Perang Rusia-Ukraina Hari ke-705: Zelensky Sebut Perang Dunia 3 Dimulai saat Rusia Serang NATO
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dalam konferensi pers akhir tahun di Kyiv pada 19 Desember 2023. -- Simak update perang Rusia-Ukraina hari ke-705 di artikel ini. 
10:40
29 Januari 2024

Perang Rusia-Ukraina Hari ke-705: Zelensky Sebut Perang Dunia 3 Dimulai saat Rusia Serang NATO

Berikut ini perkembangan terkini perang Rusia dan Ukraina hari ke-705 pada Senin (29/1/2024).

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, mengatakan Perang Dunia 3 kemungkinan akan dimulai ketika Rusia menyerang negara anggota NATO.

Peringatan itu disampaikan saat Zelensky menekankan permohonan bantuan asing dalam sebuah wawancara dengan stasiun televisi pemerintah Jerman, ARD, pada Minggu (28/1/2024).

"Jika Rusia menyerang negara NATO, itu akan menjadi awal perang dunia ketiga,” kata Zelensky, dikutip dari Suspilne.

Ketika ditanya apakah dia kecewa karena Jerman tidak berencana memasok rudal jelajah Taurus ke Ukraina, Zelensky mengatakan dia hanya kecewa karena Jerman tidak memainkan peran yang seharusnya dimainkan dalam pendudukan pertama di Ukraina.

Mengacu pada lemahnya respons negara-negara Barat terhadap invasi Rusia ke Krimea pada tahun 2014, Zelensky mengatakan hal ini bukan hanya mengenai respons Jerman.

“Ini bukan hanya tentang Olaf Scholz tapi ini menyangkut para pemimpin Eropa dan AS,” katanya, merujuk pada kebijakan pengiriman bantuan militer dari Barat dan AS yang mempengaruhi perjuangan Ukraina melawan Rusia.

220 Serangan Tercatat di Kantor Wajib Militer Rusia

Kementerian Pertahanan Inggris percaya peningkatan serangan pembakaran terhadap kantor wajib militer Rusia sangat mungkin terjadi karena rasa ketidakpuasan yang lebih besar terhadap perang di kalangan penduduk Rusia.

Terdapat 220 serangan terhadap kantor pendaftaran militer Rusia sejak dimulainya perang pada Februari 2022, dengan 113 serangan terjadi dalam enam bulan terakhir.

Rusia Luncurkan Drone dan Rudal ke Ukraina

Rusia melancarkan serangan drone dan rudal yang menargetkan infrastruktur sipil dan penting di wilayah luas Ukraina, menurut laporan angkatan udara Kyiv pada Minggu malam.

Informasi awal tidak menunjukkan adanya korban dalam serangan tersebut.

Angkatan udara Ukraina mengatakan melalui aplikasi pesan Telegram, Rusia menyerang wilayah tengah Poltava dengan dua rudal balistik yang ditembakkan dari sistem rudal balistik Iskander, dan tiga rudal permukaan-ke-udara di wilayah Donetsk di timur, dikutip dari The Guardian.

Pejabat Militer Ukraina Gelapkan Dana Persenjataan

Pejabat kementerian pertahanan Ukraina bersekongkol dengan karyawan sebuah perusahaan senjata Ukraina untuk menggelapkan hampir 40 juta dolar yang dialokasikan untuk membeli 100.000 mortir.

Dinas Keamanan Ukraina (SBU) mengatakan lima orang telah didakwa, dengan satu orang ditahan saat mencoba melintasi perbatasan Ukraina, Senin (29/1/2024).

Korupsi telah menjadi hambatan besar dalam upaya Ukraina untuk bergabung dengan Uni Eropa dan NATO, dimana para pejabat dari kedua blok tersebut menuntut reformasi anti-korupsi secara luas sebelum Kyiv dapat bergabung dengan mereka.

Pasukan Rusia 7 Kali Berupaya Serang Pasukan Ukraina di Kherson

Pada siang hari, tentara Rusia mencoba tujuh kali menyerbu posisi pasukan Ukraina di tepi kiri Kherson.

Pasukan Rusia tidak berhasil dan mundur.

Hal ini tertuang dalam ringkasan malam Staf Umum Angkatan Bersenjata Ukraina pada Minggu siang.

Menurut Staf Umum, tentara Rusia menembaki Kherson dengan artileri pada siang hari.

Novotyaginka, Ivanivka, dan Ponyativka juga diserang oleh sistem salvo roket Rusia, kata laporan itu.

(Tribunnews.com/Yunita Rahmayanti)

Berita lain terkait Rusia dan Ukraina

Editor: Garudea Prabawati

Tag:  #perang #rusia #ukraina #hari #zelensky #sebut #perang #dunia #dimulai #saat #rusia #serang #nato

KOMENTAR