''Hancur Menjadi Puing-Puing'': Laporan PBB Ungkap 66% Bangunan di Gaza Hancur
Warga Palestina membawa beberapa barang yang diselamatkan ketika mereka menuju kamp pengungsi Jabalia di Jalur Gaza utara, Jumat (30/5/2024). [Omar AL-QATTAA / AFP]
15:12
7 Oktober 2024

''Hancur Menjadi Puing-Puing'': Laporan PBB Ungkap 66% Bangunan di Gaza Hancur

Pada tanggal 7 Oktober 2023, Hamas - kelompok militan yang menguasai Gaza - menyeberang ke Israel dan melancarkan 'Operasi Banjir Al Aqsa', serangan teror mematikan yang menewaskan lebih dari 1.200 orang di seluruh negeri. Israel terkejut.

Para operator Hamas menembakkan lebih dari 5.000 roket, mereka datang melalui paralayang, merobohkan tembok Gaza dan melakukan pembunuhan massal. Israel menanggapi dengan invasi udara-darat ke Gaza, yang telah menewaskan lebih dari 40.000 orang sejak tahun lalu.

Israel terutama memiliki tiga tujuan: Membalas pembunuhan orang, mengusir Hamas dari Gaza dan memastikan kembalinya para sandera dengan selamat dari wilayah tersebut.

Gaza dibiarkan hancur dengan lebih dari 66 persen bangunan telah rata dengan tanah, ratusan ribu orang telah mengungsi dan ribuan orang telah tewas dalam pemboman.

Baca Juga: Soroti Konflik Israel-Palestina, Pengamat: Ada Upaya Membumihanguskan Gaza

Struktur Komando dan Kontrol Hamas telah terganggu sementara beberapa sandera telah kembali, beberapa (diasumsikan masih hidup) masih berada di Gaza. Hancur Menjadi Puing-puing

Pusat Satelit PBB (UNOSAT) menganalisis citra satelit dari lahan seluas 365 km persegi. Laporan tersebut membandingkan citra satelit dari September 2024 dengan gambar yang diambil sebelum invasi dimulai. "UNOSAT mengidentifikasi 52.564 bangunan yang hancur, 18.913 bangunan yang rusak parah, 56.710 bangunan yang rusak sedang, dan 35.591 bangunan yang mungkin rusak dari 163.778 bangunan," kata laporan tersebut.

Citra satelit sumber terbuka dari EOS Landviewer, yang diakses oleh NDTV, menunjukkan perubahan struktural di Gaza utara, terutama di dekat kamp pengungsi Jabalia yang didirikan pada tahun 1948 setelah perang Arab-Israel tahun 1948. NDTV menganalisis empat citra - tiga setelah perang dan satu dari tahun 2022 untuk memahami perubahan pada bangunan dan hilangnya lahan pertanian setelah pengeboman.

Gambar yang diambil pada tanggal 26 September 2024 oleh Sentinel-2 menunjukkan area yang rata dengan tanah, hampir tidak ada tumbuhan setelah pengeboman. Ketika gambar area yang sama dibandingkan dengan gambar yang diambil pada tanggal 16 Desember 2022 - Setahun sebelum invasi - perubahan besar terlihat.

Bercak abu-abu mewakili bangunan, sedangkan hijau mewakili lahan pertanian. Gaza adalah salah satu wilayah terpadat di dunia dengan lebih dari 2,3 juta orang tinggal di area seluas 1/4 Delhi. Pada tanggal 26 September, kepadatan berkurang setelah area tersebut dibom beberapa kali.

Baca Juga: Kongres Palestina Merdeka Tantang Larangan di Wina, Sukses Digelar di Tengah Tekanan

Beberapa keluarga di wilayah tersebut telah pindah dan pindah ke selatan untuk menghindari kematian. Dengan barang-barang mereka di gerobak sapi, mobil, truk, dan moda transportasi lainnya, evakuasi massal terjadi di tengah serangan udara dan serangan darat.

Gambar-gambar tersebut dibandingkan dengan analisis kerusakan lahan pertanian UNOSAT untuk mendukung perubahan penting tersebut. UNOSAT menggunakan Normalized Difference Vegetation Index (NDVI), metrik yang banyak digunakan untuk mengukur kesehatan dan kepadatan vegetasi menggunakan data sensor. Gaza Utara memiliki lahan pertanian seluas 31,3 km persegi, yang 24,6 km persegi atau 79 persen telah hancur, sehingga hanya tersisa 6,7 km persegi.

Selama konflik, vegetasi alami adalah yang paling rentan terhadap kerusakan, yang menyebabkan erosi tanah dan kerusakan lahan pertanian, yang berdampak pada produksi pangan dan menyebabkan dampak kesehatan lainnya.

Laporan PBB menyatakan "Metodologi tersebut mengevaluasi kerusakan sebagai penurunan kesehatan dan kepadatan tanaman pada September 2024, dibandingkan dengan tujuh musim sebelumnya yang berlangsung dari 2017 hingga 2024.

Penurunan kesehatan dan kepadatan tanaman dapat diamati karena dampak dari berbagai aktivitas seperti penghancuran, aktivitas kendaraan berat, pengeboman, penembakan, dan dinamika terkait konflik lainnya. Analisis tersebut mencakup penilaian kerusakan untuk kebun buah dan pohon lainnya, tanaman pangan, dan sayuran." "Analisis menunjukkan bahwa luas lahan pertanian di Jalur Gaza diperkirakan mencapai 150 km persegi, yang mencakup sekitar 41% dari total luas wilayah Jalur Gaza."

Perserikatan Bangsa-Bangsa memperkirakan ada lebih dari 42 juta ton puing, termasuk bangunan yang hancur namun masih berdiri dan bangunan yang rata dengan tanah di seluruh Gaza.

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #hancur #menjadi #puing #puing #laporan #ungkap #bangunan #gaza #hancur

KOMENTAR