Setelah Rusia Caplok Avdiivka, 1.000 Tentara Ukraina Diduga Jadi Tawanan Perang
Prajurit Ukraina bersiap untuk bergerak ke garis depan dekat kota Bakhmut, pada 8 Maret 2023, di tengah invasi Rusia ke Ukraina. --- Rusia diduga menahan 1.000 tentara Ukraina yang dinyatakan hilang saat mundur dari Avdiivka. 
18:30
21 Pebruari 2024

Setelah Rusia Caplok Avdiivka, 1.000 Tentara Ukraina Diduga Jadi Tawanan Perang

Rusia berhasil mencaplok Kota Avdiivka di timur Donetsk, Ukraina, pada pekan lalu, yang disusul penarikan pasukan Ukraina.

Media Amerika Serikat (AS), The New York Times, memperkirakan Rusia mungkin telah menangkap lebih dari 1.000 tentara Ukraina, yang dinyatakan hilang ketika mundur dari Avdiivka.

"‌Sumber-sumber Barat dan Ukraina mengatakan antara 850 hingga 1.000 tentara tampaknya telah ditawan atau tidak diketahui keberadaannya setelah mundurnya pasukan tersebut," lapor The New York Times, Selasa (20/2/2024).

Pekan lalu, Panglima Angkatan Bersenjata Ukraina, Oleksandr Syrskyi, memutuskan untuk menarik seluruh pasukannya dari Avdiivka.

Ia mengatakan penarikan itu untuk menyusun posisi baru yang lebih menguntungkan bagi Ukraina.

Kepanikan Ukraina

Penarikan pasukan Ukraina digambarkan sebagai hal yang tidak direncanakan.

Para komandan Ukraina bahkan telah menunggu terlalu lama dalam memerintahkan penarikan pasukan.

Bahkan, ‌Brigade Serangan Terpisah ke-3 Ukraina telah dikerahkan untuk mengulur waktu bagi pasukannya yang dilanda pertempuran.

Namun, unit elit itu tidak mampu memperlambat kemajuan Rusia untuk mengeluarkan semua tentaranya.

‌Situasi menjadi kacau ketika pasukan Ukraina mengambil satu-satunya jalan beraspal yang tersedia bagi mereka – yang dikepung di tiga sisi – untuk melarikan diri dari Avdiivka.

Jalan raya tersebut, yang oleh warga Ukraina dijuluki jalan kehidupan, diserang langsung oleh pasukan Rusia awal Februari ini.

Beberapa unit Ukraina di lapangan dilaporkan tidak menyadari perintah untuk mundur.

Sementara unit lainnya sudah mulai meninggalkan posisi pertahanan mereka di Avdiivka.

‌Rekaman medan perang yang belum diverifikasi dan dibagikan di media sosial menunjukkan pasukan Ukraina mundur di bawah tembakan artileri berat dan mayat-mayat berserakan di sepanjang jalan.

Jaksa Ukraina di wilayah timur Donetsk mengatakan pihaknya sedang menyelidiki penembakan terhadap tawanan perang Ukraina yang tidak bersenjata di Avdiivka.

Rusia Beri Penghargaan ke Pasukannya di Avdiivka

Menyusul penarikan pasukan Ukraina, pasukan Rusia mulai menguasai kota Avdiivka.

Hari ini, Kepala Staf Umum Angkatan Bersenjata Rusia, Valeyr Gerasimov, mengunjungi komando pasukan Pusat di Ukraina.

Ia menyerahkan medali kepada tentara Rusia yang menonjol dalam pertempuran di Avdiivka.

“(Gerasimov) menyerahkan medali dan medali keberanian kepada personel militer paling terkemuka selama pembebasan Avdiivka, dan berterima kasih atas keberanian dan keberanian mereka. dalam pertempuran," katanya dalam pernyataan Kementerian Pertahanan Rusia, Rabu (21/2/2024).

Mereka kemudian mendengarkan laporan Letnan Jenderal Andrei Mordvichev, yang memimpin pertempuran untuk Avdiivka, mengenai tindakan masa depan di wilayah tersebut.

(Tribunnews.com/Yunita Rahmayanti)

Berita lain terkait Rusia dan Ukraina

Editor: Nuryanti

Tag:  #setelah #rusia #caplok #avdiivka #1000 #tentara #ukraina #diduga #jadi #tawanan #perang

KOMENTAR