Houthi Sebut Serangan AS-Inggris Buat Rakyat Yaman Makin Kuat
Pasukan Komando Pusat AS bersama Angkatan Bersenjata Inggris, dan dengan dukungan dari Australia, Bahrain, Kanada, dan Belanda, melakukan serangan terhadap 8 sasaran Houthi di wilayah yang didukung Iran. 
16:30
23 Januari 2024

Houthi Sebut Serangan AS-Inggris Buat Rakyat Yaman Makin Kuat

- Menanggapi serangan udara Amerika Serikat (AS) dan Inggris, pimpinan Houthi mengatakan serangan tersebut hanya akan membuat rakyat Yaman lebih kuat.

Hal tersebut diungkapkan dalam sebuah pernyataan yang diposting di akun al-Houthi di X, Selasa (23/1/2024) pagi.

“Amerika dan Inggris harus memahami bahwa kita berada dalam masa respons, dan bahwa rakyat kita tidak tahu bagaimana harus menyerah. Serangan anda hanya akan membuat rakyat Yaman lebih kuat dan bertekad untuk menghadapi anda, karena anda adalah agresor terhadap negara kami,” tegas al-Houthi, yang merupakan ketua Komite Revolusi Tertinggi kelompok tersebut.

Sebelumnya, pada Senin (22/1/2024) malam, AS dan Inggris telah melancarkan serangan udara di Yaman, yang berhasil menghantam delapan lokasi sasaran yang berada di bawah kendali Houthi.

Komando pusat AS menjelaskan, serangan yang dilancarkan tepat sebelum tengah malam tersebut memanfaatkan sekitar 25 sampai 30 amunisi berpemandu presisi, termasuk Rudal Serangan Darat Tomahawk, serta aset senjata lainnya.

Dia juga menambahkan, diantara beberapa sasaran yang ditargetkan, mereka berhasil menyerang situs penyimpanan bawah tanah Houthi, serta lokasi lain yang terkait dengan kemampuan pengawasan udara dan rudal Houthi.

“Kami menilai serangan itu berhasil dan mencapai efek yang diinginkan dengan menghilangkan kemampuan inti dari Houthi,” terang pejabat tersebut.

Lebih lanjut, ini adalah serangan kedelapan yang dilakukan oleh militer AS sejak serangan balasan pertamanya pada 11 Januari lalu.

Menurut pejabat senior pertahanan, Houthi telah melancarkan serangan terhadap setidaknya 33 kapal sejak 19 November, dengan menggunakan rudal balistik anti-kapal dan jarak dekat, rudal jelajah serangan darat, serta drone.

“Tujuan kami tetap untuk meredakan ketegangan dan memulihkan stabilitas di Laut Merah. Namun, mari kita tegaskan kembali peringatan kami kepada para pemimpin Houthi. Kami tidak akan ragu untuk membela nyawa dan arus bebas perdagangan di salah satu jalur perairan paling kritis di dunia,” kata AS, Inggris, Australia, Bahrain dan Kanada dalam sebuah pernyataan bersama. (cnn/upi/trends)

Penulis: Agave Boniarce Veva Situmorang

Editor: Adi Suhendi

Tag:  #houthi #sebut #serangan #inggris #buat #rakyat #yaman #makin #kuat

KOMENTAR