Israel dan Hizbullah Memanas ketika Blinken Berusaha Ciptakan Perdamaian di Timur Tengah
Gelombang salvo roket dari Lebanon yang ditembakkan Hizbullah ke sejumlah wilayah pendudukan Israel, Rabu (23/10/2024). Serangan ini sebagai pembalasan kematian calon sekjen Hizbullah, Hashem Safieddine yang tewas dalam serangan udara Israel di Beirut beberapa pekan lalu. 
07:50
24 Oktober 2024

Israel dan Hizbullah Memanas ketika Blinken Berusaha Ciptakan Perdamaian di Timur Tengah

Kedatangan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Antony Blinken, ke Timur Tengah tak mengurangi intensitas serangan antara Israel dan Hizbullah.

Israel dan Hizbullah saling melempar serangan saat Blinken berusaha menciptakan perdamaian di Timur Tengah.

Israel telah menggempur pinggiran selatan ibu kota Lebanon, Beirut, dan mengakibatkan kolom api tebal membubung tinggi ke laingit.

Sementara itu, Hizbullah menembakkan rudal presisi untuk pertama kalinya dan meluncurkan jenis drone baru ke target-target Israel.

Sirene terus berbunyi di Tel Aviv dan kota-kota sekitarnya ketika Hizbullah menembakkan rudal tersebut.

Dikutip dari Reuters, militer Israel mengatakan empat proyektil diidentifikasi ditembakkan dari Lebanon, dua dicegat, satu jatuh di area terbuka dan satu lagi diidentifikasi jatuh di area tersebut.

Tidak ada indikasi langsung bahwa fasilitas pertahanan di sekitar Tel Aviv terkena serangan.

Pertukaran tembakan yang semakin intensif terjadi saat Washington melakukan dorongan besar terakhir untuk perdamaian antara Israel dan kelompok-kelompok yang didukung Iran, Hizbullah, dan Hamas.


Usaha Blinken ini harus dilakukan sebelum pemilihan presiden AS tanggal 5 November yang dapat mengubah kebijakan AS.

Washington telah meminta Israel untuk berbuat lebih banyak untuk membantu warga Gaza, yang telah menghadapi pemboman hampir setiap hari dan penghancuran rumah mereka oleh pasukan Israel.

Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin mengatakan kepada mitranya dari Israel bahwa Washington sangat prihatin dengan laporan serangan terhadap angkatan bersenjata Lebanon.

Austin juga mendesak Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant untuk memastikan Israel mengambil langkah-langkah untuk menjamin keselamatan dan keamanan angkatan bersenjata Lebanon dan misi penjaga perdamaian PBB di Lebanon, kata Pentagon.

Blinken, yang telah melakukan perjalanan ke Timur Tengah secara berkala selama perang, melakukan perjalanan pertamanya sejak Israel membunuh pemimpin Hamas Yahya Sinwar.

Namun, konflik tersebut tampak menyebar, dengan serangan baru sekitar tengah hari pada hari Rabu di Tyre, kota pelabuhan yang terdaftar dalam situs warisan dunia UNESCO di Lebanon selatan, yang juga terjadi setelah adanya perintah evakuasi Israel.

Puluhan ribu orang telah meninggalkan Tyre saat Israel meningkatkan kampanyenya untuk menghancurkan Hizbullah di Lebanon dan Hamas di Gaza.

Pelabuhan itu biasanya ramai dengan nelayan, wisatawan, dan bahkan pasukan penjaga perdamaian PBB yang sedang beristirahat dari tugas.

Perintah evakuasi Israel minggu ini untuk pertama kalinya mencakup sebagian besar wilayah Tyre, hingga ke kastil kunonya.

Militer Israel mengatakan telah menargetkan pusat komando dan kendali Hizbullah di sana, termasuk markas besarnya di garis depan selatan.

Belum ada komentar langsung dari Hizbullah.

Wali Kota Tyre, Hassan Dabouq, mengatakan situs bersejarah kota itu tidak terkena serangan.

Sementara di Gaza, otoritas kesehatan dan penduduk melaporkan 42 orang tewas dalam serangan baru Israel, sebagian besar di utara.

Di antara yang tewas adalah Mohammed dan Bilal Abu Atwi - seorang pengemudi badan bantuan PBB UNRWA dan saudaranya - tewas dalam serangan yang meledakkan kendaraan mereka yang bertanda PBB di Deir al-Balah.

Washington bermaksud mencegah meluasnya konflik dengan mengantisipasi pembalasan Israel atas serangan rudal Iran pada 1 Oktober.

Blinken mengatakan pembalasan Israel seharusnya tidak mengarah pada eskalasi yang lebih besar.

Blinken bertemu dengan pejabat Israel termasuk Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, kemudian melakukan perjalanan ke Arab Saudi untuk bertemu Putra Mahkota Mohammed bin Salman.

Pertemuan Blinken dengan Putra Mahkota Saudi

Gambar selebaran yang disediakan oleh Saudi Press Agency (SPA) menunjukkan Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman (kanan) menerima Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken (kiri) di Riyadh pada 5 Februari 2024. Gambar selebaran yang disediakan oleh Saudi Press Agency (SPA) menunjukkan Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman (kanan) menerima Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken (kiri) di Riyadh pada 5 Februari 2024. (SPA / AFP)

Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman, menerima Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken di Riyadh pada hari Rabu (23/10/2024).

Blinken tiba di Arab Saudi setelah mengakhiri kunjungan ke Israel.

Di Israel, ia mendesak para pemimpin untuk menggunakan kesempatan untuk mengakhiri perang di Gaza yang disebabkan oleh kematian pemimpin Hamas Yahya Sinwar dan hancurnya sebagian besar kapasitas kelompok tersebut selama lebih dari setahun konflik.

Selama melakukan pertemuan, keduanya nampak meninjau hubungan Saudi-Amerika dan bidang kerja sama bersama.

Mereka juga membahas perkembangan regional dan internasional terkini termasuk perkembangan di Gaza dan Lebanon, dan upaya yang dilakukan untuk menghentikan operasi militer dan menangani dampak keamanan dan kemanusiaannya.

Blinken juga akan melakukan perjalanan ke London akhir minggu ini setelah mengunjungi Timur Tengah, kata juru bicara Departemen Luar Negeri Matthew Miller pada hari Rabu.

Diplomat tinggi AS itu akan mengadakan pertemuan dengan para pemimpin Arab di ibu kota Inggris setelah pembicaraan pada hari Kamis di Qatar, kata Miller.

"Sekarang saatnya untuk mengubah keberhasilan itu menjadi keberhasilan strategis yang langgeng," kata Blinken kepada wartawan, dikutip dari Arab News.

"Fokusnya harus pada membawa pulang para sandera, mengakhiri perang ini dan memiliki rencana yang jelas untuk apa yang terjadi selanjutnya," lanjutnya.

Blinken melakukan dorongan besar pertamanya untuk gencatan senjata di Gaza dan Lebanon sejak Israel membunuh pemimpin Hamas minggu lalu - dan yang terakhir sebelum pemilihan presiden yang dapat mengubah kebijakan AS di wilayah tersebut.

Pemerintah Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu belum merumuskan visi yang jelas untuk Gaza setelah perang tersebut, selain menyatakan bahwa kapasitas militer dan pemerintahan kelompok militan Palestina Hamas perlu dibubarkan sepenuhnya.

Ada kekhawatiran luas di antara warga Palestina bahwa Israel bermaksud untuk memaksa warga keluar dari sebagian besar Jalur Gaza untuk memungkinkan kontrol Israel yang lebih besar atas wilayah tersebut dan berpotensi memungkinkan pemukim Yahudi untuk kembali setelah penarikan mereka pada tahun 2005.

Blinken mengulangi bahwa Amerika Serikat menolak pendudukan Israel apa pun di Gaza.

Ia mengatakan bahwa dirinya telah diyakinkan oleh Netanyahu bahwa Israel tidak memiliki rencana seperti itu, meskipun ada tekanan dari banyak orang di partainya sendiri untuk mengizinkan pemukim kembali.

"Itu adalah kebijakan AS, dan akan tetap menjadi kebijakan AS, dan itu juga, sejauh pemahaman saya, kebijakan pemerintah Israel, yang saya dengar dari perdana menteri, yang merupakan orang yang berwenang dalam hal ini," ungkap Blinken.

(Tribunnews.com/Whiesa)

Editor: Febri Prasetyo

Tag:  #israel #hizbullah #memanas #ketika #blinken #berusaha #ciptakan #perdamaian #timur #tengah

KOMENTAR