Siapa Pengganti Yahya Sinwar? Profil 10 Calon Penerus, Ada Tokoh Paling Ekstrem di Hamas
Foto mendiang pemimpin gerakan Hamas, Yahya Sinwar yang tewas dibunuh Israel pada Rabu (16/10/2024). 
20:30
18 Oktober 2024

Siapa Pengganti Yahya Sinwar? Profil 10 Calon Penerus, Ada Tokoh Paling Ekstrem di Hamas

- Israel pada Kamis (17/10/2024) mengumumkan kemartiran kepala Biro Politik Gerakan Perlawanan Palestina, Hamas, Yahya Sinwar pada Rabu (16/10/2024)

Sinwar yang digambarkan Israel sebagai dalang operasi “Banjir Al-Aqsa” yang diluncurkan pada 7 Oktober 2023, terbunuh dalam baku tembak di permukiman Tal Al-Sultan, Rafah, Gaza Selatan.

Yahya Sinwar diketahui memainkan peran utama dalam kepemimpinan militer Hamas dan merupakan salah satu tokoh paling terkemuka di Palestina, yang sering menjadi sasaran operasi pembunuhan Israel.

 

Kemartiran Sinwar dalam bentrokan dalam pertempuran tersebut jelas merupakan pukulan besar bagi gerakan Hamas dan perlawanan Palestina.

Menyusul berita syahidnya Yahya Al-Sanwar, beberapa nama calon pemimpin Hamas muncul untuk mengambil alih kepemimpinan gerakan tersebut.

Para pemimpin ini memainkan peran penting dalam membangun kekuatan militer dan politik Hamas, dan dianggap sebagai tokoh kunci yang dapat memimpin Hamas pada tahap pegerakan melawan pendudukan Israel selanjutnya. 


Berikut beberapa di antaranya:

**Muhammad Al-Deif

Israel berusaha membunuh Panglima Brigade Al-Qassam, Muhammad Al-Deif sebanyak 7 kali pada tahun 2001, 2002, 2003, 2006, 2014, 2023, dan 2024, semuanya gagal.

Pihak pendudukan Israel menganggap “Sang Tamu” sebagai orang yang paling dicari.

Badan intelijen Israel telah bekerja siang dan malam untuk melacaknya dan mencari peluang untuk menangkapnya.

Upaya yang paling terkenal terjadi pada akhir September 2002, ketika helikopter Israel mengebom mobil di lingkungan Sheikh Radwan di Gaza.

Dia secara ajaib selamat, namun langsung terkena serangan, membuatnya lumpuh dan harus menggunakan kursi roda.

Pada awal Agustus 2023, Hamas mengumumkan kematian istri Al-Deif dan putranya yang berusia 7 bulan, Ali, dalam serangan Israel yang berusaha menargetkannya.

Pada tanggal 13 Juli 2024, pendudukan menyerang daerah Al-Mawasi di Khan Yunis dengan serangkaian penggerebekan, yang diumumkan bertujuan untuk membunuh Al-Deif.

Namun Hamas membantah kehadiran Al-Deif di lokasi yang ditargetkan, dan mengatakan bahwa ini adalah tuduhan untuk menutupi besarnya pembantaian mengerikan yang dilakukan oleh pendudukan Israel.

Al-Deif adalah tokoh terkemuka dalam perlawanan Palestina, dan mewakili simbol ambiguitas dan tantangan dalam menghadapi pendudukan Israel.

Dia dikenal dengan julukan "The Guest" karena kemampuannya bersembunyi dan bertahan dari upaya pembunuhan berulang kali.

Sebelum terlibat dalam aksi militer, ia memainkan peran penting dalam bidang seni, di mana ia mendirikan band “The Returned”, yang merupakan band seni Islam pertama di Palestina, yang bertujuan untuk menghidupkan kembali warisan Palestina dan menyebarkan pesan-pesan perlawanan melalui seni.

Al-Deif kemudian bergabung dengan Brigade Martir Izz al-Din al-Qassam, sayap militer Hamas, di mana ia menjadi komandan militer terkemuka.

Dia dikenal karena kecerdasannya yang tajam dan taktik militernya yang unik, dan dia memainkan peran penting dalam mengembangkan senjata Hamas, yang menjadikannya target utama pendudukan Israel.

Dia mengawasi banyak operasi militer penting yang berkontribusi memperkuat posisi perlawanan Palestina.

Di antara operasi ini adalah penangkapan tentara Israel Nachshon Wachsman, yang merupakan pukulan telak bagi tentara Israel dan menunjukkan kemampuan organisasi dan strategis Brigade Izz al-Din al-Qassam.

Al-Deif tetap tidak menjadi pusat perhatian, hanya muncul pada kesempatan yang jarang terjadi, biasanya melalui pesan yang berkaitan dengan operasi militer.

Namanya kembali menjadi berita utama pada Oktober 2023 dengan diluncurkannya Operasi “Banjir Al-Aqsa,” yang menegaskan kembali perannya sebagai perencana strategis dan pemimpin militer gerakan Hamas.

**Marwan Issa

Marwan Issa, Wakil Panglima Brigade Martir Izz al-Din al-Qassam dan anggota biro politik dan militer gerakan Hamas, dianggap sebagai salah satu tokoh kepemimpinan paling menonjol dalam gerakan tersebut dan salah satu tokoh yang paling menonjol dalam gerakan tersebut. paling dicari oleh Israel.

Dia memainkan peran penting dalam mengembangkan kemampuan batalion Al Qassam, yang merupakan ancaman nyata bagi Israel.

Meskipun Israel mengumumkan kalau dia terbunuh dalam serangan udara pada Maret 2023, Hamas tidak mengeluarkan konfirmasi resmi atas kematiannya, sehingga nasibnya menjadi ambigu.

Issa disebut sebagai “Manusia Bayangan” karena kemampuannya menghindari kendali Israel, dan dia adalah salah satu elemen penting dalam pengambilan keputusan militer dalam gerakan tersebut.

Issa - tangan kanan Deif dan orang kedua di Brigade Al-Qassam - ditangkap oleh pasukan pendudukan selama intifada pertama, di mana ia menghabiskan 5 tahun penjara (1987-1993) karena aktivitas organisasinya di dalam jajaran gerakan Hamas, yang ia ikuti sejak usia dini.

Israel menganggapnya sebagai ancaman terus-menerus, dan menggambarkannya sebagai salah satu tokoh paling menonjol dalam “perang otak” yang sedang berlangsung antara Israel dan Hamas.

Ia juga menggambarkannya sebagai orang yang “berbuat baik dalam perbuatan, bukan kata-kata,” dan mengatakan bahwa ia memiliki kecerdasan dan kemampuan praktis yang luar biasa, bahkan mengatakan bahwa ia “dapat mengubah plastik menjadi logam,” mengacu pada keahliannya dalam mengembangkan kekuatan militer gerakan tersebut. kemampuan dan adaptasinya terhadap keadaan sulit.

**Muhammad Al-Sinwar

Muhammad al-Sinwar, saudara laki-laki Yahya al-Sinwar, adalah salah satu komandan tertua dan paling terkemuka di Brigade Izz al-Din al-Qassam, sayap militer Hamas.

Ia jarang tampil di depan umum, namun peran sentralnya dalam memimpin operasi militer menjadikannya tokoh penting dalam gerakan tersebut.

Ia bergabung dengan Brigade Al-Qassam sejak awal berdirinya pada tahun 1991 di Gaza, di mana ia menjadi anggota Staf Umum.

Yahya Sinwar (saudara laki-lakinya) sering menjadi sasaran upaya pembunuhan Israel, dan selamat dari beberapa serangan, termasuk upaya menggunakan serangan udara dan alat peledak, yang terbaru pada tahun 2021.

Namanya muncul sebagai salah satu perencana utama Operasi “Shattered Illusion,” yang dianggap sebagai salah satu operasi paling berani dalam sejarah perlawanan Palestina.

Saat itu, operasi tersebut menargetkan situs militer Israel di dekat penyeberangan Kerem Shalom pada tanggal 25 Juni 2006, di sebelah timur kota Rafah di selatan Jalur Gaza.

Operasi tersebut mengakibatkan terbunuhnya dua tentara Israel dan penangkapan tentara Gilad Shalit, yang ditahan selama 5 tahun, hingga ia ditukar dengan lebih dari seribu tahanan Palestina dalam kesepakatan pertukaran bersejarah pada tahun 2011.

Prestasi militer ini meningkatkan status Sinwar (saudara laki-lakinya) sebagai komandan militer yang memiliki pengaruh besar di Brigade Izz al-Din al-Qassam, dan ia menjadi target utama dalam daftar pembunuhan Israel, karena perannya dalam perencanaan dan pembunuhan. melakukan operasi serupa.

**Khalil Al-Hayya

Khalil Al-Hayya - wakil Yahya Al-Sinwar dan pemimpin terkemuka gerakan Hamas - adalah salah satu tokoh yang muncul dalam aksi politik dan militer dalam gerakan tersebut.

Dia baru-baru ini memimpin pembicaraan tidak langsung dengan Israel mengenai gencatan senjata di Jalur Gaza, dan dianggap sebagai tokoh sentral dalam negosiasi sensitif tersebut.

Al-Hayya selamat dari beberapa upaya pembunuhan Israel, terutama yang menargetkan rumahnya pada tahun 2007, yang mengakibatkan terbunuhnya sejumlah anggota keluarganya.

Pada tahun 2014 putra sulungnya terbunuh dalam serangan lain Israel

Ada laporan bahwa dia bersama Ismail Haniyeh di sebuah gedung di ibu kota Iran, Teheran, selama serangan Israel, namun Al-Hayya tidak berada di apartemen yang menjadi sasaran pada saat serangan itu terjadi.

Al-Hayya, yang menyandang gelar doktor dalam ilmu Sunnah dan Hadits, telah terlibat dalam gerakan Islam sejak masa mudanya di bawah pengaruh pendiri Hamas, Sheikh Ahmed Yassin.

Ia memainkan peran penting dalam organisasi dan keamanan di Jalur Gaza antara tahun 1984 dan 1986, di mana ia berkontribusi dalam melindungi masyarakat Palestina dari infiltrasi Zionis.

Ia juga berpartisipasi dalam Intifada Palestina pertama pada tahun 1987, dan merupakan bagian dari kelompok yang kemudian mendirikan gerakan Hamas.

Pada bulan Februari 2024, Al-Hayya memimpin delegasi Hamas ke Mesir untuk menyelesaikan pembicaraan mengenai gencatan senjata di Gaza, sebagai bagian dari upaya internasional untuk menenangkan situasi tegang di Jalur Gaza.

**Khaled Meshaal

Khaled Meshaal adalah salah satu pendiri terkemuka gerakan Hamas. Ia menjabat sebagai kepala biro politik gerakan tersebut dari tahun 1996 hingga 2017, dan mengambil alih kepemimpinan gerakan tersebut setelah pembunuhan Sheikh Ahmed Yassin di tangan Israel pada bulan Maret 2004.

Sepanjang hidupnya, Meshaal mengabdikan upayanya untuk melayani perjuangan Palestina, menganggap perlawanan bersenjata dan perjuangan politik sebagai hal yang penting untuk membebaskan tanah Palestina.

Dia bergabung dengan Ikhwanul Muslimin sejak usia dini, dan berpartisipasi dalam pendirian gerakan Hamas pada tahun 1987. Setelah pecahnya intifada Palestina pertama, gerakan tersebut memperoleh momentum besar, dan Meshaal menjadi anggota biro politiknya sejak didirikan.

Pada tahun 1996, Meshaal menjabat sebagai presiden biro politik Hamas, dan setelah pembunuhan Ahmed Yassin, ia menjadi pemimpin de facto gerakan tersebut.

Meshaal menjadi sasaran upaya pembunuhan yang dilakukan oleh Mossad Israel di ibu kota Yordania, Amman, pada tahun 1997, ketika dia disuntik dengan zat beracun.

Namun upaya pembunuhan tersebut gagal setelah intervensi langsung dari Raja Hussein bin Talal yang menuntut Israel memberikan pengobatan untuk menyelamatkan nyawanya.

Meshaal pindah ke Qatar setelah pemerintah Yordania menutup kantor Hamas di Amman pada tahun 1999 dan menangkapnya dalam waktu singkat. Kemudian, dia tinggal di Suriah untuk waktu yang lama sebelum kembali ke Qatar setelah krisis Suriah tahun 2012.

**Mahmoud Al-Zahar

Mahmoud Al-Zahar dianggap sebagai salah satu tokoh paling ekstremis dalam gerakan Hamas.

Para pengamat menganggapnya sebagai salah satu "elang" gerakan tersebut.

Selama kariernya, ia menjadi sasaran beberapa upaya pembunuhan dan penangkapan oleh Israel dan Otoritas Palestina, menjadikannya salah satu tokoh yang terus-menerus berusaha dilenyapkan oleh Israel.

Pada tanggal 10 September 2003, Al-Zahar menjadi sasaran upaya pembunuhan ketika pesawat F-16 Israel menargetkan rumahnya di lingkungan Al-Rimal di Kota Gaza, dalam serangan yang mengakibatkan kematian putra sulungnya Khaled dan anak-anaknya. rekannya, melukai istri dan putrinya, dan pembongkaran total rumahnya.

Meski mengalami luka ringan, ia selamat dari serangan tersebut. Belakangan, Al-Zahar kehilangan putra keduanya, Hossam, yang merupakan anggota Brigade Izz al-Din al-Qassam, ketika ia menjadi martir dalam serangan Israel di Gaza pada Januari 2008.

Al-Zahar tidak asing dengan penangkapan.

Israel menangkapnya pada tahun 1988, 6 bulan setelah berdirinya Hamas, dan mendeportasinya ke Marj al-Zuhur di Lebanon selatan pada tahun 1992 bersama dengan sejumlah pemimpin Hamas

Otoritas Palestina juga menangkapnya pada tahun 1996, di mana ia menjadi sasaran penyiksaan berat, yang menyebabkan kesehatannya memburuk.

Setelah Hamas memenangkan pemilihan legislatif pada tahun 2005 dan Haniyeh menjadi perdana menteri, Al-Zahar menjabat sebagai Menteri Luar Negeri di pemerintahan yang dibentuk oleh Hamas.

Saat ini, nasib Al-Zahar masih belum diketahui setelah ia menghilang dari pandangan sejak Operasi Banjir Al-Aqsa, dan baik Hamas maupun Israel belum mengeluarkan konfirmasi mengenai kondisinya.

**Muhammad Shabana

Muhammad Shabana, yang dikenal sebagai “Abu Anas Shabana,” adalah salah satu komandan militer paling terkemuka di Brigade Izz al-Din al-Qassam, di mana ia memimpin Batalyon Rafah di Jalur Gaza selatan.

Shabana dianggap sebagai salah satu nama utama yang dikaitkan dengan pengembangan jaringan terowongan serangan yang digunakan oleh Hamas, dan dia memainkan peran penting dalam memperkuat kemampuan militer gerakan tersebut.

Perannya sangat menonjol selama serangan lintas batas pada tahun 2006, ketika pasukan Hamas berhasil menangkap Shalit, dalam operasi yang direncanakan dengan cermat dan terutama mengandalkan penggunaan terowongan.

Dia juga mengambil alih komando Batalyon Rafah setelah tiga pemimpinnya terbunuh dalam Perang Gaza pada tahun 2014.

Jaringan terowongan yang dikembangkan Shabana, yang membentang dari Rafah hingga wilayah Israel, merupakan ancaman strategis bagi Israel, karena Hamas menggunakannya untuk melancarkan serangan mendadak dan melakukan operasi infiltrasi kualitatif.

Kemampuan ini menjadikan Shabana salah satu pemimpin yang paling dicari dalam daftar sasaran Israel.

Meskipun menjadi sasaran beberapa upaya pembunuhan, Shabana masih memainkan peran penting dalam operasi militer Hamas, dan dianggap sebagai salah satu tokoh berpengaruh yang diandalkan gerakan tersebut untuk menghadapi tantangan keamanan dan militer.

** Rawhi Mushtaha

Rawhi Mushtaha dianggap sebagai salah satu sekutu terdekat Yahya Al-Sinwar, dan salah satu tokoh kepemimpinan paling terkemuka dalam gerakan Hamas.

Ia dikenal karena peran pentingnya dalam membangun aparat keamanan pertama gerakan Hamas pada akhir tahun 1980-an, di mana ia bertanggung jawab untuk melacak agen-agen Palestina yang dituduh bekerja sama dengan Israel dan melikuidasi mereka. 

Mushtaha berkontribusi dalam memperkuat kemampuan keamanan gerakan tersebut, yang membuatnya menjadi sasaran terus-menerus upaya pembunuhan Israel.

Israel membebaskannya pada tahun 2011 sebagai bagian dari kesepakatan Gilad Shalit yang terkenal, setelah bertahun-tahun ia menghabiskan waktu di penjara Israel.

Sejak itu, Mushtaha telah mengemban banyak tugas sensitif dalam gerakan tersebut, termasuk koordinasi keamanan antara Hamas dan pihak berwenang Mesir, khususnya mengenai penyeberangan Rafah dan banyak masalah keamanan lainnya yang berkaitan dengan perbatasan.

Sebelumnya ada laporan bahwa dia terbunuh dalam serangan udara Israel di Jalur Gaza pada bulan Oktober ini, namun Hamas tidak secara resmi mengkonfirmasi.

**Musa Abu Marzook

Dr Mousa Abu Marzook adalah salah satu pendiri Hamas.

Dia merupakan Kepala pertama biro politik Hamas pada periode 1992 hingga 1996.

Dia juga pernah menjabat sebagai wakil direktur gerakan tersebut.

Dia adalah anggota senior kepemimpinannya dan direktur urusan internasional saat ini di gerakan Hamas

Lahir di Gaza dari orang tua yang diusir dari rumah mereka di Yibna pada tahun 1948, Dr Marzook memperoleh gelar doktor di bidang teknik di Amerika Serikat tempat ia tinggal dan bekerja selama bertahun-tahun.

Setelah Israel gagal mendapatkan ekstradisinya pada pertengahan 1990-an atas tuduhan yang timbul dari Intifada Pertama, ia kembali ke Timur Tengah.

**Muhammad Ismail Darwis

Muhammad Ismail Darwish, juga dikenal sebagai Abu Omar Hassan, adalah ketua Dewan Syura Hamas – badan konsultatif kelompok tersebut sejak Oktober 2023 menggantikan Osama Mazini, setelah pembunuhannya pada 16 Oktober 2023 oleh serangan Israel.

Muhammad Ismail Darwish lahir di kamp pengungsi Palestina, Lebanon.

Dia bergabung dengan Hamas dan hampir tidak dikenal karena dia tidak muncul di media.

Selama bertahun-tahun, ia menangani keuangan organisasi tersebut, termasuk mentransfer uang dari Iran ke Hamas serta investasi di seluruh dunia.

Dia saat ini tinggal di Qatar.

 

(oln/aja/khbrn/*)

Tag:  #siapa #pengganti #yahya #sinwar #profil #calon #penerus #tokoh #paling #ekstrem #hamas

KOMENTAR