Foto Barang Yahya Sinwar yang Disita Israel, Ada Buku Doa, Tasbih, Senapan
Tentara Israel merilis foto barang-barang pemimpin gerakan Hamas Palestina, Yahya Sinwar, yang disita Israel setelah ia terbunuh dalam serangan Israel di Tal al-Sultan di kota Rafah, selatan Jalur Gaza pada Rabu (16/10/2024) sore. 
14:10
18 Oktober 2024

Foto Barang Yahya Sinwar yang Disita Israel, Ada Buku Doa, Tasbih, Senapan

Tentara Israel merilis gambar barang-barang milik pemimpin gerakan Hamas, Yahya Sinwar, setelah ia terbunuh dalam serangan Israel di Tal al-Sultan di Kota Rafah, selatan Jalur Gaza pada Rabu (16/10/2024) sore.

Foto pertama menunjukkan lipatan berisi "Doa Nabi Sehari-hari" dan booklet "Doa Bermanfaat", sebuah tasbih, jam tangan, permen karet, pita perekat, dan sejumlah uang senilai kurang lebih 1.600 shekel Israel (430 dolar AS).

Foto kedua menunjukkan senapan mesin Kalashnikov, dua magasin peluru, tempat anak panah militer, dan peralatan militer lainnya, seperti diberitakan N12News.

Di foto lainnya, tentara Israel menerbitkan paspor Palestina yang masa berlakunya sudah habis sejak tahun 2017, milik seseorang bernama Hani Humaidan Suleiman Zorob, yang bekerja sebagai guru di Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA), seperti terlihat dalam dokumen tersebut.

Kematian Yahya Sinwar menunjukkan ia menjalani hari-hari terakhirnya tanpa makanan dan berada di tempat yang jauh dari pengungsi sipil di Jalur Gaza.

Hal ini bertentangan dengan apa yang diberitakan media Israel bahwa Yahya Sinwar membawa tas berisi bahan peledak dan duduk dikelilingi tahanan Israel.

Yahya Sinwar justru berada di area yang dianggap sebagai salah satu tempat bentrokan paling menonjol antara faksi-faksi Palestina dan tentara Israel.

Israel Umumkan Pembunuhan Yahya Sinwar

Pada Kamis (17/10/2024) malam, tentara Israel mengkonfirmasi pembunuhan Kepala Biro Politik Hamas, Yahya Sinwar, setelah setahun penuh memburunya.


“Setelah menyelesaikan proses identifikasi jenazah, dapat dipastikan bahwa Yahya Al-Sinwar telah dieliminasi," klaim tentara Israel dalam pernyataan bersama juru bicara militer Israel dan Shin Bet.

“Selama operasi yang dilakukan oleh pejuang tentara Israel di Jalur Gaza, tiga teroris berhasil dieliminasi," lanjutnya.

Pernyataan itu mengatakan informasi intelijen dari Shin Bet dan Badan Intelijen Israel mengindikasikan area mencurigakan di mana para pemimpin Hamas mungkin hadir.

Menurut sumber militer, bangunan tempat Yahya Sinwar menginap dikepung, dan jaket militer berisi granat ditemukan di tubuhnya.

Tak lama setelah penemuan jenazah Yahya Sinwar, beberapa bagian tubuhnya—seperti sehelai rambut dari janggutnya—dipindahkan ke departemen forensik Kepolisian Israel.

Yahya Sinwar telah dipenjara selama bertahun-tahun oleh Israel, yang berarti pasukan keamanan Israel memiliki rekaman sidik jarinya dan materi genetiknya.

Maariv menerbitkan pendapat para ahli ortodontik yang mengonfirmasi struktur gigi Yahya Sinwar cocok dengan yang ada di foto jasad itu.

Tentara Israel merilis foto barang-barang pemimpin gerakan Hamas Palestina, Yahya Sinwar, yang disita Israel setelah ia terbunuh dalam serangan Israel di Tal al-Sultan di kota Rafah, selatan Jalur Gaza pada Rabu (16/10/2024) sore. Foto barang-barang pemimpin gerakan Hamas Palestina, Yahya Sinwar, yang disita Israel setelah ia terbunuh dalam serangan Israel di Tal al-Sultan di kota Rafah, selatan Jalur Gaza pada Rabu (16/10/2024) sore. (X/N12News)

Kronologi Pembunuhan Yahya Sinwar, Pemimpin Hamas yang Paling Diincar Israel

Sebelumnya, pada Rabu (16/10/2024) sekitar pukul sepuluh pagi, seorang tentara Israel dari Batalyon 410 melihat seseorang memasuki dan keluar dari sebuah rumah di lingkungan Tal al-Sultan di Rafah.

Kemudian, pasukan infanteri Israel mulai bergerak menuju sasaran atas dasar bahwa ada orang-orang bersenjata.

Pada pukul tiga sore di hari yang sama, terlihat tiga sosok mencurigakan keluar masuk rumah satu ke rumah lainnya.

Tentara Israel kemudian menyadari bahwa mereka bersenjata dan yakin mereka adalah rekan Yahya Sinwar yang mencoba membuka jalan baginya. 

Kemudian tentara Israel melepaskan tembakan ke arah mereka dengan tujuan melukai mereka.

Kelompok Yahya Sinwar terpecah, dia memasuki sebuah gedung dan anggota lainnya memasuki gedung lain.

Israel merilis video detik-detik Yahya Sinwar sebelum diklaim militer Israel terbunuh Israel merilis video detik-detik Yahya Sinwar sebelum diklaim militer Israel terbunuh (Tangkapan Layar Video X/Twitter)

Yahya Sinwar kemudian naik ke lantai dua, sementara itu tank Israel menembakkan peluru ke gedung itu.

Seorang pemimpin peleton tentara Israel dari Batalyon 450 memasuki area sekitar dua bangunan tersebut, terjadi bentrokan, dan dia melemparkan dua bom ke arah Yahya Sinwar dan rekan-rekannya, yang menyebabkan terputusnya komunikasi di antara mereka.

Pasukan Israel kemudian membawa drone dan melihat seseorang (yang kemudian ternyata adalah Yahya Sinwar) terluka di tangannya dan mengenakan Keffiyeh yang menutupi wajahnya.

Ia sedang duduk di dalam ruangan, lalu mencoba melemparkan tongkat kayu ke drone Israel, yang disusul dengan tembakan peluru lainnya dari tank Israel.

Ketika pasukan tentara Israel masuk untuk melakukan survei pada Kamis pagi, mereka melihat mayat-mayat tersebut, yang satu di antaranya mirip dengan Yahya Sinwar, seperti diberitakan Al Masry Alyoum.

Jumlah Korban di Jalur Gaza

Saat ini, Israel yang didukung Amerika Serikat dan sejumlah negara Eropa, masih melancarkan agresinya di Jalur Gaza, jumlah kematian warga Palestina meningkat menjadi lebih dari 42.409 jiwa dan 99.153 lainnya terluka sejak Sabtu (7/10/2023) hingga Rabu (16/10/2024), dan 1.147 kematian di wilayah Israel, dikutip dari Wafa Palestine.

Sebelumnya, Israel mulai membombardir Jalur Gaza setelah gerakan perlawanan Palestina, Hamas, meluncurkan Operasi Banjir Al-Aqsa pada Sabtu (7/10/2023), untuk melawan pendudukan Israel dan kekerasan di Al-Aqsa sejak tahun 1948.

Israel mengklaim, ada 101 sandera yang hidup atau tewas dan masih ditahan Hamas di Jalur Gaza, setelah pertukaran 105 sandera dengan 240 tahanan Palestina pada akhir November 2023.

(Tribunnews.com/Yunita Rahmayanti)

Berita lain terkait Konflik Palestina vs Israel

Editor: Whiesa Daniswara

Tag:  #foto #barang #yahya #sinwar #yang #disita #israel #buku #tasbih #senapan

KOMENTAR