Pesawat Il-76 Berisi 65 Tentara Ukraina Ditembak Dengan Rudal Patriot
Puing pesawat Il-76 berisi 65 tawanan tentara Ukraina yang ditembak Kiev di Belgorod, Rusia 
06:10
26 Januari 2024

Pesawat Il-76 Berisi 65 Tentara Ukraina Ditembak Dengan Rudal Patriot

Sumber militer Prancis mengungkapkan bahwa pesawat Ilyushin II-76 (Il-76) Rusia mengangkut 65 tentara Ukraina ditembak oleh rudal Patriot.

Rudal patriot adalah rudal canggih buatan Amerika Serikat yang biasa dioperasikan dari darat dengan sasaran pesawat jet atau rudal lawan.

Radio milik pemerintah Prancis, Radio France seperti dikutip Russia Today melaporkan tentara Kiev mengira pesawat tersebut sedang mengangkut rudal S-300 Rusia.

Selain 65 tentara Rusia, enam awak dan tiga tentara pengawal Rusia tewas dalam penembakan pesawat tersebut, pada Rabu (24/1/2023) pagi di wilayah Belgorod yang berbatasan dengan Ukraina.

Para tahanan tersebut diangkut ke kota Belgorod untuk ditukar dengan prajurit Rusia yang ditahan di Ukraina, kata kementerian tersebut, seraya menambahkan bahwa pihak Ukraina telah diberitahu tentang penerbangan yang akan datang tersebut.

Sumber Radio France tidak memberikan informasi tambahan apa pun, namun klaim tersebut mendukung pernyataan sebelumnya dari seorang anggota parlemen senior Rusia bahwa “rudal pertahanan udara Patriot atau Iris-T” digunakan untuk menjatuhkan pesawat tersebut.

Kementerian pertahanan menyatakan bahwa rudal tersebut diluncurkan dari pinggiran kota Liptsy di Kharkov, sekitar 100 km dari lokasi jatuhnya pesawat.

Baik sistem Patriot Amerika dan Iris-T Jerman mampu menyerang sasaran pada jarak ini, dan Staf Umum angkatan bersenjata Ukraina mengatakan pada hari Rabu bahwa mereka secara teratur menggunakan sistem tersebut untuk menargetkan penerbangan militer Rusia di wilayah tersebut, tanpa secara eksplisit mengakui bahwa sistem tersebut menembak jatuh Il-76.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky belum mengakui bahwa pasukannya bertanggung jawab atas jatuhnya pesawat tersebut.

Dalam sebuah pernyataan pada hari Rabu, dia menyerukan “penyelidikan internasional” untuk menentukan “semua fakta nyata” seputar insiden tersebut.

Langkah terdekat menuju pengakuan bersalah datang dari badan intelijen militer Ukraina, GUR.

Dalam sebuah pernyataan pada Rabu malam, badan tersebut mengklaim bahwa mereka “tidak diberitahu tentang perlunya menjamin keamanan wilayah udara” di perbatasan, dan bahwa mereka tidak tahu bagaimana para tahanan akan diangkut.

Gedung Putih belum mengomentari dugaan penggunaan rudal Patriot dalam insiden tersebut.

Juru bicara Dewan Keamanan Nasional John Kirby mengatakan pada hari Rabu bahwa AS “tidak dalam posisi untuk mengkonfirmasi” laporan apa pun mengenai serangan itu, dan sedang berupaya untuk “mendapatkan kejelasan dan informasi lebih lanjut mengenai hal itu.”

Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov meminta pertemuan darurat Dewan Keamanan PBB pada hari Rabu untuk membahas insiden tersebut.

Prancis, yang memegang kepemimpinan bergilir di dewan tersebut, menolak permintaan ini dan malah mengadakan pertemuan pada Kamis sore.

Latar belakang

Bandara sipil Belgorod telah ditutup sejak Rusia melancarkan operasi militernya pada Februari 2022.

Penutupan ini merupakan tindakan pencegahan karena lokasi bandara tersebut berada dalam jangkauan pertahanan udara Ukraina.

Walaupun demikian, pengangkutan tahanan melalui udara ke Belgorod untuk pertukaran adalah praktik yang sudah lazim dilakukan melalui bandara tersebut.

Kejadian sebelumnya dilakukan dengan menggunakan pesawat Il-76, tepatnya pada tanggal 3 Januari 2024, dengan kejadian sebenarnya terjadi pada tanggal 8 Januari.

Masuk akal untuk berasumsi bahwa pihak Ukraina telah diberitahu tentang penerbangan ini, serupa dengan bagaimana Rusia diberitahu tentang kunjungan para pemimpin asing ke Kiev.

Pada hari Rabu, dua pesawat terlibat; pesawat Il-76 kedua, yang mengangkut sekelompok tahanan lainnya, segera berbalik arah dan kembali ke pangkalan setelah pesawat pertama jatuh.

Sergey Poletaev, salah satu pendiri dan editor proyek Vatfor mengatakan, tindakan AFU ini mempunyai preseden.

Dalam beberapa kesempatan, mereka diam-diam menempatkan sistem pertahanan udara Barat, termasuk Patriot dan IRIS-T, di dekat perbatasan Wilayah Belgorod atau garis kontak, dan mencoba menggunakannya untuk menyerang pesawat di wilayah udara Rusia.
"Meskipun mengklaim keberhasilan dalam operasi ini, pasukan Ukraina secara konsisten gagal membuktikan laporan mereka dengan bukti," ujar Poletaev.

Editor: Hendra Gunawan

Tag:  #pesawat #berisi #tentara #ukraina #ditembak #dengan #rudal #patriot

KOMENTAR