Badai Helene Terjang Daratan Florida, Satu Orang Tewas
Badai Helene Terjang Daratan Florida, Satu Orang Tewas. Badai Helene melanda sebagian Meksiko dan telah membawa kondisi badai tropis ke Florida, 1 orang tewas di Tampa, Kamis (26/9/2024). 
16:30
27 September 2024

Badai Helene Terjang Daratan Florida, Satu Orang Tewas

Badai Helene melanda sebagian Meksiko dan telah membawa kondisi badai tropis ke Florida, Amerika Serikat (AS).

Satu orang tewas di Tampa ketika angin kencang dan hujan pada Kamis (26/9/2024) malam, menurut Patroli Jalan Raya Florida, dikutip dari Al Jazeera.

Pejabat di negara bagian Florida meminta penduduk untuk mematuhi perintah evakuasi wajib atau menghadapi kondisi yang mengancam jiwa, saat Badai Helene yang dahsyat bergerak melintas.

"SEMUA ORANG di sepanjang pantai Florida Big Bend berisiko terkena gelombang badai yang berpotensi menimbulkan bencana,"kata Pusat Badai Nasional (NHC) di media sosial.

NHC telah menaikkan status Badai Helene, yang diperkirakan akan menerjang wilayah Big Bend, Florida sekitar pukul 23.0 waktu setempat menjadi Kategori 4 yang "sangat berbahaya" dengan kecepatan angin berkelanjutan mendekati 130 mil per jam (209 km/jam).

"Kami memperkirakan akan terjadi banjir akibat gelombang badai setinggi 15 hingga 20 kaki [4,5 hingga 6 meter] di atas permukaan tanah," kata Direktur NHC Mike Brennan dalam sebuah pengarahan video.

"Itu setinggi puncak gedung lantai dua. Sekali lagi, skenario yang benar-benar tidak dapat dihindari akan terjadi di sini, di bagian garis pantai Florida ini," katanya.

Brennan mengatakan bahwa gelombang yang menyertai kedatangan badai "dapat menghancurkan rumah, memindahkan mobil, dan permukaan air akan naik dengan sangat cepat";.

Al Arabiya melaporkan lebih dari satu juta orang atau sekitar 698.700 rumah dan bisnis tidak memiliki listrik.

Hujan deras telah membanjiri jalan raya, menutup sekolah dan bandara.

Pemerintah negara bagian Florida menyediakan bus untuk mengevakuasi warga dari daerah Big Bend, rumah bagi sekitar 832.000 orang, dan membawa mereka ke tempat penampungan di ibu kota negara bagian, Tallahassee.

Lebih dari 55 juta orang di AS telah ditempatkan di bawah beberapa bentuk peringatan cuaca akibat Badai Helene.

Keadaan Darurat

Keadaan darurat juga telah diumumkan di Georgia, Carolina Utara dan Selatan, Virginia, dan Alabama, karena NHC memperingatkan bahwa sebagian besar wilayah tenggara dapat mengalami pemadaman listrik, pohon tumbang, dan banjir besar.

Di pegunungan Appalachian selatan, Dinas Cuaca Nasional telah memperingatkan wilayah tersebut dapat dilanda tanah longsor dan banjir yang tidak terlihat selama lebih dari satu abad.

"Ini akan menjadi salah satu peristiwa cuaca paling signifikan yang terjadi di wilayah barat wilayah ini pada era modern," katanya.

Hanya tiga badai Teluk sejak 1988 – Irma pada 2017, Wilma pada 2005, dan Opal pada 1995 – yang lebih besar dari ukuran yang diprediksi Helene, menurut peneliti badai Universitas Negeri Colorado Phil Klotzbach, kantor berita The Associated Press melaporkan.

(Tribunnews.com, Andari Wulan Nugrahani)

Editor: Endra Kurniawan

Tag:  #badai #helene #terjang #daratan #florida #satu #orang #tewas

KOMENTAR