Studi Sebut 90 Persen Luka Serangan Beruang Hitam Ditemukan di Wajah Korban
Beruang hitam Asia. (The Asahi Shimbun)
23:24
23 Januari 2024

Studi Sebut 90 Persen Luka Serangan Beruang Hitam Ditemukan di Wajah Korban

–Sebuah studi menemukan bahwa ketika beruang hitam menyerang manusia, hewan tersebut biasanya menargetkan wajah korban. Kondisi itu menyebabkan korban mengalami luka parah dan cacat yang memerlukan operasi rekonstruksi atau bahkan operasi pengangkatan mata.

Sebuah studi yang dikutip dari The Asahi Shimbun menunjukkan, 90 persen korban serangan beruang yang dibawa ke ICU di Jepang mengalami cedera wajah. Menurut angka awal dari Kementerian Lingkungan Hidup Jepang, terdapat 217 serangan beruang terhadap manusia antara bulan April hingga Desember 2023.

Prefektur Yamanashi, di sebelah barat Tokyo, biasanya melaporkan dua hingga empat korban serangan beruang setiap tahun.  Kepala Pusat Layanan Medis Darurat Tingkat Lanjut di Rumah Sakit Pusat Prefektur Yamanashi Fumiaki Iwase mengatakan, korban sering mengalami luka di lengan dan tangan.

”Korban biasanya mati-matian berusaha melindungi wajah mereka,” ungkap Fumiaki Iwase.

Iwase menggambarkan luka-luka yang dialami orang-orang yang dilarikan ke fasilitas kesehatan sangat parah. Sehingga, dokter tidak dapat memperbaikinya bahkan setelah lukanya dijahit.

”Luka pada wajah sering kali memerlukan pengobatan jangka panjang, karena wajah mengandung banyak organ dan jaringan vital, seperti mata, hidung, dan kelenjar ludah,” papar Fumiaki Iwase.

Menurut pihak rumah sakit, dua dari sembilan pasien yang dirawat di fasilitas tersebut karena serangan beruang terpaksa harus diangkat matanya. Studi tersebut didasarkan pada jurnal penelitian yang dilakukan Iwate Medical University di Prefektur Iwate dan Rumah Sakit Palang Merah Jepang Takayama di Prefektur Gifu.

Dari 54 kasus yang dipaparkan kedua penelitian tersebut, sebanyak 48 korban, hampir 90 persen mengalami luka di mata dan hidung. Sebanyak 22 korban mengalami luka di bagian atas tubuh, seperti bahu dan lengan, sementara tujuh korban mengalami luka di anggota tubuh bagian bawah.

Editor: Latu Ratri Mubyarsah

Tag:  #studi #sebut #persen #luka #serangan #beruang #hitam #ditemukan #wajah #korban

KOMENTAR