Turki Resmikan Keanggotaan Swedia di NATO, Berikut Pernyataannya
Ilustrasi bendera Nato. (Reuters)
12:51
24 Januari 2024

Turki Resmikan Keanggotaan Swedia di NATO, Berikut Pernyataannya

 Parlemen Turki akhirnya meratifikasi permohonan keanggotaan Swedia di NATO pada Selasa (23/1). Majelis Umum Turki diketahui memberikan suara 287-55 untuk menyetujui permohonan yang pertama kali diajukan oleh Swedia pada 2022 tersebut.

Swedia mengajukan permohonan bergabung dengan NATO sebagai upaya meningkatkan keamanannya di tengah peristiwa invasi Rusia ke Ukraina.

Semua anggota NATO harus menyetujui permohonan dari negara-negara yang ingin bergabung dengan aliansi ini.

Dikutip dari The Guardian pada Rabu (24/1), Swedia dan Finlandia meminta untuk bergabung pada 2022, Turki mengajukan keberatan atas dengan alasan kedua negara tersebut melindungi kelompok-kelompok yang dianggapnya sebagai teroris.

Turki mendukung keanggotaan Finlandia pada bulan April tahun lalu, namun tidak dengan Swedia.

"Kami mendukung perluasan NATO untuk meningkatkan upaya pertahanan aliansi. Kami berharap sikap Finlandia dan Swedia dalam memerangi terorisme menjadi contoh bagi sekutu-sekutu kami yang lain," ujar Fuat Oktay, Kepala Komisi Urusan Luar Negeri Turki.

Amerika Serikat menyambut baik keputusan Turki tersebut.

"Saya sangat menghargai keputusan Parlemen Turkiye untuk menyetujui masuknya Swedia ke dalam NATO hari ini," kata Duta Besar AS untuk Turki, Jeff Flake.

Ia mengatakan bahwa komitmen Turki terhadap Aliansi NATO dengan jelas menunjukkan kemitraan yang langgeng.

Dilansir dari Al Jazeera, Menteri Luar Negeri Swedia, Tobas Billstrom juga menyambut baik persetujuan parlemen Turki.

"Kami sekarang menantikan Presiden Erdogan untuk menandatangani dokumen ratifikasi tersebut," ujar Billstrom.

Erdogan diperkirakan akan menandatangani undang-undang tersebut dalam beberapa hari ke depan, meninggalkan Hungaria yang Perdana Menterinya Viktor Orban memiliki hubungan persahabatan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin sebagai satu-satunya negara anggota yang belum menyetujui aksesi Swedia.

Orban mengatakan sebelumnya pada Selasa (23/1) bahwa ia telah mengundang mitranya dari Swedia untuk mengunjungi dan merundingkan negosiasi negaranya untuk bergabung dengan blok tersebut.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #turki #resmikan #keanggotaan #swedia #nato #berikut #pernyataannya

KOMENTAR