Indonesia Usir Kapal Patroli China dari Natuna Utara, Beijing Lagi Ngetes Prabowo?
Insiden pengusiran kapal patroli perbatasan China, China Coast Guard 5402 (CCG 5402) oleh Bakamla, Senin, 20 Oktober 2024. Begini posisi kapal patroli China dan KN Tanjung Datu dan KRI Sutedi. 
08:50
25 Oktober 2024

Indonesia Usir Kapal Patroli China dari Natuna Utara, Beijing Lagi Ngetes Prabowo?

Kapal patroli penjaga pantai Indonesia mengusir sebuah kapal penjata pantai China dari perairan Natuna Utara karena mengganggu aktivitas eksplorasi minyak dan gas yang dilakukan PT Pertamina East Natuna di Laut Natuna Utara, Kamis, 24 Oktober 2024.

Pengamat menilai, manuver kapal penjaga pantai China ini memang disengaja oleh Beijing untuk menguji reaksi pemerintahan baru yang dipimpin Presiden Prabowo Subianto.

Badan Keamanan Laut atau Bakamla RI mengatakan pada hari Senin, pihaknya telah mengawal kapal China Coast Guard 5402 (CCG 5402) yang “mengganggu survei seismik dan kegiatan pemrosesan data yang dilakukan oleh perusahaan minyak PT Pertamina East Natuna menggunakan kapal MV Geo Coral.

Menurut SeaLight, sebuah perusahaan penelitian yang memantau serangan ilegal kapal Tiongkok ke perairan negara lain, CCG 5402 tiba di Laut Natuna Utara pada 19 Oktober untuk “membebaskan” kapal Tiongkok lainnya CCG5302.

Badan Keamanan Laut (Bakamla) dalam pernyatan resmi menyatakan telah mengusir kapal Coast Guard China (CCG) 5402 yang beroperasi di Laut Natuna Utara.

Pengusiran kapal patroli China Insiden pengusiran kapal patroli perbatasan China, China Coast Guard 5402 (CCG 5402). Begini posisi kapal patroli China dan KN Tanjung Datu dan KRI Sutedi.

Direktur Operasi Laut Bakamla RI Laksma Bakamla Octavianus Budi Susanto mengirim KN Pulau Dana-323 untuk melaksanakan intercept atau pencegatan setelah mendapat laporan keberadaan kapal CCG 5402. 

"Pukul 07.30 WIB, KN Pulau Dana-323 melakukan kontak komunikasi namun tidak direspon oleh kapal CCG 5402, justru malah mendekati serta mengganggu MV Geo Coral yang sedang melakukan kegiatan survei," kata keterangan resmi Humas Bakamla RI pada Kamis (24/10/2024).


Kapal penjaga pantai Tiongkok sebenarnya telah beberapa kali terlihat di zona ekonomi eksklusif (ZEE) Indonesia.

Manuver kapal penjaga pantai China tersebut dilakukan hanya berselang sehari setelah Prabowo Subianto mengambil alih kursi kepresidenan Indonesia dari Joko Widodo.

China selama ini mengklaim kedaulatan atas hampir seluruh Laut Cina Selatan melalui “sembilan garis putus-putus” di petanya yang memotong perairan ZEE Malaysia, Brunei, Filipina, Indonesia, dan Vietnam sepanjang 200 mil laut.

Pengadilan Arbitrase Permanen di Den Haag pada tahun 2016 mengatakan bahwa klaim Tiongkok tidak memiliki dasar berdasarkan hukum internasional, sebuah keputusan yang tidak diakui oleh Beijing.

Insiden tersebut terjadi di kepulauan Natuna di Indonesia, sekitar 1.500 km dari pulau Hainan di Tiongkok. Lokasi pastinya masih belum jelas.

Kapal penjaga pantai China pada hari Senin bersikeras mengklaim bahwa wilayah tersebut adalah yurisdiksi China.

“Bakamla akan terus berpatroli dan memantau secara intensif perairan Natuna Utara untuk memastikan pengumpulan data seismik dapat berjalan tanpa mengganggu kedaulatan Indonesia,” sebut Bakamla, Senin.

Pada hari Kamis, kapal patroli China kembali tetapi dicegat dan kembali diusir. Namun tidak memberikan rincian tentang apa yang dilakukan kapal tersebut.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Lin Jian mengatakan pada hari Kamis bahwa kapal penjaga pantainya melakukan “pelayaran rutin di perairan di bawah yurisdiksi Tiongkok sesuai dengan hukum internasional dan hukum domestik”.

Juru bicara tersebut menambahkan bahwa China bersedia memperkuat konsultasi dengan Indonesia “untuk menangani masalah maritim antara kedua negara dengan benar”.

China menegaskan klaim kedaulatannya dengan armada kapal penjaga pantai yang dikerahkan di seluruh Laut Cina Selatan, beberapa di antaranya dituduh oleh negara tetangganya melakukan perilaku agresif dan mencoba mengganggu aktivitas energi dan perikanan.

Tiongkok biasanya mengatakan penjaga pantainya beroperasi secara sah untuk mencegah pelanggaran teritorial di perairannya.

Pada tahun 2021, kapal-kapal dari Indonesia dan Tiongkok saling membayangi selama berbulan-bulan di dekat anjungan minyak submersible yang sedang melakukan penilaian sumur di Laut Natuna.

China saat itu mendesak Indonesia untuk menghentikan pengeboran di wilayahnya.

Menteri Pertahanan Sjafrie Sjamsoeddin, Kamis lalu bertemu dengan Duta Besar China di Jakarta.

Kementerian Pertahanan RI dalam pernyataannya mengatakan Indonesia meningkatkan kerja sama pertahanan dengan Tiongkok, termasuk latihan gabungan. Pernyataan tersebut tidak menyebutkan insiden kapal penjaga pantai yang baru saja terjadi.

Tag:  #indonesia #usir #kapal #patroli #china #dari #natuna #utara #beijing #lagi #ngetes #prabowo

KOMENTAR