Mau Ledakkan Terowongan Hamas, Enam Tentara IDF Malah Tewas Kena Efek Tembakan Tank Israel
BERTERIAK - Seorang anggota pasukan Israel (IDF) berteriak melewati bom asap saat menjalani latihan di wilayah dataran tinggi Golan yang mereka duduki, 4 Januari 2024. 
21:10
10 Januari 2024

Mau Ledakkan Terowongan Hamas, Enam Tentara IDF Malah Tewas Kena Efek Tembakan Tank Israel

- Enam tentara cadangan Israel dilaporkan tewas dan beberapa tentara lainnya terluka oleh bahan peledak yang dimaksudkan untuk menghancurkan terowongan Hamas di Gaza.

Bom untuk menghancurkan terowongan Hamas itu meledak sebelum waktunya karena dipicu penembakan tank Israel.

Hal itu terungkap dari hasil penyelidikan internal tentara Israel (IDF).

Menurut pernyataan militer Israel dalam penjelasan rinci terkait hasil penyidikan insiden, sebagian besar tentara IDF telah meninggalkan area kamp Bureij seusai menyiapkan peledakan terowongan Hamas.

Namun, setengah jam sebelum jadwal peledakan dilakukan, sebuah tank Israel yang ditempatkan di dekat kabel peledak menembakkan peluru di gedung terdekat.

Tank Israel itu menembak karena mengidentifikasi gerakan mencurigakan di gedung tersebut.

“Salah satu peluru menghantam tiang listrik, dan ledakan itu entah bagaimana mengaktifkan kabel peledak, yang menyebabkan ledakan besar dini pada sistem terowongan sementara para insinyur tempur masih mempersiapkannya untuk dihancurkan,” tambah pernyataan itu.

Pernyataan tersebut menambahkan pemeriksaan tambahan saat ini sedang dilakukan oleh para ahli untuk lebih memahami kejadian tersebut, sementara penyelidikan masih berlangsung.

Terowongan Hamas yang digunakan sebagai tempat pembuatan bahan peledak. Enam tentara Israel tewas karena ledakan di terowongan Hamas, Senin, (9/1/2024). Terowongan Hamas yang digunakan sebagai tempat pembuatan bahan peledak. Enam tentara Israel tewas karena ledakan di terowongan Hamas, Senin, (9/1/2024). (IDF dan Yedioth Ahronoth)

Friendly Fire, Kematian Tentara Israel di Tangan Teman Sendiri

Insiden di atas masuk dalam kategori friendly fire dalam daftar penyebab terbunuhnya tentara Israel dalam agresi militer di Gaza.

Channel 13 per Desember 2023 melaporkan, sedikitnya ada 29 tentara Israel tewas dalam insiden terpisah sejak dimulainya invasi darat Israel di Jalur Gaza.

20 kematian di antaranya dilaporkan disebabkan oleh friendly fire atau tembakan dari rekan sendiri.

Di antara 20 orang yang tercatat sebagai friendly fire, dua tentara tewas akibat tembakan Israel yang "tidak ditujukan untuk mereka" menurut Times of Israel.

Sembilan orang lainnya tewas akibat insiden lain termasuk pelemparan senjata yang tidak disengaja, tertabrak kendaraan lapis baja, dan terkena pecahan peluru dari penghancuran yang terkendali.

Laporan tersebut juga menggarisbawahi bahwa rata-rata dua hingga enam tentara pendudukan Israel terbunuh setiap minggunya akibat friendly fire di Jalur Gaza.

Perlu dicatat bahwa laporan tersebut hanya mempublikasikan jumlah kematian akibat friendly fire dan tidak menyebutkan jumlah tentara Israel yang terluka karenanya.

Angka ini dipastikan bertambah seiring bertambahnya insiden friendly fire di kalangan tentara IDF.

Laporan insiden friendly fire melonjak

Dilaporkan sebelumnya, militer Israel menyatakan bahwa pasukannya menembak dan membunuh tiga sandera yang ditahan oleh Hamas di Gaza pada tanggal 16 Desember karena “secara keliru” mengidentifikasi tiga orang tersebut sebagai ancaman.

“Pelajaran langsung dari peristiwa ini telah dipetik,” klaim Pasukan Pertahanan Israel (IDF) dalam sebuah pernyataan.

Juru bicara IDF, Daniel Hagari, mengatakan militer memikul tanggung jawab atas semua yang terjadi.

Akhir bulan lalu, sebuah laporan yang diterbitkan di situs berita Israel Haaretz membahas beberapa insiden friendly fire di antara pasukan pendudukan Israel yang telah mengakibatkan korban jiwa.

Laporan tersebut menyebutkan bahwa militer pendudukan Israel mengklaim bahwa sebagian besar insiden friendly fire ini terjadi selama pertempuran gabungan antara pasukan lapis baja dan infanteri.

IDF menambahkan bahwa penyelidikan sedang dilakukan untuk mengambil pelajaran di masa depan.

(oln/Memo/*)

Tag:  #ledakkan #terowongan #hamas #enam #tentara #malah #tewas #kena #efek #tembakan #tank #israel

KOMENTAR