Terlilit Skandal Penghindaran Wajib Militer, Jaksa Agung Ukraina Andriy Kostin Mengundurkan Diri
Jaksa Agung Ukraina Andriy Kostin. Jaksa Agung Ukraina Andriy Kostin mengundurkan diri pada hari Selasa (22/10/2024), menyusul skandal penghindaran wajib militer. 
17:20
25 Oktober 2024

Terlilit Skandal Penghindaran Wajib Militer, Jaksa Agung Ukraina Andriy Kostin Mengundurkan Diri

 Jaksa Agung Ukraina Andriy Kostin mengundurkan diri pada hari Selasa (22/10/2024), menyusul skandal penghindaran wajib militer.

Beredar kabar kalau ia menggunakan sertifikat cacat palsu untuk mendapatkan pensiun yang lebih besar dari negara dan mungkin menghindari wajib militer untuk berperang melawan pasukan Rusia.

Tetapi, dugaan penghindaran wajib militer tidak hanya melilit Kostin.

Anadolu Ajansı melaporkan, sekitar 50 jaksa di wilayah Khmelnytskyi di Ukraina barat dilaporkan memperoleh sertifikat cacat palsu dari seorang pejabat di dewan medis negara, yang melindungi mereka dari wajib militer yang sedang terdesak.

Pejabat itu ditangkap dan didakwa melakukan korupsi — skema penghindaran wajib militer itu diduga menghasilkan ratusan ribu dolar.

Setelah media Ukraina mengungkap skandal tersebut minggu lalu, Kantor Kejaksaan Agung meluncurkan penyelidikan internal yang menyebabkan gelombang inspeksi di seluruh sektor publik Ukraina.

Dinas Keamanan Ukraina (SBU), badan intelijen domestik, menangkap pejabat medis lain dari wilayah Mykolaiv dengan uang tunai yang tidak dilaporkan senilai $450.000.

Ia juga telah menerbitkan sertifikat disabilitas untuk dirinya dan putranya, yang memegang paspor Rusia, kata SBU.


Secara keseluruhan, sekitar 64 komisaris medis negara telah diberi "catatan kecurigaan," yang setara dengan tuduhan pidana di Ukraina yang belum diadili di pengadilan.

Sekitar 4.000 sertifikat disabilitas dibatalkan setelah audit, kata kepala SBU Vasyl Malyuk pada hari Selasa.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy menuntut Kostin untuk bertanggung jawab secara politik atas skandal tersebut.

Jaksa Agung mengakui bersalah, Politico melaporkan.

"Banyak fakta memalukan tentang penyalahgunaan wewenang telah ditetapkan dalam sistem kejaksaan Ukraina," kata Kostin dalam sebuah pernyataan pada hari Selasa.

"Presiden benar ... tidak hanya semua keputusan ilegal mengenai pemberian tunjangan cacat, pensiun yang sesuai, dan pembayaran lainnya harus dibatalkan.

"Saya berterima kasih kepada Presiden Ukraina dan [parlemen] Ukraina atas kepercayaan mereka. Namun dalam situasi ini, saya rasa sudah tepat untuk mengumumkan pengunduran diri [saya] dari jabatan Jaksa Agung," imbuhnya.

Kostin mengundurkan diri setelah pertemuan Dewan Keamanan dan Pertahanan Nasional, di mana Zelenskyy berjanji akan memeriksa semua sertifikat disabilitas serta proses pemberian disabilitas.

Banyak warga Ukraina yang ingin menghindarinya program wajib militer.

Mereka harus membayar uang dalam jumlah tertentu untuk mendapatkan sertifikat medis dan dokumen registrasi militer yang ditujukan untuk pria yang berusaha menghindari wajib militer disita.

Dikutip dari Ukrinform, Dinas Keamanan Ukraina (SBU) mengatakan, oknum-oknum tersebut memberikan layanan kepada para penghindari wajib militer dengan mematok harga hingga 12.000 dolar AS atau setara dengan Rp 188 juta per orang.

Kelompok itu telah mendapatkan uang 'jasa' sekitar 1 juta dolar AS atau Rp 15,6 miliar.

SBU mengungkapkan, belum lama ini telah menangkap sindikat yang meloloskan penghindar wajib militer.

Sebanyak 14 orang yang ditangkap ini bekerja secara profesional namun ilegal.

Mereka mengeluarkan sertifikat medis serta dokumen lainnya yang dibutuhkan untuk menghindari wajib militer.

"Setidaknya dalam penggeledahan, aparat menemukan sebanyak 1.000 lembar sertifikat. Sebanyak 250 segel dan stempel palsu disita, bersama dengan uang yang diyakini diperoleh melalui cara-cara ilegal," kata petugas SBU.

Petugas juga menemukan sejumlah uang yang diyakini berasal dari kegiatan ilegal itu.

Menurut materi kasus, para tersangka membantu para penghindar wajib militer menghindari wajib militer dengan menggunakan dokumen palsu dari komisi medis militer (MMC).

Untuk mencapai hal ini, anggota kelompok kriminal tersebut mendirikan fasilitas percetakan bawah tanah di rumah mereka tempat mereka membuat sertifikat MMC palsu yang menunjukkan ketidaklayakan untuk dinas karena alasan kesehatan.

Pemalsuan yang telah selesai diserahkan ke Pusat Perekrutan Teritorial (TRC) untuk menghapus para penghindar wajib militer dari catatan militer.

Biaya untuk 'layanan' ini berkisar antara USD 8.000 hingga USD 12.000 per klien. Menurut data yang tersedia, kelompok tersebut 'meraup' lebih dari UAH 40 juta (sekitar USD 1 juta) secara total.

Para penjahat menemukan klien potensial melalui koneksi pribadi, termasuk di antara personel militer aktif yang berusaha diberhentikan secara ilegal dari dinas.

Petugas SBU mendokumentasikan tindakan kriminal para tersangka dan menangkap mereka di tempat tinggal mereka.

Sebagaimana dilaporkan oleh Ukrinform, penegak hukum di wilayah Odesa memblokir saluran yang memfasilitasi keberangkatan ilegal para pengelak wajib militer ke luar negeri dengan kedok pengemudi truk.

(Tribunnews.com, Andari Wulan Nugrahani)

Editor: Tiara Shelavie

Tag:  #terlilit #skandal #penghindaran #wajib #militer #jaksa #agung #ukraina #andriy #kostin #mengundurkan #diri

KOMENTAR