Diam-diam Donald Trump Pernah Kirim Tes COVID-19 kepada Vladimir Putin
Donald Trump (instagram/donaldtrump)
14:36
9 Oktober 2024

Diam-diam Donald Trump Pernah Kirim Tes COVID-19 kepada Vladimir Putin

Sebuah buku terbaru karya Bob Woodward, editor asosiasi Washington Post dan pemenang Penghargaan Pulitzer dua kali, mengungkapkan tindakan kontroversial Donald Trump selama pandemi COVID-19.

Dalam buku berjudul War, Woodward menyatakan bahwa Trump diam-diam mengirim tes COVID-19 yang sangat langka kepada Presiden Rusia Vladimir Putin pada tahun 2020, di tengah kekurangan tes di Amerika Serikat.

Menurut Woodward, Trump mengirimkan tes ini secara pribadi untuk keperluan Putin. Ketika mengirimkan peralatan medis tersebut, Putin meminta Trump untuk merahasiakannya.

 Vladimir Putin [Xinhua]Vladimir Putin [Xinhua]

“Tolong jangan beri tahu siapa pun bahwa Anda mengirimkan ini kepada saya,” ucap Putin dalam percakapan yang diungkapkan dalam buku tersebut.

Baca Juga: Donald Trump Sebut Para Migran yang Membunuh Memiliki Gen Buruk: Sekarang Mereka Hidup Bahagia di Amerika!

Namun, tanggapan Trump mengejutkan.

"Saya tidak peduli," jawabnya dengan santai.

Tetapi Putin tetap bersikeras, memperingatkan bahwa tindakan itu bisa memicu kemarahan publik Amerika.

"Aku tidak ingin kamu memberi tahu siapa pun karena orang-orang akan marah padamu, bukan padaku," lanjut Putin, menekankan bahwa kemarahan akan lebih mengarah pada Trump daripada dirinya.

Buku War juga menyebutkan bahwa hubungan pribadi antara Trump dan Putin tetap berlanjut meskipun Trump telah meninggalkan jabatannya sebagai Presiden Amerika Serikat.

Baca Juga: Aset Calon Presiden AS Jelang Pemilihan Disorot, Siapa Lebih Kaya Antara Donald Trump dan Kamala Harris?

Ilustrasi Tes Antigen - Ketahui Aturan Bebas Tes Covid-19 Lengkap Berlaku Mulai Hari Ini (Pixabay)Ilustrasi Tes Antigen - Ketahui Aturan Bebas Tes Covid-19 Lengkap Berlaku Mulai Hari Ini (Pixabay)

Bahkan empat tahun setelah masa kepresidenannya berakhir, Trump dilaporkan masih berhubungan dengan Putin, menunjukkan kedekatan yang langka antara mantan Presiden AS dan pemimpin Rusia.

Pengungkapan ini menambah lapisan kontroversi baru pada hubungan internasional Trump selama masa kepresidenannya, terutama terkait dengan Rusia.

Keputusan Trump untuk mengirim tes COVID-19 kepada Putin saat dunia sedang menghadapi pandemi memperkuat spekulasi mengenai kedekatan yang tidak biasa antara kedua pemimpin tersebut.

Editor: Bella

Tag:  #diam #diam #donald #trump #pernah #kirim #covid #kepada #vladimir #putin

KOMENTAR