Genderang Perang? Korea Utara Tutup Permanen Perbatasan, Kirim Peringatan Keras ke AS dan Korea Selatan
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un. (AFP)
16:52
9 Oktober 2024

Genderang Perang? Korea Utara Tutup Permanen Perbatasan, Kirim Peringatan Keras ke AS dan Korea Selatan

Militer Korea Utara mengatakan pada hari Rabu bahwa mereka akan "secara permanen menutup dan memblokir perbatasan selatan" dengan Seoul dan telah memberi tahu militer AS untuk mencegah bentrokan yang tidak disengaja.

Dalam sebuah pernyataan, Pyongyang mengatakan akan "memotong jalan dan rel kereta api" yang mungkin suatu hari nanti dapat memfasilitasi perjalanan antara kedua Korea.

Sementara Korea Utara pada hari Rabu menggambarkan langkah tersebut sebagai "langkah militer besar", seorang analis menyarankan bahwa itu kemungkinan merupakan kelanjutan dari sebuah proses yang telah berlangsung lama.

Hubungan antar-Korea berada pada salah satu titik terendah dalam beberapa tahun, dengan Pyongyang menutup lembaga yang didedikasikan untuk reunifikasi dan menyatakan Korea Selatan sebagai "musuh utamanya".

Baca Juga: Tangisan Terakhir Hind: Jeritan Anak Gaza yang Memanggil Keadilan

Negara bersenjata nuklir itu diperkirakan akan membatalkan perjanjian antar-Korea penting yang ditandatangani pada tahun 1991 pada pertemuan parlemen penting yang berakhir pada hari Selasa, bagian dari upaya pemimpin Kim Jong Un untuk secara resmi mendefinisikan Korea Selatan sebagai negara musuh.

Namun dalam sebuah laporan hari Rabu yang mengungkapkan penunjukan kepala pertahanan baru, media pemerintah resmi tidak menyebutkan tentang berakhirnya pakta tersebut.

Namun, beberapa jam kemudian, militer mengatakan pihaknya merencanakan langkah militer substansial yang akan memotong jalan dan rel kereta api yang terhubung ke ROK (Korea Selatan) dan membentengi area terkait di pihak kami dengan struktur pertahanan yang kuat.

Ditambahkan bahwa pihaknya telah mengirim pesan telepon kepada pasukan AS pada Rabu pagi untuk mencegah kesalahan penilaian dan konflik yang tidak disengaja atas proyek benteng yang akan diluncurkan di area perbatasan selatan yang kritis.

Meskipun perbatasan tersebut merupakan salah satu yang paling termiliterisasi di dunia, namun gagal mencegah warga Korea Utara menyeberanginya ke Selatan pada bulan Agustus.

Baca Juga: Dapat Dukungan Iran, Naim Qasim Tegaskan Hizbullah Masih Utuh Meski Terus Diserang Israel

Seoul mengatakan pada bulan Juli bahwa Pyongyang telah menghabiskan waktu berbulan-bulan untuk memasang ranjau darat dan mendirikan penghalang sambil mengubah area tersebut menjadi tanah terlantar di sepanjang perbatasan yang dijaga ketat.

Pada bulan Juni, militer Korea Selatan mengatakan tentara Korea Utara yang bertugas memperkuat perbatasan telah menderita "banyak korban" dari insiden ledakan ranjau darat.

Pada bulan yang sama, badan mata-mata Seoul mengatakan telah mendeteksi tanda-tanda bahwa Korea Utara sedang menghancurkan bagian-bagian jalur kereta api yang menghubungkan kedua Korea.

"Korea Utara telah menghancurkan beberapa bagian jalur kereta Donghae Line, tampaknya dengan tujuan untuk memutus hubungan dengan Korea Selatan," kata Yang Moo-jin, presiden Universitas Studi Korea Utara di Seoul, kepada AFP, yang menyebut pernyataan terbarunya sebagai "konfirmasi resmi".

Militer Korea Utara mengatakan pada hari Rabu bahwa keputusannya merupakan "tindakan membela diri" sebagai tanggapan atas "latihan perang" Korea Selatan dan kunjungan aset nuklir strategis AS.

Meskipun tidak ada revisi konstitusional yang melibatkan Seoul yang dilaporkan pada pertemuan minggu ini, Hong Min, seorang analis senior di Institut Korea untuk Penyatuan Nasional, mengatakan bahwa Korea Utara mungkin menunggu hasil pemilihan umum AS bulan depan sebelum mengambil tindakan.

Pyongyang pada hari Rabu juga menunjuk No Kwang Chol sebagai menteri pertahanan barunya, menggantikan Kang Sun Nam.

Pengumuman pengangkatan No muncul sehari setelah kepala pertahanan Seoul mengatakan bahwa tentara Korea Utara kemungkinan bertempur di Ukraina bersama pasukan Rusia, dengan beberapa diyakini telah tewas dan lebih banyak lagi yang diperkirakan akan dikerahkan.

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #genderang #perang #korea #utara #tutup #permanen #perbatasan #kirim #peringatan #keras #korea #selatan

KOMENTAR