Inkonsistensi AS soal Nasib di Gaza: Teriakkan Gencatan Senjata, tapi Veto Resolusi PBB
Dewan Keamanan PBB bertemu mengenai situasi di Timur Tengah, termasuk masalah Palestina, di markas besar PBB di New York pada tanggal 22 Desember 2023. - Amerika Serikat telah menunjukkan inkonsistensinya ketika pemungutan suara di Dewan Keamanan PBB soal gencatan senjata di Gaza. AS telah memveto resolusi yang menuntut gencatan senjata segera di Gaza. 
15:00
21 Februari 2024

Inkonsistensi AS soal Nasib di Gaza: Teriakkan Gencatan Senjata, tapi Veto Resolusi PBB

Amerika Serikat (AS) kembali menunjukkan inkonsistensi di sidang Dewan Keamanan PBB.

Dalam pemungutan suara di Dewan Keamanan PBB, AS memveto resolusi yang menuntut gencatan senjata segera di Gaza, Selasa (20/2/2024).

AS memveto resolusi tersebut karena telah mengusulkan rancangannya sendiri yang mendesak gencatan senjata sementara.

Washington menyebut, resolusi yang diusulkan Aljazair akan "membahayakan" perundingan untuk mengakhiri perang.

Veto AS ini memunculkan kemarahan dan kekecewaan dunia, termasuk para sekutunya yang menyatakan penyesalannya karena mosi gencatan senjata awalnya dihalangi oleh Gedung Putih.

Dikutip dari BBC, dalam resolusinya sendiri, AS memperingatkan Israel untuk tidak menyerang Kota Rafah.

Sebanyak 13 negara dari 15 negara anggota mendukung resolusi Aljazair, sementara Inggris abstain.

Duta Besar AS untuk PBB, Linda Thomas-Greenfield mengatakan, ini bukan saat yang tepat untuk menyerukan gencatan senjata segera, sementara negosiasi antara Hamas dan Israel terus berlanjut.

Rancangan resolusi yang diajukan AS menyerukan gencatan senjata sementara "secepat mungkin" dan dengan syarat semua sandera dibebaskan, serta mendesak agar hambatan bantuan mencapai Gaza dicabut.

Namun, masih belum jelas apakah atau kapan Dewan Keamanan PBB akan melakukan pemungutan suara mengenai kata-kata yang diusulkan oleh Washington.

Setelah AS memveto resolusi gencatan senjata Aljazair, utusan negara Afrika utara tersebut untuk PBB mengatakan bahwa mereka "akan mengirimkan pesan yang kuat kepada rakyat Palestina" dan menyatakan bahwa "sayangnya Dewan Keamanan sekali lagi gagal".

"Ujilah hati nuranimu, bagaimana sejarah akan menilaimu," kata utusan Aljazair, Amar Bendjama.

Perwakilan Palestina untuk PBB Riyad Mansour mengatakan veto AS "benar-benar ceroboh dan berbahaya".

Kecaman keras juga datang dari sederet sekutu Israel dan AS.

Perwakilan Prancis, Nicolas de Riviere menyatakan penyesalannya bahwa resolusi tersebut "tidak diadopsi mengingat situasi bencana di lapangan".

Padahal ke-15 anggota Dewan Keamanan telah merundingkan resolusi yang didukung Arab selama tiga minggu.

Aljazair, perwakilan Arab di dewan tersebut, menunda pemungutan suara atas permintaan Washington.

Sementara Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken baru-baru ini berada di wilayah tersebut, berharap mendapatkan kesepakatan yang disandera.

Namun Qatar mengatakan pada hari Sabtu bahwa perundingan tersebut "belum berjalan seperti yang diharapkan", yang menyebabkan Kelompok Arab pada akhir pekan memutuskan bahwa mereka telah memberikan cukup waktu kepada AS dan memasukkan resolusi mereka dalam bentuk final pada pemungutan suara hari Selasa.

Teriakkan Gencatan Senjata Sementara, Tapi jadi Jeda

Presiden AS Joe Biden dan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu di Tel Aviv pada 18 Oktober 2023. Presiden AS Joe Biden dan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu di Tel Aviv pada 18 Oktober 2023. (Brendan Smialowski / AFP)

Presiden AS, Joe Biden menghabiskan waktu berbulan-bulan menginginkan "jeda" dalam pertempuran antara Israel dan Hamas di Gaza.

Namun seiring Israel mempersiapkan serangan darat di Rafah, retorikanya bergeser untuk menekankan perlunya "gencatan senjata sementara".

Kedengarannya seperti perbedaan retoris, namun hal ini membuat Biden semakin dekat dengan banyak orang di seluruh dunia dan para kritikus di Partai Demokrat yang menginginkan gencatan senjata permanen dalam perang yang telah menewaskan hampir 30.000 warga Palestina.

Dikutip dari Reuters, Duta Besar AS untuk PBB Linda Thomas-Greenfield membantah adanya perubahan bahasa yang disengaja.

"Ini mencerminkan apa yang telah kami lakukan selama ini," katanya kepada wartawan, Selasa (20/2/2024).

Hingga rancangan proposal yang telah disiapkan AS dibuat, Washington menghindari kata gencatan senjata dalam kaitannya dengan tindakan PBB terhadap perang Israel-Hamas.

Teks baru AS mencerminkan bahasa yang digunakan Biden secara terbuka bulan ini tentang situasi tersebut.

"Sekarang saya berusaha sangat keras untuk menangani gencatan senjata penyanderaan ini karena, seperti yang Anda tahu, saya telah bekerja tanpa kenal lelah dalam kesepakatan ini," kata Biden pada 8 Februari 2024 lalu.

Delapan hari kemudian dia mengatakan dirinya telah mengadakan pembicaraan ekstensif dengan Netanyahu mengenai topik gencatan senjata.

"Saya telah menyatakan hal ini - dan saya sangat yakin akan hal ini - bahwa harus ada gencatan senjata sementara untuk mengeluarkan para tahanan, untuk mengeluarkan para sandera. Dan hal itu sedang dilakukan. Saya masih berharap hal itu bisa dilakukan," ucap Biden pada 16 Februari 2024.

Hal ini berbeda dengan penyebutan "jeda" ketika kesepakatan penyanderaan sebelumnya dinegosiasikan pada bulan November.

"Saya ingin jeda ini terus berlanjut selama tahanan terus keluar," ujar Biden pada 26 November 2023 lalu.

Para pejabat AS mengatakan perubahan bahasa yang dilakukan Biden tidak ada hubungannya dengan para pengkritiknya.

Sebaliknya, kata mereka, hal ini mencerminkan upaya intens untuk menegosiasikan kesepakatan antara Israel dan Hamas untuk menghentikan pertempuran selama enam hingga delapan minggu dengan imbalan pembebasan sandera yang ditahan di Gaza dan mempercepat pengiriman bantuan kemanusiaan kepada warga sipil.

Pemikiran di Gedung Putih adalah jika pertempuran bisa dihentikan selama itu, maka gencatan senjata yang lebih lama bisa terjadi.

Namun serangan Israel yang direncanakan di Rafah, kota Gaza selatan di mana lebih dari satu juta warga Palestina mengungsi, akan mempersulit upaya untuk menghentikan pertempuran tersebut.

Para pejabat AS bersikeras bahwa Biden tidak menyerukan gencatan senjata permanen, sebuah cerminan dari firasatnya bahwa Israel memiliki hak untuk mempertahankan diri setelah militan Hamas membunuh 1.200 orang di Israel selatan pada 7 Oktober.

Aaron David Miller, peneliti senior di Carnegie Endowment for International Peace dan pakar Timur Tengah, mengatakan perubahan retorika Biden tidak mencerminkan perubahan besar tetapi mencerminkan kekhawatiran pemerintah atas potensi serangan Rafah.

(Tribunnews.com/Whiesa)

Editor: Sri Juliati

Tag:  #inkonsistensi #soal #nasib #gaza #teriakkan #gencatan #senjata #tapi #veto #resolusi

KOMENTAR