Pasukan UNIFIL Bersumpah untuk Tetap di Lebanon Meskipun Ada Serangan Israel yang 'Disengaja'
Pasukan penjaga perdamaian UNIFIL berpatroli di dekat desa Mais el Jabal, di sepanjang perbatasan selatan Lebanon dengan Israel, 26 Agustus 2020. 
22:20
18 Oktober 2024

Pasukan UNIFIL Bersumpah untuk Tetap di Lebanon Meskipun Ada Serangan Israel yang 'Disengaja'

- Seorang juru bicara pasukan misi penjaga perdamaian UNIFIL PBB pada Jumat (18/10/2024) mengatakan kalau pihaknya akan tetap berada di Lebanon meskipun beberapa serangan langsung oleh pasukan Israel dalam beberapa hari terakhir.

Serangan-serangan pasukan Israel ke pasukan UNIFIL itu dia gambarkan sebagai tindakan disengaja.

“Kami harus tinggal, (meski) mereka meminta kami untuk pindah,” kata juru bicara UNIFIL Andrea Tenenti melalui tautan video dari Beirut, dilansir Reuters, Jumat. 

“Kehancuran dan penghancuran banyak desa di sepanjang Garis Biru, dan bahkan di luar, sangat mengejutkan,” katanya, merujuk pada garis yang dimasok PBB yang memisahkan Lebanon dari Israel dan Dataran Tinggi Golan yang diduduki Israel.

Ditanya tentang jatuhnya sebuah pesawat tak berawak di dekat kapal UNIFIL di lepas pantai Lebanon pada Kamis, dia berkata: “Drone itu datang dari selatan tetapi berputar-putar di sekitar kapal dan menjadi sangat, sangat dekat, beberapa meter dari kapal.”

Orang-orang duduk dengan barang-barang mereka di belakang truk saat mereka tiba di kota pesisir Naameh, sebelah selatan ibu kota Lebanon, Beirut, pada 24 September 2024, saat mereka meninggalkan rumah mereka di Lebanon selatan. Israel mengumumkan puluhan serangan udara baru terhadap basis Hezbollah di Lebanon pada 24 September. Orang-orang duduk dengan barang-barang mereka di belakang truk saat mereka tiba di kota pesisir Naameh, sebelah selatan ibu kota Lebanon, Beirut, pada 24 September 2024, saat mereka meninggalkan rumah mereka di Lebanon selatan. Israel mengumumkan puluhan serangan udara baru terhadap basis Hezbollah di Lebanon pada 24 September. (FADEL ITANI / AFP)

Israel Perintahkan Evakuasi

Adapun Tentara Israel meneruskan agresi militer mereka ke Lebanon meski ada seruan dari pihak internasional untuk mundur.

Israel dilaporkan justru mengeluarkan peringatan pada Jumat kepada penduduk 23 desa di Lebanon selatan, memerintahkan mereka untuk mengevakuasi rumah mereka dan pindah ke utara Sungai Awali.


Dalam sebuah pernyataan yang diposting di X, juru bicara militer Israel Avichy Adraee mennyebut desa-desa yang terkena dampak agresi militer Israel, termasuk Tirus Harfa, Alama Al-Shaab, dan Naqoura.

Adraee mengutip apa yang disebutnya “kegiatan Hizbullah” di wilayah-wilayah tersebut sebagai alasan utama untuk perintah evakuasi.

Lebih dari 1,2 juta orang dilaporkan saat ini mengungsi di Lebanon, melarikan diri dari serangan Israel atau mematuhi perintahnya untuk mengungsi, atau keduanya.

Pengamat internasional telah mengecam situasi tersebut, dengan mengatakan bahwa perintah tersebut potensial diketegorikan sebagai kejahatan perang, dan bahwa pengusiran besar-besaran tersebut berpotensi menghasilkan bencana kemanusiaan.

Israel sejak September. 23 telah secara dramatis meningkatkan kampanye pemboman besar-besaran di Lebanon Lebanon terhadap apa yang diklaimnya sebagai target Hizbullah, menewaskan sedikitnya 1.437 orang, melukai lebih dari 4.123 lainnya, dan menggusur lebih dari 1,34 juta orang.

Bombardemen udara ini adalah eskalasi dari tahun perang lintas-perbatasan antara Israel dan Hizbullah sejak awal serangannya di Jalur Gaza, di mana Israel telah menewaskan lebih dari 42.400 orang, kebanyakan dari mereka wanita dan anak-anak, sejak serangan Hamas tahun lalu.

Meskipun ada peringatan internasional bahwa Timur Tengah berada di ambang perang regional di tengah serangan tanpa henti Israel di Gaza dan Lebanon, itu memperluas konflik pada Oktober. 1 dengan meluncurkan serangan ke Lebanon selatan.

Tag:  #pasukan #unifil #bersumpah #untuk #tetap #lebanon #meskipun #serangan #israel #yang #disengaja

KOMENTAR