Kantor TV Saudi di Irak Dibakar Massa Karena Sebut Yahya Sinwar Teroris, Izin Siaran Dicabut
Ilustrasi kantor TV Saudi dibakar massa. 
08:50
21 Oktober 2024

Kantor TV Saudi di Irak Dibakar Massa Karena Sebut Yahya Sinwar Teroris, Izin Siaran Dicabut

Stasiun TV Saudi di Irak digerebek massa setelah menyebut dua pejuang Hamas dan Hizbullah, Yahya Sinwar dan Nasrallah, sebagai 'teroris'.

Pendukung milisi Irak menyerbu dan menjarah kantor MBC.

Bahkan kantor itu dibakar massa.

Pemerintah Irak mengatakan akan mencabut izin operasional penyiaran tersebut.

Komisi yang mengatur media Irak mengumumkan pada Sabtu (19/10/2024) bahwa mereka akan mengambil langkah-langkah untuk mencabut izin sebuah stasiun televisi Saudi untuk beroperasi di negara itu.

Pengumuman komisi tersebut muncul beberapa jam setelah puluhan pendukung milisi Irak menyerbu dan menjarah kantor penyiaran, MBC, di Baghdad sebagai protes atas laporan tersebut.

"Mereka merusak peralatan elektronik, komputer, dan membakar sebagian gedung," kata seorang sumber Kementerian Dalam Negeri kepada AFP tanpa menyebut nama.


Ia mengatakan api telah padam dan massa dibubarkan oleh polisi.

"Pasukan keamanan masih dikerahkan di dekat gedung tersebut," imbuhnya.

Belum ada laporan penangkapan terkait kejadian itu.

"Para demonstran tiba di kantor sebelum bala bantuan polisi antihuru-hara dikirim," kata seorang sumber polisi kepada AFP, yang juga berbicara dengan syarat anonim.

Sumber kedua mengonfirmasi bahwa kantor-kantor tersebut telah “dibakar” dan “dijarah habis-habisan.”

Televisi itu menurukan laporan soal teroris yang terbunuh pada abad ini.

Awalnya stasiun TV itu menyebutkan mantan pemimpin al-Qaeda Osama bin Laden bersama daftar tokoh yang didukung Iran.

Lalu kemudian pemimpin Hamas Ismail Haniyeh dan Yahya Sinwar, pemimpin Hizbullah Hassan Nasrallah, Jenderal Garda Revolusi Iran Qassem Soleimani dan Abu Mahdi al-Muhandis, seorang militan veteran Irak yang merupakan wakil komandan Pasukan Mobilisasi Populer, kelompok induk paramiliter yang sebagian besar beranggotakan Syiah dan pendiri Kataeb Hezbollah, atau Brigade Hezbollah.

Komisi Media dan Komunikasi Irak mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa MBC telah melanggar peraturan penyiaran negara tersebut melalui "serangan terhadap para syuhada, pemimpin kemenangan, dan pemimpin perlawanan heroik yang tengah berjuang dalam pertempuran kehormatan melawan entitas Zionis yang merampas kekuasaan," mengacu kepada Israel, dan bahwa mereka akan memerintahkan kantor eksekutifnya untuk membatalkan izin operasi stasiun tersebut.

Stasiun tersebut telah menutup kantornya setelah serangan tersebut.

Otoritas regulasi media Arab Saudi kemudian mengumumkan bahwa mereka telah merujuk "pejabat saluran TV untuk diselidiki karena laporan berita yang melanggar peraturan dan kebijakan media Kerajaan." MBC tidak disebutkan namanya.

Kontroversi itu muncul dengan latar belakang meningkatnya ketegangan regional seputar perang antara Israel dan Hamas di Gaza, serta Israel dan Hizbullah di Lebanon.

Genosida Masih Berlanjut di Gaza

Mengabaikan resolusi Dewan Keamanan PBB yang menuntut gencatan senjata segera, Israel masih terus menghadapi kecaman internasional di tengah serangan brutalnya yang berkelanjutan terhadap Gaza.

Saat ini sedang diadili di Mahkamah Internasional atas tuduhan genosida terhadap warga Palestina, Israel telah melancarkan perang yang menghancurkan di Gaza sejak 7 Oktober.

Menurut Kementerian Kesehatan Gaza, 42.500 warga Palestina telah terbunuh , dan 99.546 terluka dalam genosida Israel yang sedang berlangsung di Gaza yang dimulai pada 7 Oktober 2023.

Selain itu, sedikitnya 11.000 orang belum diketahui keberadaannya, diduga tewas tertimbun reruntuhan rumah mereka di seluruh wilayah Strip.

Israel mengatakan bahwa 1.200 tentara dan warga sipil tewas selama Operasi Banjir Al-Aqsa pada tanggal 7 Oktober. Media Israel menerbitkan laporan yang menunjukkan bahwa banyak warga Israel tewas pada hari itu karena 'tembakan teman'.

Organisasi Palestina dan internasional mengatakan bahwa mayoritas yang terbunuh dan terluka adalah wanita dan anak-anak.

Perang Israel telah mengakibatkan kelaparan akut, terutama di Gaza utara, yang mengakibatkan kematian banyak warga Palestina, kebanyakan anak-anak.

Agresi Israel juga mengakibatkan pengungsian paksa hampir dua juta orang dari seluruh Jalur Gaza, dengan sebagian besar pengungsi dipaksa mengungsi ke kota Rafah di bagian selatan yang padat penduduk di dekat perbatasan dengan Mesir – dalam apa yang telah menjadi eksodus massal terbesar Palestina sejak Nakba tahun 1948.

Kemudian dalam perang tersebut, ratusan ribu warga Palestina mulai berpindah dari selatan ke Gaza tengah dalam upaya mencari keselamatan. 

 

Editor: Hasanudin Aco

Tag:  #kantor #saudi #irak #dibakar #massa #karena #sebut #yahya #sinwar #teroris #izin #siaran #dicabut

KOMENTAR