Tujuh Negara Tolak Ukraina Gabung NATO, Ada yang Tak Sudi Karena Picu Perang Dunia III
Tujuh negara tolak Ukraina jadi Anggota NATO 
16:40
25 Oktober 2024

Tujuh Negara Tolak Ukraina Gabung NATO, Ada yang Tak Sudi Karena Picu Perang Dunia III

Keinginan Ukraina untuk bergabung dengan Aliansi Pertahanan Atlantik Utara (NATO) nampaknya masih sulit berhasil.

Negara-negara utama blok pertahanan terbesar di dunia itu enggan menerima bangsa yang sedang dicabik perang melawan Rusia menjadi anggotanya.

Media Barat, Politico mengabarkan setidaknya ada tujuh negara NATO yang menolak Ukraina masuk ke aliansi mereka.

Negara-negara tersebut adalah:
  1. Amerika Serikat 
  2. Jerman 
  3. Belgia 
  4. Slovenia 
  5. Spanyol
  6. Hongaria 
  7. Slowakia 

Politico memberitakan, empat sumber pejabat AS dan NATO menginformasikan bahwa AS dan Jerman sengaja memperlambat menerima bergabungnya Ukraina ke NATO.

Washingtton dan Berlin sangat khawatir jika Kiev bergabung dalam pakta pertahanan tersebut, maka semua akan terlibat dalam perang dengan Rusia

Perang Dunia III diperkirakan bakal terjadi, karena para sekutu Rusia seperti China, Iran dan Korea Utara pun tidak akan tinggal diam.

Kanselir Jerman Olaf Scholz mengatakan bahwa peperangan dengan eskalasi lebih besar lagi bakalan terjadi. Sementara tugasnya adalah untuk mencegah konflik itu terus terjadi.


"Kiev akan menjadi anggota NATO jika persyaratan tertentu telah dipenuhi," ujar Scholz.

Salah satu syarat terpenuhinya suatu negara menjadi anggota NATO tersebut adalah negara yang tidak sedang berkonflik. Hal itu juga terjadi pada Swedia dan Finlandia yang akhirnya masuk NATO setelah Rusia menginvasi Ukraina.

"Sampai saat ini, belum mencapai titik di mana ia siap untuk menawarkan keanggotaan atau undangan kepada Ukraina," kata Duta Besar AS untuk NATO Julianne Smith kepada Politico dikutip Tribun pada Jumat (25/10/2025).

Perdana Menteri Hongaria Viktor Orban yang dikenal dekat dengan pemimpin Rusia Vladimir Putin menyebut rencana Zelensky benar-benar “mengerikan,”.

"Ukraina tidak akan pernah mampu memenuhi harapannya untuk menjadi anggota Uni Eropa atau NATO," kata Orban.

Sedangkan pemimpin Slowakia Robert Fico tak sudi Ukraina masuk NATO. Fico bersumpah untuk menolak negara itu bergabung menjadi anggota NATO selama ia menjabat sebagai perdana menteri.

"Saya akan mengarahkan para anggota parlemen di bawah kendali saya sebagai ketua partai (Smer yang berkuasa) untuk tidak pernah menyetujui Ukraina bergabung dengan NATO," katanya kepada penyiar STVR.

"Aksesi Ukraina ke NATO akan menjadi dasar yang baik untuk perang dunia ketiga," tegas Fico.

Perdana Menteri Slovakia Robert Fico dalam video pidato yang dirilis melalui Facebook Perdana Menteri Slovakia Robert Fico 

Fico dikenal sangat vokal terhadap kepemimpinan Volodymyr Zelensky. Ia juga tidak setuju dengan Barat yang terus memberikan dukungan militer dan keuangan Barat terhadap Ukraina hingga perang tak pernah selesai.

Sementara tiga negara lain yang tak ingin Ukraina gabung NATO adalah Belgia, Slovenia atau Spanyol. Meski demikian, ketiganya tidak berani terang-terangan menolak keanggotaan Kiev.

Menurut Politico, negara-negara tersebut hanya bersembunyi di balik pernyataan AS dan Jerman, dua anggota yang sangat berpengaruh di aliansi tersebut. Namun mereka tetap disebut tak ingin Ukraina gabung NATO.

Volodymyr Zelensky sangat 'ngebet' negaranya diterima masuk NATO. Pasalnya dengan bergabungnya Ukraina ke NATO maka, Ruaia bakal menjadi musuh bersama dan bisa dikeroyok puluhan negara lain yang telah bergabung, terutama di Uni Eropa.

Zelensky mengatakan hal itu dalam 'rencana kemenangannya' saat pidato pertemuan menteri pertahanan NATO di ibu kota Belgia, Brussel, pada hari Kamis (17/10/2024).

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky berbicara dalam konferensi tahunan Platform Krimea di Kyiv, Ukraina, pada Jumat (13/9/2024). Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky ngebet negaranya bergabung dengan NATO

Zelensky mengatakan bahwa perang melawan Rusia, ancaman terbesar bagi Eropa dan perdamaian dunia. Ia juga mengatakan bahwa negaranya layak menjadi anggota NATO suatu hari nanti.

Sedangkan pemimpin Rusia Vladimir Putin mengatakan bahwa keinginan Ukraina bergabung dengan NATO merupakan salah satu alasan militernya melakukan invasi pada Februari 2024.

Bergabungnya Ukraina di NATO dalam bentuk teritorial apa pun sama sekali tidak dapat diterima oleh Rusia dan tidak dapat menjadi bagian dari rencana perdamaian atau inisiatif mediasi apa pun.

Konten ini disempurnakan menggunakan Kecerdasan Buatan (AI).

Editor: Hendra Gunawan

Tag:  #tujuh #negara #tolak #ukraina #gabung #nato #yang #sudi #karena #picu #perang #dunia

KOMENTAR