Sosok Linda Thomas-Greenfield, Utusan Joe Biden yang Hadiri Pelantikan Prabowo-Gibran
Sosok Linda Thomas-Greenfield, utusan Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, yang bakal menghadiri pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. 
17:00
19 Oktober 2024

Sosok Linda Thomas-Greenfield, Utusan Joe Biden yang Hadiri Pelantikan Prabowo-Gibran

- Linda Thomas-Greenfield, utusan Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, yang bakal menghadiri pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, telah tiba di Indonesia, Sabtu (19/10/2024).

Saat tiba di Bandara Soekarno Hatta, Linda Thomas-Greenfield tampak mengenakan baju berwarna putih dan celana panjang hitam.

Ia juga mengenakan kain seperti syal berwarna krem di pindaknya.

Setelah turun dari pesawat, Linda langsung naik mobil BMW berwarna hitam yang telah disiapkan.

Terdapat bendera Amerika Serikat di sisi depan kiri mobil berpelat CD 12 202 itu.

Lantas, siapa Linda Thomas-Greenfield?

Linda Thomas-Greenfield merupakan seorang diplomat perwakilan Amerika Serikat untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Linda Thomas-Greenfield diketahui memimpin delegasi AS untuk menghadiri pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2024-2029.

Linda mulai menjabat sebagai Duta Besar AS untuk PBB pada 25 Februari 2021.


Ia lahir di Louisiana pada 1952. Tahun ini, Linda genap berusia 72 tahun.

Dikutip dari usmission.gov, sebelum menjabat Dubes AS untuk PBB, Linda menjabat sebagai Wakil Menteri Urusan Afrika dalam Biro Urusan Afrika Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat dari 2013 sampai 2017.

Linda pernah menjabat Direktur Jenderal Layanan Luar Negeri dan Direktur Sumber Daya Manusia (2012-2013).

Ia memimpin tim yang bertanggung jawab atas tenaga kerja Departemen Luar Negeri yang berjumlah 70.000 orang.

Karier Duta Besar Thomas-Greenfield yang menonjol di Layanan Luar Negeri mencakup jabatan sebagai duta besar untuk Liberia (2008-2012), serta penugasan di Swiss (pada Misi Amerika Serikat untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa, Jenewa), Pakistan, Kenya, Gambia, Nigeria, dan Jamaika.

Linda pernah menjabat sebagai Wakil Asisten Menteri Utama Biro Urusan Afrika (2006-2008), dan sebagai Wakil Asisten Menteri Biro Kependudukan, Pengungsi, dan Migrasi (2004-2006).

Setelah pensiun dari Departemen Luar Negeri AS pada tahun 2017, Thomas-Greenfield memimpin praktik Afrika di Albright Stonebridge Group, sebuah firma diplomasi komersial strategis yang dipimpin oleh mantan Menteri Luar Negeri, Madeleine Albright.

Ia juga menjadi Anggota Tetap Terhormat pertama dalam Studi Afrika di Institut Studi Diplomasi Universitas Georgetown dari musim gugur 2017 hingga musim semi 2019.

Penghargaan yang Diraih

Linda Thomas-Greenfield menerima Penghargaan Kepemimpinan Publik Hubert Humphrey dari Universitas Minnesota pada tahun 2017.

Selain itu, ia juga meraih penghargaan Layanan Kemanusiaan Terhormat Uskup John T. Walker pada tahun 2015, dan Penghargaan Warren Christopher untuk Prestasi Luar Biasa dalam Urusan Global pada tahun 2000.

Ia meraih gelar sarjana dari Louisiana State University dan gelar magister dari University of Wisconsin, di mana ia juga melakukan penelitian menuju gelar doktor.

Ia menerima gelar Doktor Hukum kehormatan dari University of Wisconsin pada Mei 2018 dan gelar Doktor Filsafat kehormatan dari University of Liberia pada Mei 2012.

Pelantikan Prabowo-Gibran

Kementerian Luar Negeri (Kemlu) mengatakan, sebanyak 20 Kepala Negara akan menghadiri pelantikan Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming, Minggu (20/10/2024).

Tidak hanya kepala negara, terdapat pula sekitar 34 perwakilan negara lain akan datang ke pelantikan presiden dan wapres RI.

Pelantikan Prabowo-Gibran akan digelar di Istana Merdeka, Jakarta.

Untuk mengamankan acara kenegaraan itu, Polda Metro Jaya mengerahkan 6.757 personel. TNI juga ikut mengamankan situasi dengan mengirim 100.000 personel.

(Tribunnews.com/Gilang Putranto)

Editor: Tiara Shelavie

Tag:  #sosok #linda #thomas #greenfield #utusan #biden #yang #hadiri #pelantikan #prabowo #gibran

KOMENTAR