Gawat! Gletser Kiamat Mencair Lebih Cepat, Ilmuwan Peringatkan Potensi Bencana Global
ilustrasi Gletser (Freepik/wirestock)
19:40
24 September 2024

Gawat! Gletser Kiamat Mencair Lebih Cepat, Ilmuwan Peringatkan Potensi Bencana Global

Para ilmuwan yang mempelajari Gletser Thwaites di Antartika, yang sering disebut sebagai "Gletser Kiamat," telah membuat penemuan yang mengejutkan.

Menurut laporan CNN, para peneliti menemukan bahwa gletser tersebut mencair dengan sangat cepat dan mungkin berada di jalur yang tidak dapat diubah lagi untuk runtuh, yang dapat menyebabkan kenaikan permukaan laut global yang dahsyat.

Temuan mereka, yang dirinci dalam serangkaian penelitian, menawarkan pemahaman paling jelas tentang gletser yang dinamis ini.

Prospeknya mengerikan, para ilmuwan memperingatkan dalam sebuah laporan yang diterbitkan pada hari Kamis, yang merangkum kesimpulan utama dari enam tahun penelitian mereka.

Baca Juga: Rayakan Hari Kemerdekaan Bersama Lebih dari 6000 Siswa dengan Berbagi Es Krim Gratis di Seluruh Indonesia

Ilustrasi gletser (Shutterstock)Ilustrasi gletser (Shutterstock)

Tim tersebut menemukan bahwa hilangnya es dari Thwaites diperkirakan akan semakin cepat pada abad ini. Rob Larter, seorang ahli geofisika kelautan dengan Survei Antartika Inggris dan anggota tim peneliti, mengatakan, "Pencairan Thwaites telah meningkat secara signifikan selama 30 tahun terakhir. Temuan kami menunjukkan bahwa gletser tersebut akan menyusut lebih cepat lagi."

Para ilmuwan memperkirakan bahwa Gletser Thwaites dan Lapisan Es Antartika dapat runtuh dalam 200 tahun ke depan, dengan konsekuensi yang menghancurkan.

Thwaites sendiri menyimpan cukup es untuk menaikkan permukaan laut lebih dari 2 kaki, tetapi karena ia bertindak sebagai penghalang yang menahan Lapisan Es Antartika, keruntuhannya pada akhirnya dapat memicu kenaikan permukaan laut sekitar 10 kaki, yang mengancam kota-kota pesisir dari Miami dan London hingga Bangladesh dan Kepulauan Pasifik.

Para ilmuwan telah lama memahami bahwa Thwaites, seukuran Florida, sangat rentan karena geografinya. Tanah di bawah gletser menurun, sehingga lebih banyak es yang terpapar air laut yang lebih hangat saat mencair. Namun, hingga baru-baru ini, mekanisme pasti yang mendorong penyusutannya kurang dipahami.

"Antartika tetap menjadi yang paling tidak diketahui dalam memperkirakan kenaikan permukaan laut di masa mendatang," kata para ilmuwan dari International Thwaites Glacier Collaboration (ITGC) dalam sebuah pernyataan.

Baca Juga: Hanung Bramantyo Sabar Hadapi Ocehan Kama Soal Es Krim di Lokasi Syuting

Selama enam tahun terakhir, para peneliti melakukan berbagai eksperimen untuk memberikan kejelasan lebih lanjut. Salah satu terobosan datang dari Icefin, robot berbentuk torpedo yang dikirim ke dasar gletser, titik tempat es naik dari dasar laut dan mulai mengapung, area kerentanan utama.

Kiya Riverman, seorang ahli glasiologi dari University of Portland, mengatakan gambar pertama dari Icefin yang mendekati garis dasar sangat emosional bagi tim. "Bagi para ahli glasiologi, ini seperti pendaratan di bulan," katanya dalam sebuah konferensi pers. "Itu adalah momen yang penting, kami melihat area kritis ini untuk pertama kalinya."

Gambar dari Icefin mengungkap pola pencairan yang tak terduga, dengan air laut hangat mengalir melalui retakan dalam dan membentuk struktur "tangga" di es. Studi lain yang menggunakan data satelit dan GPS menunjukkan bahwa pasang surut mendorong air laut lebih dari enam mil di bawah Thwaites, mempercepat pencairan dengan memaksa air hangat di bawah es.

Selain itu, para peneliti meneliti sejarah gletser tersebut. Sebuah tim yang dipimpin oleh Julia Wellner dari Universitas Houston menganalisis inti sedimen laut untuk merekonstruksi masa lalu gletser, dan menemukan bahwa gletser tersebut mulai menyusut dengan cepat pada tahun 1940-an, yang kemungkinan dipicu oleh peristiwa El Nino yang kuat. "Temuan ini memberi kita pemahaman yang lebih luas tentang perilaku es, memberikan lebih banyak detail daripada yang dapat kita lihat dari pengamatan modern," kata Wellner kepada CNN.

Di tengah berita yang mengkhawatirkan itu, ada satu informasi positif. Para ilmuwan khawatir bahwa jika lapisan es Thwaites runtuh, tebing es yang menjulang tinggi dapat terbuka dan akan segera runtuh ke laut, yang menyebabkan reaksi berantai keruntuhan. Namun, model komputer menunjukkan bahwa meskipun proses ini mungkin terjadi, kemungkinannya lebih kecil daripada yang diperkirakan sebelumnya.

Meskipun demikian, prospek keseluruhannya tetap suram. Para ilmuwan memperkirakan bahwa Thwaites dan Lapisan Es Antartika dapat hilang seluruhnya pada abad ke-23. Bahkan dengan tindakan segera untuk mengekang penggunaan bahan bakar fosil, yang tidak terjadi pada kecepatan yang diperlukan, mungkin sudah terlambat untuk mencegah keruntuhan gletser.

Saat fase proyek ITGC ini berakhir, para peneliti menekankan perlunya studi lebih lanjut untuk lebih memahami gletser yang kompleks ini dan apakah penyusutannya masih dapat dihentikan. "Meskipun kami telah membuat kemajuan, masih ada ketidakpastian yang cukup besar tentang apa yang akan terjadi," kata Eric Rignot, seorang ahli glasiologi di University of California, Irvine. "Saya sangat khawatir bahwa wilayah Antartika ini sudah dalam proses keruntuhan."

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #gawat #gletser #kiamat #mencair #lebih #cepat #ilmuwan #peringatkan #potensi #bencana #global

KOMENTAR