Sebelum Sidang ICJ Dimulai, Afrika Selatan Sempat Coba Hubungi Israel, tapi Gagal Atasi Masalah
Ilustrasi - Anggota dewan juri duduk di Persidangan International Court of Justice (ICJ/Mahkamah Internasional) di Hague, Den Haag, Belanda, pada 2015 silam. Sidang publik pertama atas gugatan yang diajukan Afrika Selatan terhadap Israel digelar pada Kamis (11/1/2024). 
21:00
11 Januari 2024

Sebelum Sidang ICJ Dimulai, Afrika Selatan Sempat Coba Hubungi Israel, tapi Gagal Atasi Masalah

- Afrika Selatan telah mengajukan tuntutan ke Mahkamah Internasional (ICJ) di Den Haag, dengan tuduhan Israel melakukan genosida di Gaza.

Sidang publik pertama atas gugatan yang diajukan Afrika Selatan terhadap Israel digelar pada hari ini, Kamis (11/1/2024).

Tim hukum Afrika Selatan, John Dugard, mengungkapkan adanya komunikasi antara Afrika Selatan dan Israel sebelum sidang ICJ.

Ia mengatakan, Afrika Selatan mencoba menghubungi pemerintah Israel melalui kedutaan sebelum mengajukan kasus tersebut.

“Menuduh suatu negara melakukan tindakan genosida dan mengutuknya dengan bahasa yang keras adalah tindakan yang besar,” ujarnya, Kamis, dikutip dari Al Jazeera.

Namun, Dugard mengatakan, tanggapan tersebut gagal mengatasi permasalahan yang diangkat oleh Afrika Selatan dan tidak membenarkan atau menyangkal adanya perselisihan.

Pada 5 Januari 2024, Afrika Selatan meminta pertemuan bilateral, dan Israel menjawab bahwa perwakilan kedua negara berkoordinasi setelah penutupan sidang di ICJ.

Afrika Selatan lantas menjawab bahwa pertemuan seperti itu tidak ada gunanya.

Tuduhan Genosida di Gaza

Dilansir The Guardian, Afrika Selatan menuduh Israel melakukan pola perilaku yang diperhitungkan yang mengindikasikan niat genosida.

Berikut yang disampaikan advokat pengadilan tinggi Afrika Selatan, Adila Hassim, di Den Haag:

"Semua tindakan ini secara individu dan kolektif membentuk pola perilaku Israel yang telah diperhitungkan dan menunjukkan adanya niat genosida. Niat ini terlihat jelas dari perilaku Israel dalam:

Menargetkan warga Palestina yang tinggal di Gaza dengan menggunakan persenjataan yang menyebabkan kehancuran berskala besar dan mematikan, serta penembakan yang ditargetkan terhadap warga sipil.

Menetapkan zona aman bagi warga Palestina untuk mencari perlindungan dan kemudian mengebom zona tersebut.

Merampas kebutuhan dasar warga Palestina di Gaza – makanan, air, layanan kesehatan, bahan bakar, sanitasi, dan komunikasi.

Menghancurkan infrastruktur sosial, rumah, sekolah, masjid, gereja, rumah sakit, dan membunuh, melukai parah, dan menyebabkan banyak anak menjadi yatim piatu.

Genosida tidak pernah diumumkan sebelumnya, namun pengadilan ini memiliki manfaat dari bukti-bukti selama 13 minggu terakhir yang menunjukkan secara tidak terbantahkan pola perilaku dan niat terkait yang membenarkan klaim tindakan genosida yang masuk akal."

Sementara itu, Israel menggambarkan kasus Afrika Selatan sebagai "tidak berdasar” dan “pencemaran nama baik”.

Gugatan Afrika Selatan

Pada 29 Desember 2023, Afrika Selatan mengajukan gugatan terhadap Israel, kekuatan pendudukan, dengan latar belakang keterlibatannya dalam tindakan genosida terhadap rakyat Palestina di Jalur Gaza.

Afrika Selatan mengajukan permohonan setebal 84 halaman dalam bahasa Inggris, yang berisi bukti bahwa Israel, sebagai kekuatan pendudukan, telah melanggar kewajibannya berdasarkan Piagam PBB, dan keterlibatannya dalam melakukan tindakan genosida terhadap rakyat Palestina di Jalur Gaza.

Dalam permohonan yang diajukan ke Mahkamah Internasional, Afrika Selatan meminta indikasi tindakan sementara untuk melindungi hak-hak rakyat Palestina dari kerugian yang lebih serius dan tidak dapat diperbaiki berdasarkan Konvensi Genosida.

Selain itu, permohonan tersebut untuk memastikan kepatuhan Israel terhadap kewajibannya berdasarkan Konvensi untuk tidak terlibat, mencegah, dan menghukum genosida.

Asisten Menteri Luar Negeri PBB dan organisasi khususnya, Omar Awadallah, mengatakan dalam pernyataan sebelumnya kepada WAFA bahwa Afrika Selatan merupakan negara anggota Konvensi Pencegahan dan Penghukuman Kejahatan Genosida, yang ditandatangani oleh 153 negara, termasuk Israel.

Afrika Selatan mengajukan kasus kontroversial ke Mahkamah Internasional untuk memutuskan langkah-langkah sementara yang perlu dan mendesak untuk menghentikan agresi terhadap warga Palestina.

Kemudian, untuk menghentikan penerapan kondisi kehidupan yang sengaja bertujuan untuk menghilangkan mereka secara fisik sebagai sebuah kelompok.

Lalu, untuk mencegah dan menghukum komisi tersebut, keterlibatan, dan hasutan langsung dan publik untuk melakukan genosida, serta untuk menghapuskan kebijakan dan praktik yang relevan, termasuk yang berkaitan dengan pembatasan masuknya bantuan dan rencana pemindahan paksa.

Konvensi tentang Pencegahan dan Penghukuman Kejahatan Genosida diadopsi oleh Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa pada 9 Desember 1948, dan mulai berlaku pada 12 Januari 1951.

Gambar yang diambil dari Rafah menunjukkan asap mengepul di atas Khan Yunis di Jalur Gaza selatan selama pemboman Israel pada 10 Januari 2024, di tengah pertempuran yang sedang berlangsung antara Israel dan kelompok militan Hamas. Gambar yang diambil dari Rafah menunjukkan asap mengepul di atas Khan Yunis di Jalur Gaza selatan selama pemboman Israel pada 10 Januari 2024, di tengah pertempuran yang sedang berlangsung antara Israel dan kelompok militan Hamas. (AFP/-)

Sebagai informasi, Israel melancarkan serangan ke Gaza setelah militan Hamas mengamuk di komunitas Israel pada 7 Oktober 2023.

Kini, sebanyak 23.357 orang telah tewas dan lebih dari 59.410 orang terluka dalam serangan Israel di Gaza.

Sementara, revisi jumlah korban tewas di Israel akibat serangan 7 Oktober mencapai 1.139 orang.

Terbaru, serangan Israel di Rafah menewaskan tujuh orang dan lima lainnya dilaporkan tewas di utara Rafah.

Pemboman Israel di dekat Rumah Sakit Martir Al-Aqsa di Deir el-Balah, di Gaza tengah, menewaskan delapan orang.

Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken, mengatakan Presiden Otoritas Palestina, Mahmoud Abbas, bersiap untuk mereformasi PA dan mengambil kendali atas Gaza.

(Tribunnews.com/Nuryanti)

Berita lain terkait Konflik Palestina Vs Israel

Editor: Garudea Prabawati

Tag:  #sebelum #sidang #dimulai #afrika #selatan #sempat #coba #hubungi #israel #tapi #gagal #atasi #masalah

KOMENTAR