Pantai Timur Amerika Serikat Dilanda Banjir Akibatkan Ribuan Rumah Alami Pemadaman Listrik
Sebuah mobil tenggelam akibat banjir yang melanda Lodi, New Jersey, Amerika Serikat pada Rabu (10/1). (Sumber: REUTERS/Eduardo Munoz)
07:42
11 Januari 2024

Pantai Timur Amerika Serikat Dilanda Banjir Akibatkan Ribuan Rumah Alami Pemadaman Listrik

- Pantai Timur Amerika Serikat masih berada di bawah ancaman cuaca buruk pada Rabu (10/1), ketika badai musim dingin membayangi wilayah tersebut setelah menyebabkan pemadaman listrik, penghentian penerbangan, dan beberapa kota terdampak banjir.

Lebih dari 50 juta orang dari Ohio bagian timur hingga Atlantik Tengah dan Timur Laut berada di bawah peringatan angin kencang dan banjir pada Rabu (10/1), kata Layanan Cuaca Nasional (NWS).

Banjir membanjiri beberapa kota pesisir New England termasuk Hampton Beach, New Hampshire, menurut rekaman video yang diposting di media sosial.

Air banjir menggenangi jalan-jalan, merambat ke rumah-rumah dan tempat usaha serta menenggelamkan kendaraan, menyebabkan pejabat di kota pantai berpenduduk 2.500 jiwa itu mengumumkan keadaan darurat dan memerintahkan evakuasi.

"Keadaan darurat telah diumumkan akibat air laut yang sangat tinggi dan mengakibatkan banjir," kata Departemen Kepolisian Hampton di X.

"Jika Anda tinggal di daerah tersebut, kami sarankan Anda meninggalkan daerah itu untuk sementara waktu ke tempat yang lebih tinggi."

Kota-kota besar seperti New York, Philadelphia, dan Boston juga diperkirakan akan mengalami hembusan angin berkecepatan lebih dari 80 km/jam yang berpotensi merobohkan pepohonan dan kabel listrik pada sore dan malam hari, kata NWS.

Dikutip dari Reuters lewat laporan Poweroutage.us, sekitar 300.000 rumah dan tempat usaha dari North Carolina hingga Maine padam pada Rabu (10/1) sore.

Badai tersebut juga menyebabkan lebih dari 1.200 penerbangan ditunda atau dibatalkan pada Rabu (10/1) sore, termasuk lebih dari 270 penerbangan masuk dan keluar Chicago, menurut Flightaware.com.

Badai tersebut telah menyebabkan setidaknya tiga kematian di Alabama, North Carolina dan Georgia, dimana angin kencang dan beberapa tornado melanda wilayah selatan, menurut laporan pihak berwenang dan media lokal.

Dua pengendara motor juga tewas di Wisconsin dan Michigan, di mana salju tebal turun di wilayah tersebut, menyebabkan kondisi berkendara yang berbahaya, lapor media lokal.

Badai musim dingin yang terpisah diperkirakan akan berlanjut pada siang hari di Pacific Northwest, tempat banyak komunitas di dataran tinggi diperkirakan akan mengalami kondisi seperti badai salju.

Editor: Hanny Suwin

Tag:  #pantai #timur #amerika #serikat #dilanda #banjir #akibatkan #ribuan #rumah #alami #pemadaman #listrik

KOMENTAR