas keamanan Israel telah memetakan jaringan terowongan yang luas di bawah Gaza dalam upaya memahami poin-poin penting dalam jaringan tersebut dan menemukan Sinwar.

Ketika tentara bergerak melalui terowongan, melucuti jebakan di sepanjang jalan, mereka menemukan file administratif Hamas, komputer dan direktori telepon yang menunjukkan "kantor" berbeda dalam jaringan, kata para pejabat.

Tentara Israel juga telah menemukan bukti bahwa Sinwar mungkin selangkah lebih maju dari mereka, kata Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant.

Menurut laporan pers Israel, tentara telah menemukan pakaian Sinwar, catatan bahwa ia menulis dengan tangan dan bahkan sikat gigi yang mungkin ia gunakan.

Dalam beberapa hari terakhir, beberapa pejabat berspekulasi bahwa Sinwar mungkin telah pindah beberapa mil jauhnya ke Rafah.

Para pejabat Israel secara terbuka membantah klaim pers bahwa Sinwar melarikan diri melewati perbatasan.

Operasi Militer di Rafah Tetap Dilakukan

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menegaskan dirinya tidak berniat menduduki Gaza secara permanen maupun menggusur penduduk Gaza. JERUSALEM POST Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menegaskan dirinya tidak berniat menduduki Gaza secara permanen maupun menggusur penduduk Gaza. JERUSALEM POST (JERUSALEM POST)

Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu mengatakan, operasi militer di Rafah akan tetap dilakukan, meski gencatan senjata di Gaza disepakati dengan Hamas.

"Ya, kemenangan sudah dekat, dan Anda tidak bisa meraih kemenangan sampai Anda melenyapkan Hamas," katanya kepada reporter CBS, dikutip dari The New Arab.

"Kita tidak bisa meninggalkan seperempat batalyon Hamas di Rafah dan berkata, ya, tidak apa-apa, mereka akan berada di sana."

"Ini seperti mengatakan seperempat ISIS akan dibiarkan dan memiliki wilayah yang ditentukan karena Anda tahu, mereka akan tetap berada di sana, segera menyusun kembali diri mereka sendiri," ungkapnya.

Netanyahu menegaskan kembali tujuan perangnya untuk "menghancurkan Hamas, membebaskan para sandera, dan memastikan bahwa Gaza tidak menimbulkan ancaman".

Dia sebelumnya menolak proposal gencatan senjata Hamas yang akan membebaskan para sandera dengan imbalan Israel membebaskan tahanan Palestina, segera memberlakukan gencatan senjata, dan menarik pasukan dari Gaza.

"Jadi kemenangan total penting untuk mencapai tujuan perang untuk menghancurkan Hamas, membebaskan sandera, dan memastikan bahwa Gaza tidak menimbulkan ancaman."

"Namun menurut saya juga penting untuk masa depan Timur Tengah yang damai," ungkapnya.

Badan-badan bantuan telah memberikan peringatan atas situasi di Gaza dengan penderitaan yang luar biasa di Rafah yang padat penduduknya.

Bahkan sekutu seperti AS dan Inggris telah memperingatkan Israel terhadap serangan terhadap Rafah yang mungkin membahayakan warga sipil.

Gencatan Senjata Bisa Terjadi Senin Depan

Presiden AS Joe Biden berbicara pada Makan Malam First in the Nation Carolina Selatan di South Carolina State Fairgrounds di Columbia, Carolina Selatan, pada 27 Januari 2024. Presiden AS Joe Biden berbicara pada Makan Malam First in the Nation Carolina Selatan di South Carolina State Fairgrounds di Columbia, Carolina Selatan, pada 27 Januari 2024. (Kent Nishimura / AFP)

Presiden AS, Joe Biden menaruh harapan besar terjadinya gencatan senjata antara Israel dengan Hamas di Jalur Gaza.

Biden berharap, gencatan senjata antara Israel dengan Hamas ini bisa terjadi pada Senin pekan depan.

"Saya berharap pada awal akhir pekan. Akhir akhir pekan. Penasihat keamanan nasionalku memberitahuku bahwa kita sudah dekat. Kami dekat. Kita belum selesai. Harapan saya adalah Senin depan kita bisa melakukan gencatan senjata," ujar Biden, dikutip dari Arab News.

Negosiasi sedang dilakukan untuk gencatan senjata selama berminggu-minggu antara Israel dan Hamas untuk memungkinkan pembebasan sandera yang ditahan di Gaza oleh kelompok militan tersebut dengan imbalan Israel membebaskan ratusan tahanan Palestina.

Usulan jeda pertempuran selama enam minggu juga termasuk mengizinkan ratusan truk mengirimkan bantuan yang sangat dibutuhkan ke Gaza setiap hari.

Para perunding menghadapi tenggat waktu tidak resmi untuk dimulainya bulan suci Ramadhan sekitar tanggal 10 Maret, periode yang sering kali menyaksikan meningkatnya ketegangan Israel-Palestina.

(Tribunnews.com/Whiesa)

Editor: Garudea Prabawati

Tag:  #israel #tuduh #pemimpin #hamas #yahya #sinwar #gunakan #sandera #sebagai #tamengnya #agar #ditangkap

KOMENTAR