2 Pabrik Semikonduktor TSMC Taiwan di Kumamoto Dapat Bantuan dari Pemerintah Jepang
Pabrik semikonduktor TSMC Kumamoto Jepang. Pabrik semikonduktor TSMC Taiwan di Kumamoto Jepang dapat bantuan tahap pertama dari pemerintah Jepang sebesar 476 miliar yen. Sementara itu pabrik kedua akan dibangun dengan subsidi pemerintah hingga sekitar 730 miliar yen. 
10:50
25 Pebruari 2024

2 Pabrik Semikonduktor TSMC Taiwan di Kumamoto Dapat Bantuan dari Pemerintah Jepang

- Pabrik semikonduktor TSMC Taiwan di Kumamoto Jepang dapat bantuan tahap pertama dari pemerintah Jepang sebesar 476 miliar yen.

Sementara itu pabrik kedua akan dibangun dengan subsidi pemerintah hingga sekitar 730 miliar yen.

"Pabrik pertama yang dibangun di Jepang oleh TSMC (Taiwan Semiconductor Manufacturing Company Limited), produsen semikonduktor kontrak terbesar di dunia, telah selesai di Prefektur Kumamoto dan upacara pembukaan dilakukan hari ini," ungkap sumber Tribunnews.com di pemerintahan Jepang.

Perusahaan juga berencana untuk membangun pabrik kedua, dan pemerintah mempromosikan daya tarik industri semikonduktor, yang menjadi semakin penting dengan dukungan besar.

Upacara pembukaan pabrik semikonduktor TSMC yang dibangun di Kikuyo-cho, Prefektur Kumamoto, berlangsung Sabtu (24/2/2024).

Upacara dihadiri manajemen puncak perusahaan serta Menteri Ekonomi, Perdagangan dan Industri (METI) Ken Saito.

Jumlah investasi di pabrik baru berjumlah sekitar 8,6 miliar dolar atau sekitar 1,29 triliun yen.

Pemerintah Jepang akan mensubsidi hingga 476 miliar yen karena semikonduktor penting untuk keamanan ekonomi.

Perusahaan akan memulai produksi skala penuh di pabrik baru pada akhir tahun ini.

Perusahaan juga telah memutuskan untuk membangun pabrik kedua, dan pemerintah berencana untuk mensubsidi hingga sekitar 730 miliar yen.

Kedua pabrik tersebut akan memproduksi semikonduktor 40 nanometer dan semikonduktor canggih 6 hingga 7 nanometer untuk berbagai industri, termasuk otomotif.

Dengan latar belakang konfrontasi AS-China dan kekurangan pasokan yang disebabkan oleh pandemi virus corona, negara-negara memperkuat pengembangan dan produksi semikonduktor mereka, memposisikannya sebagai komoditas penting.

Secara khusus, terlepas dari kenyataan bahwa semikonduktor canggih sangat diperlukan untuk AI dan teknologi mengemudi otonom, Jepang tertinggal jauh, sehingga pemerintah ingin menarik pangkalan dengan dukungan besar dan mengarah pada ekspansi produksi.

Namun, daya saing internasional industri semikonduktor Jepang menurun, dengan pengecualian beberapa bagian seperti peralatan dan bahan manufaktur, dan insinyur pengamanan dan pelatihan merupakan masalah untuk mengejar ketinggalan.

Dengan pembukaan pabrik raksasa TSMC di Kumamoto, sekaligus perputaran perekonomian Kumamoto juga berjalan dengan baik.

Penjualan restoran saat ini meningkat sekitar 200 persen dibandingkan masa lalu.

Hotel atau penginapan pun mulai sulit dibooking di Kumamoto karena kegiatan ekonomi yang sangat meningkat akibat datangnya TSMC di Kumamoto.

Sementara itu bagi para UKM Handicraft dan pecinta Jepang yang mau berpameran di Tokyo dapat bergabung gratis ke dalam whatsapp group Pecinta Jepang dengan mengirimkan email ke: [email protected] Subject: WAG Pecinta Jepang. Tuliskan Nama dan alamat serta nomor whatsapp.

Editor: Dewi Agustina

Tag:  #pabrik #semikonduktor #tsmc #taiwan #kumamoto #dapat #bantuan #dari #pemerintah #jepang

KOMENTAR