Harapan Hidup Manusia di Bumi Makin Tinggi, Apakah Sudah Mencapai Puncaknya?
Ilustrasi lansia bertemu teman-temannya. (Elements Envato)
15:28
8 Oktober 2024

Harapan Hidup Manusia di Bumi Makin Tinggi, Apakah Sudah Mencapai Puncaknya?

Menurut sebuah studi baru, umat manusia sedang mencapai batas atas harapan hidup.

Kemajuan dalam teknologi medis dan penelitian genetika, belum lagi jumlah orang yang mencapai usia 100 tahun, tidak menghasilkan peningkatan yang signifikan dalam rentang hidup secara keseluruhan, menurut para peneliti yang menemukan bahwa peningkatan umur panjang yang menyusut di negara-negara dengan populasi yang hidup paling lama.

Kita harus mengakui bahwa ada batasnya dan mungkin menilai kembali asumsi tentang kapan orang harus pensiun dan berapa banyak uang yang mereka perlukan untuk menjalani hidup mereka, kata S. Jay Olshansky, seorang peneliti dari University of Illinois-Chicago yang merupakan penulis utama studi yang diterbitkan pada hari Senin oleh jurnal Nature Aging.

Mark Hayward, seorang peneliti dari University of Texas yang tidak terlibat dalam studi tersebut, menyebutnya sebagai "tambahan yang berharga bagi literatur mortalitas."

Baca Juga: Cara Kerja dan Harga Abemaciclib, Obat Kanker Payudara HR+ dan HER2- Stadium Awal

"Kita sedang mencapai titik puncak" dalam harapan hidup, dia setuju. Selalu ada kemungkinan beberapa terobosan dapat mendorong kelangsungan hidup ke tingkat yang lebih tinggi, "tetapi kita tidak memilikinya sekarang," kata Hayward.

Apa itu harapan hidup?

Harapan hidup adalah perkiraan jumlah tahun rata-rata yang diharapkan dapat dijalani oleh bayi yang lahir pada tahun tertentu, dengan asumsi tingkat kematian pada saat itu tetap konstan. Ini adalah salah satu ukuran kesehatan terpenting di dunia, tetapi juga tidak sempurna: Ini adalah perkiraan singkat yang tidak dapat memperhitungkan pandemi yang mematikan, pengobatan ajaib, atau perkembangan tak terduga lainnya yang dapat membunuh atau menyelamatkan jutaan orang.

Dalam penelitian baru tersebut, Olshansky dan mitra penelitiannya melacak perkiraan harapan hidup untuk tahun 1990 hingga 2019, yang diambil dari basis data yang dikelola oleh Institut Max Planck untuk Penelitian Demografi. Para peneliti berfokus pada delapan tempat di dunia tempat orang hidup paling lama — Australia, Prancis, Hong Kong, Italia, Jepang, Korea Selatan, Spanyol, dan Swiss.

AS bahkan tidak masuk dalam peringkat 40 teratas. Tetapi juga dimasukkan "karena kami tinggal di sini" dan karena perkiraan masa lalu yang berani bahwa harapan hidup di AS mungkin melonjak secara dramatis pada abad ini, kata Olshansky.

Baca Juga: 3 Jenis Makanan yang Bisa Bikin Kamu Panjang Umur, Minat Mencoba?

Siapa yang hidup paling lama?

Perempuan terus hidup lebih lama daripada laki-laki dan peningkatan harapan hidup masih terjadi, tetapi dengan kecepatan yang melambat, demikian temuan para peneliti. Pada tahun 1990, jumlah peningkatan rata-rata adalah sekitar 2 1/2 tahun per dekade. Pada tahun 2010-an, peningkatannya adalah 1 1/2 tahun, dan hampir nol di AS.

AS lebih bermasalah karena lebih terpukul oleh berbagai masalah yang membunuh orang bahkan sebelum mereka mencapai usia tua, termasuk overdosis obat, penembakan, obesitas, dan ketidakadilan yang membuat sebagian orang sulit mendapatkan perawatan medis yang memadai.

Namun dalam satu perhitungan, para peneliti memperkirakan apa yang akan terjadi di kesembilan tempat tersebut jika semua kematian sebelum usia 50 tahun dihilangkan. Peningkatan terbaiknya masih hanya 1 1/2 tahun, kata Olshansky.

Eileen Crimmins, seorang ahli gerontologi dari University of Southern California, mengatakan dalam sebuah email bahwa dia setuju dengan temuan penelitian tersebut. Ia menambahkan: "Bagi saya pribadi, isu terpenting adalah posisi relatif Amerika Serikat yang suram dan menurun."

Mengapa harapan hidup mungkin tidak dapat meningkat selamanya?

Studi tersebut menunjukkan bahwa ada batas berapa lama kebanyakan orang hidup, dan kita hampir mencapainya, kata Olshansky.

"Kita semakin mengurangi harapan hidup dari teknologi yang memperpanjang hidup ini. Dan alasannya adalah, penuaan menjadi penghalang," katanya.

Mungkin terdengar biasa mendengar seseorang hidup hingga usia 100 tahun, mantan Presiden AS Jimmy Carter mencapai tonggak sejarah itu minggu lalu. Pada tahun 2019, sedikit di atas 2% orang Amerika berhasil mencapai usia 100 tahun, dibandingkan dengan sekitar 5% di Jepang dan 9% di Hong Kong, kata Olshansky.

Para ahli mengatakan, kemungkinan besar jumlah orang yang berusia lebih dari 100 tahun akan bertambah dalam beberapa dekade mendatang, tetapi itu karena pertumbuhan populasi. Persentase orang yang mencapai usia 100 tahun akan tetap terbatas, kemungkinan hanya 15% wanita dan 5% pria yang mencapai usia tersebut di sebagian besar negara, kata Olshansky.

Departemen Kesehatan dan Sains Associated Press menerima dukungan dari Grup Media Sains dan Pendidikan Howard Hughes Medical Institute.

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #harapan #hidup #manusia #bumi #makin #tinggi #apakah #sudah #mencapai #puncaknya

KOMENTAR