Perang Rusia-Ukraina Hari ke-704: Pasukan Putin Serang Benteng Kyiv di Kupyansk
Prajurit berbaris saat parade militer Hari Kemenangan di Rostov-on-Don pada 9 Mei 2023. -- Berikut update perang Rusia-Ukraina hari ke-704. 
09:50
28 Januari 2024

Perang Rusia-Ukraina Hari ke-704: Pasukan Putin Serang Benteng Kyiv di Kupyansk

Berikut ini perkembangan terkini perang Rusia dan Ukraina hari ke-704 pada Minggu (28/1/2024).

Rusia menyerang 10 komunitas di Oblast Sumy pada Sabtu (27/1/2024) malam.

Pasukan Rusia menembaki Oblast Sumy di timur laut Ukraina sebanyak 15 kali.

Serangan ini menyebabkan lebih dari 90 ledakan, menurut laporan Administrasi Militer Oblast Sumy.

Selain itu, ledakan dilaporkan terjadi di Kremenchuk, Kharkiv beberapa jam sebelumnya, dikutip dari Kyiv Independent.

Serangan Rusia tersebut menyebabkan kebakaran di lokasi industri di Kremenchuk, di Oblast Poltava, menurut laporan Gubernur Kharkiv, Filip Pronin.

5 Mayat Ditemukan di Reruntuhan Bangunan di Donetsk

Gubernur Donetsk, Vadym Filashkin, mengatakan lima mayat ditemukan di bawah reruntuhan bangunan di Oblast Donetsk.

Mereka dikeluarkan dari reruntuhan rumah yang hancur di desa Niu-York di Oblast Donetsk, pada Sabtu.

Keluarga Tawanan Perang Temui Pejabat Ukraina

Sejumlah keluarga tawanan perang Ukraina yang tewas dalam kecelakaan pesawat Il-76 mengatakan tak mengenali mayat korban sebagai keluarganya.

"Anggota keluarga tidak melihat tanda-tanda khusus pada potongan tubuh yang menunjukkan bahwa ini adalah kerabat mereka," kata Usov, kepala intelijen militer Ukraina (HUR) Kyrylo Budanov, Sabtu (27/1/2024).

Ia dan pejabat militer Ukraina lainnya bertemu dengan keluarga para tawanan yang dikabarkan tewas.

“Kami mengumpulkan dan menganalisis secara menyeluruh semua informasi yang tersedia mengenai masalah ini dari berbagai sumber. Sejauh ini, tidak ada informasi yang menunjukkan bahwa pesawat tersebut dapat membawa orang sebanyak itu,” kata Budanov.

Ukraina: Jet F-16 Bisa Amankan Wilayah Udara Kami

Menteri Luar Negeri Ukraina, Dmytro Kuleba, mengatakan F-16 dan senjata lainnya dapat membantu Ukraina mendapatkan kembali kendali atas wilayah udaranya pada tahun 2024.

Hal tersebut ia sampaikan dalam konferensi pers dengan timpalannya dari Lituania, Gabrielius Landsbergis, di Kyiv pada Sabtu.

Ukraina-Lituania akan Produksi Drone

Ukraina dan Lituania menyetujui produksi drone bersama.

Menteri Luar Negeri Ukraina, Dmytro Kuleba, mengatakan kedua negara itu telah menentukan langkah bersama dalam meningkatkan produksi drone untuk Angkatan Bersenjata Ukraina.

Putin: Ukraina Agungkan SS Nazi

Presiden Rusia, Vladimir Putin, mengatakan Ukraina mengagungkan Schutzstaffel (SS), pasukan paramiliter di bawah kepemimpinan Nazi Jerman, Adolf Hitler.

Dalam pidatonya, Putin bersumpah untuk memberantas Nazisme saat ia membuka peringatan yang menandai 80 tahun sejak berakhirnya pengepungan Leningrad.

"Rezim di Kyiv mengagungkan kaki tangan Hitler, SS. Rusia akan melakukan segala kemungkinan untuk menekan dan akhirnya memberantas Nazisme,” katanya, dikutip dari Kyiv Post.

“Para pengikut algojo Nazi, apa pun sebutan mereka saat ini, akan hancur,” lanjutnya.

Putin selama ini menuduh Ukraina adalah negara fasis yang memerlukan “de-Nazifikasi” untuk membenarkan invasinya ke Ukraina.

Anggota Partai Kiri Jerman Minta Negaranya Setop Pasokan Senjata ke Ukraina

Sahra Wagenknecht, seorang Wakil pemimpin partai populis sayap kiri baru Jerman pada Sabtu, meminta pemerintah untuk bernegosiasi dengan Rusia dan menghentikan perang di Ukraina.

Di hadapan 450 anggota pendiri partai radikal yang dinamai menurut namanya, ia juga mendesak Jerman untuk berhenti memasok senjata ke Ukraina.

“Kami mengirimkan senjata ke Ukraina untuk mencapai kemenangan yang, sayangnya, bahkan para jenderal Ukraina tidak lagi mempercayainya,” kata Sahra Wagenknecht.

“Perang ini harus diakhiri dan segera melalui negosiasi,” katanya yang disambut tepuk tangan di dalam bekas bioskop Kosmos di Karl Marx Avenue, Berlin.

Rusia Hancurkan Benteng Ukraina di Kupyansk

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan helikopter Ka-52 dari Pasukan Dirgantara Rusia menghancurkan benteng peleton pasukan Ukraina di arah Kupyansk.

“Helikopter Ka-52 Alligator dari Pasukan Dirgantara Federasi Rusia menghancurkan benteng peleton musuh di arah Kupyansk di zona operasi militer khusus,” kata Kementerian Pertahanan Rusia, Minggu pagi.

Sebagaimana dicatat, setelah menggunakan senjata pesawat dari hidung ke atas, pilot melakukan manuver anti-rudal, menembakkan perangkap panas dan kembali ke lapangan terbang asal mereka.

“Menurut laporan penembak udara depan, sasaran berhasil dicapai,” pungkas kementerian itu, dikutip dari RIA Novosti.

(Tribunnews.com/Yunita Rahmayanti)

Berita lain terkait Rusia dan Ukraina

Editor: Nuryanti

Tag:  #perang #rusia #ukraina #hari #pasukan #putin #serang #benteng #kyiv #kupyansk

KOMENTAR