Perang Rusia-Ukraina Hari Ke-716, Senat AS Ajukan Paket Bantuan Masa Perang untuk Ukraina dan Israel
WASHINGTON, DC - 8 FEBRUARI: Gedung Parlemen AS pada 8 Februari 2024 di Washington, DC. Para senator terus berupaya meloloskan undang-undang bipartisan yang telah lama dinegosiasikan yang akan mengirimkan bantuan miliaran dolar ke Israel, Ukraina, dan Taiwan. - Senat Amerika Serikat (AS) mengajukan paket bantuan amsa perang untuk Ukraina dan Israel pada Kamis (8/2/2024). 
08:50
9 Februari 2024

Perang Rusia-Ukraina Hari Ke-716, Senat AS Ajukan Paket Bantuan Masa Perang untuk Ukraina dan Israel

Berikut ini rangkuman peristiwa yang terjadi dalam perang Rusia-Ukraina yang telah memasuki hari ke-716 pada Jumat (9/2/2024).

Senat Amerika Serikat (AS) mengajukan paket bantuan masa perang untuk Ukraina dan Israel pada Kamis (8/2/2024).

Dikutip The Guardian, senat memberikan suara 67 berbanding 32 untuk memulai pertimbangan rancangan undang-undang bantuan darurat senilai $95 miliar .

Meski demikian, banyak kendala yang bisa saja menghalangi sampai rencana tersebut dapat disahkan.

Ini mengingat ada beberapa anggota Partai Republik sayap kanan yang menentang paket bantuan luar negeri.

Mereka menegaskan tidak akan membiarkan Senat mempercepat proposal tersebut.

Perang Rusia-Ukraina Hari Ke-716

  • Mengakhiri bantuan ke Ukraina akan menandai pecahnya kepemimpinan AS dan retaknya NATO, mantan Menteri Luar Negeri Hillary Clinton memperingatkan.

    Dia berbicara di New York pada sebuah pertemuan untuk memetakan masa depan Ukraina setelah dua tahun berperang.

    “Bagaimana kita merespons atau gagal merespons akan berdampak besar pada tatanan global abad ke-21 ,” kata Clinton.
  • Kementerian Keuangan AS telah menjatuhkan sanksi terhadap tiga entitas yang berbasis di Uni Emirat Arab (UEA) dan satu yang terdaftar di Liberia.

    Mereka yang dikenai sanksi diklaim telah melanggar batasan harga minyak Rusia yang ditetapkan oleh koalisi negara-negara barat.

    Kementerian Keuangan juga mengatakan telah mengambil langkah-langkah untuk melarang impor berlian kategori tertentu yang ditambang di Rusia.
  • Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky telah mencopot Panglima Militer Ukraina, Valerii Zaluzhnyi.

    Ia berterima kasih atas jasa dan pelayanan Zaluzhnyi selama menjabat, dan menjelaskan pentingnya "pembaruan" dalam militer Ukraina.

    Perombakan posisi yang ditempati Zaluzhnyi menjadi topik panas yang dibicarakan di Ukraina dan kancah internasional selama beberapa hari.

    Bahkan ada rumor bahwa Presiden meminta Zaluzhnyi untuk mengundurkan diri.
  • Kolonel Jenderal Oleksandr Syrskyi akan menggantikan Zaluzhnyi.

    Syrskyi naik (pangkat) dari Komandan Angkatan Darat menjadi Panglima Militer.

    Syrskyi memimpin keberhasilan pertahanan Kyiv pada awal perang, dan berjasa dalam merencanakan dan melaksanakan serangan balasan yang sukses di wilayah Kharkiv pada akhir tahun 2022.
  • Perdana Menteri (PM) Polandia, Donald Tusk sebelumnya melontarkan cemoohan terhadap anggota Senat AS dari Partai Republik.

    Ia menulis bahwa “Ronald Reagan, yang membantu jutaan dari kita untuk mendapatkan kembali kebebasan dan kemerdekaan kita, pasti sedang sekarat hari ini. Tidak tahu malu."

    Menanggapi ucapan Tusk, para pejabat senior Eropa mengatakan retorika PM Polandia mencerminkan kekhawatiran di kawasan.
  • Kepala Garda Nasional AS mengatakan AS masih bisa melatih pilot Ukraina menggunakan jet tempur F-16, meskipun militer kehabisan dana untuk mengirim senjata tambahan dan bantuan ke Kyiv.
  • Ekuador sedang mempertimbangkan pengiriman peralatan militer Rusia yang lama ke AS agar dapat dikirim ke Ukraina.

    Rencananya Ekuador akan mengirim enam helikopter militer Rusia, peluncur roket jarak jauh, dan sistem pertahanan udara ke AS. Sebagai imbalannya, Ekuador akan menerima senjata modern untuk menghadapi geng narkoba.
  • Presiden Rusia, Vladimir Putin mengatakan dalam sebuah wawancara yang dirilis pada hari Kamis (8/2/2023) bahwa Rusia akan memperjuangkan kepentinganny, namun tidak tertarik untuk memperluas perangnya di Ukraina ke negara-negara lain seperti Polandia dan Latvia.

    Putin melontarkan komentar tersebut dalam wawancara lebih dari dua jam dengan Tucker Carlson, wawancara pertamanya dengan pewawancara Amerika sejak sebelum ia melancarkan invasi Rusia ke Ukraina.

    Putin berbicara dalam bahasa Rusia dan pidatonya disulihsuarakan ke dalam bahasa Inggris.
  • Ukraina dan Rusia pada Kamis (8/2/2024) menukar 100 tawanan perang masing-masing .

    Volodymyr Zelenskiy mengatakan sebagian besar orang tersebut membela kota pelabuhan Mariupol, yang direbut Rusia setelah pertempuran brutal pada tahun 2022.

(Tribunnews.com, Andari Wulan Nugrahani)

Editor: Febri Prasetyo

Tag:  #perang #rusia #ukraina #hari #senat #ajukan #paket #bantuan #masa #perang #untuk #ukraina #israel

KOMENTAR