Dramatis! Pria Coba Bakar Diri di Tengah Demo Membara Kecam Perang Gaza
Pria bakar diri saat unjuk rasa bela Palestina (X)
19:44
7 Oktober 2024

Dramatis! Pria Coba Bakar Diri di Tengah Demo Membara Kecam Perang Gaza

Ribuan orang berbaris di kota-kota AS dari Washington hingga Los Angeles pada hari Sabtu, menuntut gencatan senjata segera karena perang di Gaza hampir mencapai satu tahun, dengan seorang pria berusaha membakar diri sebagai bentuk protes.

Pawai tersebut merupakan bagian dari hari aksi sedunia untuk melawan perang yang menghancurkan tersebut, yang baru-baru ini membuat Israel mengintensifkan operasi militernya di Lebanon.

Perang tersebut dipicu pada tanggal 7 Oktober ketika kelompok bersenjata Palestina Hamas menyerang Israel, yang mengakibatkan kematian 1.205 orang, sebagian besar warga sipil, menurut penghitungan AFP berdasarkan angka resmi Israel yang mencakup sandera yang terbunuh saat ditawan.

Lebih dari 41.825 warga Palestina, sebagian besar warga sipil, telah tewas dalam kampanye militer Israel di Jalur Gaza sejak perang dimulai, menurut data yang diberikan oleh kementerian kesehatan di Gaza yang dikuasai Hamas. PBB telah mengakui angka-angka tersebut dapat diandalkan.

Baca Juga: Komandan Pasukan Quds Iran Hilang Setelah Serangan di Beirut

Di Washington, lebih dari seribu pengunjuk rasa yang marah berdemonstrasi di luar Gedung Putih, dengan banyak yang menuntut diakhirinya bantuan militer AS dan bantuan lainnya kepada sekutu strategisnya, Israel.

"Pemerintah AS telah benar-benar menunjukkan di pihak mana sejarahnya," Zaid Khatib, seorang organisator Gerakan Pemuda Palestina, mengatakan kepada AFP.

"Pemerintah AS telah melakukan dan ikut menandatangani kekejaman paling kejam yang pernah kita lihat di abad ini."

Para pengunjuk rasa melambaikan bendera Palestina dan Lebanon, di antaranya, dengan banyak yang mengangkat plakat dan meneriakkan yel-yel secara serempak untuk menunjukkan solidaritas dengan perjuangan Palestina.

Hampir dua jam setelah protes dimulai, seorang pria mendekati lokasi demonstrasi dan mencoba membakar dirinya sendiri, seperti yang dilihat oleh wartawan AFP.

Baca Juga: Cuma Butuh 1 Tahun Israel Hilangkan Nyawa Puluhan Ribu Warga Palestina

Ia berhasil membakar lengan kirinya sebelum para pengamat dan polisi bergegas menolongnya, menyiramnya dengan air dan memadamkan api menggunakan keffiyeh mereka, syal tradisional Palestina.

"Saya seorang jurnalis dan kita mengabaikannya, kita menyebarkan informasi yang salah," teriaknya, di sela-sela jeritan kesakitan saat api di lengannya dipadamkan.

Polisi mengatakan pria itu dirawat karena "cedera yang tidak mengancam jiwa."

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #dramatis #pria #coba #bakar #diri #tengah #demo #membara #kecam #perang #gaza

KOMENTAR