Fakta Unik! Menara Eiffel Ternyata Jadi Bagian Bahan Pembuatan Medali Olimpiade Paris 2024
Medali Olimpiade kali ini cukup istimewa karena ditempa dengan 'bagian' dari Menara Eiffel. (Sumber: REUTERS/Benoit Tessier)
08:21
9 Februari 2024

Fakta Unik! Menara Eiffel Ternyata Jadi Bagian Bahan Pembuatan Medali Olimpiade Paris 2024

- Medali untuk para pemenang Olimpiade Paris tahun ini akan cukup menarik dibandingkan medali olimpiade-olimpiade sebelumnya, menurut penyelenggara.

Peraih medali di Olimpiade Paris akan diberi hadiah berupa sepotong 'bagian' Menara Eiffel, kata penyelenggara pada Kamis (8/2) saat mereka meluncurkan medali berbentuk segi enam yang ditempa dari besi tua dari monumen ikonik negara tersebut.

Idenya adalah untuk menghubungkan Olimpiade dengan simbol-simbol Perancis, kata Thierry Reboul, direktur kreatif Paris 2024.

"Simbol mutlak Paris dan Prancis adalah Menara Eiffel," kata Reboul dikutip dari Reuters Jumat (9/2).

"Ini adalah kesempatan bagi para atlet untuk membawa kembali bagian dari Paris bersama mereka."

Didesain oleh pembuat perhiasan Chaumet, lempengan dengan bentuk segi enam seberat 18 gram, mewakili bentuk Prancis, terbuat dari besi dari renovasi Menara sebelumnya yang disimpan selama bertahun-tahun di gudang yang lokasinya dirahasiakan.

Lempengan dari Menara Eiffel itu duduk di tengah medali emas, perak dan perunggu, dikelilingi dengan lekukan yang memunculkan sinar cahaya yang keluar, terinspirasi dari desain tiara oleh Chaumet.

Bagian belakang medali menampilkan dewi kemenangan Yunani, Nike, dengan Acropolis di satu sisi dan Menara Eiffel di sisi lainnya.

Medali Paralimpiade menampilkan pemandangan Menara Eiffel dari bawah, dan diberi cap Paris 2024 dalam huruf braille, sebagai penghormatan kepada orang Prancis yang menciptakannya.

Dikutip dari laporan Reuters, sebanyak 5.084 medali diproduksi oleh percetakan uang Perancis, Monnaie de Paris.

Olimpiade Paris sendiri dijadwalkan akan berlangsung dari 26 Juli hingga 11 Agustus.

Editor: Hanny Suwin

Tag:  #fakta #unik #menara #eiffel #ternyata #jadi #bagian #bahan #pembuatan #medali #olimpiade #paris #2024

KOMENTAR