Cek Fakta: Kisah Mike Tyson Salat di Kafe yang Larang Pengunjung Beragama Islam
Profil Mike Tyson. (Instagram/miketyson)
12:52
26 September 2024

Cek Fakta: Kisah Mike Tyson Salat di Kafe yang Larang Pengunjung Beragama Islam

Beredar di media sosial sebuah narasi tentang petinju dunia Mike Tyson yang masuk ke sebuah kafe bersama dua rekannya untuk menjalankan salat.

Narasi itu muncul di akun TikTok @mifahmiiii. Di sana diceritakan tentang kafe di Los Angeles, Amerika yang melarang seorang muslim untuk masuk ke dalamnya.

Mike Tyson bersama Sweden Badou Jack dan Amer Abdullah yang ketiganya merupakan atlet tinju terkenal disebut masuk ke dalam kafe tersebut dan melaksanakan salat berjamaah.

Berikut narasi yang disampaikan:

Baca Juga: [HOAX] BRI Bagi-bagi 30 Mobil dan 250 iPhone 15 Pro untuk Pengguna BRImo

“Jadi, kalian harus tau nih, jadi ada sebuah kafe di Los Angeles Amerika yang mana si pemilik cafe nya nulis di depan kafenya. Orang muslim dilarang masuk nah ini nih, yang harus kalian tau tiba-tiba ada 3 orang muslim yang masuk ke dalam kafenya,"

"Mereka masuk aja tuh gak beli apa-apa dan mereka bertiga ini langsung gelar sajadah langsung melaksanakan sholat asar berjamaah di cafe tersebut kan di lokasi itu tuh bukan hanya ada pemiliknya doang, tapi selain ada pemiliknya, ada juga orang-orang lain yang ngantri, sambil ngopi di sana ada juga sekuriti dan mereka semua diem gak berani mengusir 3 orang muslim yang sedang shalat disitu tau gak kenapa karena orang-orang yang sholat disitu yang pertama ada Mike tyson, orang juara tinju kelas berat dunia yang ke-2 ada sweden badou jack, dia itu juga seorang juara tinju dunia saat ini dan yang ke-3 yang menjadi imam adalah ammar abdullah adalah seorang juara cheek boxing daripada bogem dari para petinju dengan,"

"Si milik cafe sama scurity nya pada diem aja deh kalo menurut pengen ga pimpit ke kafe itu.”

Lantas benarkah narasi tersebut?

Penjelasan

Baca Juga: Cek Fakta: Sidang Pemakzulan Jokowi

Berdasarkan penelusuran fakta oleh Suara.com, ditemukan data bahwa Pemeriksa Fakta Mafindo melalui turnbackhoax.id sejak 2020 telah membantah kebenaran cerita tersebut. Faktanya, video tersebut diambil di kantor perkebunan ganja milik Mike Tyson sendiri yang bernama Tyson Ranch, di California, Amerika Serikat pada 23 Agustus 2020 lalu.

Melansir iNews, disebutkan bahwa saat itu sedang dalam tahap persiapan untuk pertarungan Jack yang akan dilaksanakan 28 November 2020. Ketika Jack dan Abdallah tiba dan hendak melaksanakan salat, Mike Tyson mengajaknya untuk melakukan salat bersama di lokasi tersebut.

Dalam foto asli yang utuh tanpa terpotong yang dibagikan oleh Jack di Twitternya pada Agustus 2020, terlihat jelas logo Tyson Ranch yang menandakan bahwa lokasi tersebut berada di tempat bisnis ganja milik Mike Tyson.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa cerita Mike Tyson sengaja salat di kafe yang melarang muslim masuk ke dalamnya adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #fakta #kisah #mike #tyson #salat #kafe #yang #larang #pengunjung #beragama #islam

KOMENTAR